Categories
Makanan Tak Sehat Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Makanan Penyebab Maag

Makanan Penyebab Maag

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Bahaya Minuman Bersoda , Cemilan Sehat Untuk Bumil , Makanan Penyebab Maag , Buah Yang Melancarkan BAB , Manfaat Agar - Agar Untuk Tubuh , Makanan Untuk Penderita Kolestrol , Manfaat Chia Seed , Manfaat Buah Bit , Manfaat Quinoa , Yang Terjadi Tubuh Kelebihan Protein , Fakta Tentang Detox Water , Manfaat Minyak Kelapa , Kenali Penyakit Gondok , Kenali Bahaya Bisul
Makanan Penyebab Maag

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Tentunya seteah mendengar maag , yang anda pikirkan pasti itu sangatlah menyakitkan , Nah berikut ini adalah beberapa Makanan Penyebab Maag yang harus kamu hindari :

Pada sebagian orang, maag dapat reda dengan sendirinya. Tetapi jika tidak, umumnya perubahan pola makan dapat membantu meredakan gejala.

Terdapat makanan, minuman, serta bahan kimia yang secara khusus dapat memicu  maag. Kenali bahan-bahan tersebut dan batasi atau hindari konsumsinya:

  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman ini dapat menyebabkan maag akut.
  • Hindari makanan tinggi lemak.
  • Hindari minuman berkafein dan berkarbonasi seperti soda.
  • Batasi konsumsi jus buah yang mengandung asam sitrat seperti anggur, jeruk, nanas.
  • Hindari obat-obatan kelompok OAINS seperti ibuprofen dan aspirin. Obat-obatan ini dapat diganti dengan pereda sakit lain seperti paracetamol.
  • Batasi konsumsi makanan yang mengandung cokelat.
  • Kurangi makanan yang digoreng.
  • Batasi konsumsi makanan olahan seperti pasta, gula, dan roti putih.
  • Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung asam lemak trans seperti keik, kue, crackers, kentang goreng, donat, margarin, serta makanan yang diproses seperti sosis.
  • Kenali dan hindari makanan yang dapat menyebabkan alergi.

Tidak semua orang yang mengalami maag disebabkan karena konsumsi bahan makanan atau minuman di atas. Tetapi, sebagai langkah pencegahan, ada baiknya membatasi atau menghindari bahan-bahan tersebut.

Penanganan maag dilakukan sesuai penyebabnya. Umumnya, maag dapat ditangani dengan obat-obatan bebas seperti antasida atau penghambat histamin untuk mengurangi gejala yang mengganggu. Kombinasi antibiotik dapat diberikan jika maag disebabkan bakteri H. pylori. Selain itu, pengalaman traumatis atau pun gaya hidup dengan tingkat stres yang tinggi juga dapat menyebabkan maag. Lindungi diri dengan mengelola stres.

Makanan Pedas Penyebab Maag?

Ada anggapan bahwa makanan pedas dapat menyebabkan sakit maag karena orang yang mengonsumsi makanan pedas tidak jarang merasakan sakit perut. Rasa nyeri ini bisa serupa dengan rasa nyeri ketika sakit maag sedang kambuh. Tapi, rasa nyeri akibat makanan pedas bukanlah disebabkan oleh gangguan pada keasaman lambung, seperti yang terjadi dalam kondisi sakit maag. Pada kenyataannya, bahan kimia capsaicin dalam cabai adalah yang memicu saraf pada lambung untuk mengirim sinyal adanya iritasi lambung ke otak, sehingga menimbulkan rangkaian respon dari tubuh untuk melindungi lambung.

Jika Anda mengalami gejala sakit maag, segera hubungi dokter untuk memastikan penyebabnya. Disarankan pula untuk menghindari makanan penyebab maag di atas, serta kebiasaan buruk lain yang bisa meningkatkan risiko terjadinya sakit maag.