Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Manfaat Gula Siwalan Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Duwet Untuk Ibu Hamil , Manfaat Lidah Buaya , Cara Mengobati Ambeien Secara Alami , Manfaat Kafein Untuk Kesehatan , Bahaya Narkoba Untuk Kesehatan , Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan , Penyebab Darah Kental , Khasiat Daging Marmut Bagi Kesehatan , Efek Samping Bawang Putih , Cara Menghilangkan Batuk Berdahak , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Tradisional Wasir Berdarah , Pertolongan Pertama Terkena Knalpot , Pertolongan Pertama Serangan Stroke , Cara Menghilangkan Kapalan Di Kaki , Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Makanan penyebab asam lambung naik adalah jenis makanan yang perlu Anda hindari, jika Anda menderita sakit maag maupun gastroesophageal reflux disease (GERD). Makanan-makanan ini akan memancing produksi asam lambung berlebih sehingga membuat asam lambung mudah naik dan menimbulkan keluhan nyeri ulu hati, disertai rasa seperti terbakar pada bagian bawah dada.

Naiknya asam lambung pada sakit maag dan penyakit asam lambung, dapat menyebabkan mulut terasa pahit atau asam. Rasa asam atau pahit di mulut dan tenggorokan dapat berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam. Selain itu, muncul rasa nyeri pada ulu hati, serta gejala lainnya yang sangat mengganggu. Karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan dan mengatur pola makan sebaik-baiknya, untuk mencegah asam lambung naik. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Makanan Penyebab Asam Lambung Naik :

1. Daging

Jika Anda sudah menderita maag sebaiknya jangan makan daging terlalu banyak. Bukan berarti tidak boleh makan hanya saja porsinya harus dikurangi. Bahaya daging sapimaupun daging ayam yang mengandung lemak akan membuat pencernaan sulit untuk menerimanya. Usus membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna sumber lemak. Ketika tidak dicerna dengan baik maka produksi asam akan naik dan menyebabkan perut menjadi terasa lebih perih.

2. Keripik

Keripik memang menjadi camilan yang disukai semua orang. Aneka jenis keripik yang digoreng akan membuat asam lambung menjadi naik atau lebih tinggi. Hal ini terjadi ketika ada banyak minyak yang masuk dalam saluran pencernaan dan menyebabkan reaksi produksi penyebab asam lambung. Selain itu, keripik biasanya memberikan efek yang mengenyangkan sehingga lebih berbahaya. Lebih baik penderita asam lambung tinggi dan maag mengkonsumsi makanan lebih sering dalam porsi yang sedikit.

3. Mentega

Makan berbagai jenis kue memang menyenangkan. Namun untuk Anda yang memiliki penyakit maag atau asam lambung yang tinggi sebaiknya berhati-hati. Berbagai jenis kue yang diolah dengan mentega bisa menyebabkan asam lambung. Mentega akan masuk ke dalam saluran pencernaan sebagai minyak. Kemudian minyak akan menumpuk dalam usus dan menyebabkan produksi asam lambung semakin tinggi. Mentega juga bisa menyebabkan reaksi usus yang sangat sensitif sehingga pengaruhnya sampai ke lambung.

4. Makanan yang Digoreng

Semua jenis makanan yang digoreng bisa menyebabkan kadar asam lambung naik atau sampai ke kerongkongan. Minyak akan membuat pencernaan menjadi tidak nyaman dan sering memancing Anda untuk bersendawa. Ketika bersendawa maka sebagian asam dari lambung bisa naik hingga ke kerongkongan. Kondisi ini bisa menyebabkan mual dan muntah  berlebihan. Sebaiknya kurangi makanan yang digoreng dan gantikan dengan makanan yang dikukus atau dipanggang.

5. Tomat

Tomat memang buah yang sangat menyehatkan. Tomat merupakan makanan yang mengandung zat antioksidan dan vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi tomat mengandung zat asam yang sangat tinggi. Jika makan tomat berlebihan maka banyak asam yang akan masuk ke dalam saluran pencernaan. Hal ini membuat pencernaan menjadi lebih sensitif bahkan asam lambung bisa langsung tinggi. Tetap bisa makan tomat namun dalam jumlah yang terbatas saja.

6. Jeruk

Jeruk memang dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan buah yang mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Tapi buah jeruk hampir sama dengan tomat yaitu mengandung zat asam yang sangat tinggi. Asam inilah yang akan memicu kadar tingkat asam yang sangat tinggi dalam lambung. Anda bisa tetap makan jeruk tapi hindari saat pagi hari. Setelah makan jeruk maka tambahkan buah-buahan yang banyak mengandung zat alkali seperti pisang. Dengan cara ini Anda tidak perlu menghindari jeruk sepenuhnya.

7. Daun Mint

Daun mint biasanya ditambahkan dalam beberapa jenis makanan. Bahkan daun mint juga menjadi bahan perasa permen yang bisa memberikan efek menyegarkan. Tapi daun mint bisa membuat asam lambung menjadi kambuh. Mint bisa memberikan efek mati rasa dibagian kerongkongan sehingg,  menyebabkan asam lambung juga terpicu naik ke atas. Jika ingin merasa lebih segar maka gantikan bahan daun mint dengan jahe. Jahe bisa mengurangi mulas dan penyebab sering mual ketika asam lambung tinggi.

8. Keju

Keju adalah makanan fermentasi yang didapatkan dari sari pati lemak dalam susu. Keju yang mengandung lemak tinggi akan menyebabkan asam lambung naik. Hal ini bisa membuat perut terasa perih dan melilit setelah makan keju. Jika Anda tetap ingin makan keju maka pilih jenis keju yang rendah lemak. Selain itu hindari semua jenis krim keju karena biasanya diolah dari keju yang mengandung lemak tinggi.

9. Coklat

Coklat yang termasuk dalam kue atau permen sebaiknya juga harus dihindari. Makanan yang mengandung coklat bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena coklat mengandung lemak padat yang sulit untuk bisa masuk ke dalam saluran pencernaan. Coklat akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga menekan keinginan untuk makan. Alasan lain adalah coklat mengandung bahaya kafein yang bisa menyebabkan keregangan untuk saluran dibagian kerongkongan. Perubahan inilah yang bisa menyebabkan asam lambung naik ke saluran tersebut.

10. Bawang Putih

Bawang putih menjadi bumbu masakan yang paling sering digunakan. Tapi jika Anda menderita gangguan asam lambung yang tinggi maka cobalah untuk tidak mengkonsumsi bawang putih. Efek Samping bawang putih akan membuat kondisi lambung menjadi lebih buruk karena memiliki rasa yang lebih tajam. Hal ini bisa menyebabkan asam lambung naik dan perut menjadi lebih perih.

11. Butter

Butter biasanya menjadi campuran untuk membuat kue atau jenis masakan lain. Butter berbeda dengan mentega meskipun fungsinya memang hampir sama. Namun butter memiliki karakter yang lebih padat dan sulit untuk dicerna. Selain itu butter bisa menekan rasa lapar yang justru bisa menyebabkan asam lambung naik. Penambahan jumlah kalori dalam makanan Anda juga bisa memancing asam lambung yang lebih tinggi.

12. Garam

Garam menjadi bumbu yang sama sekali tidak terlewatkan untuk berbagai jenis masakan. Garam akan memberikan rasa gurih dan asin yang bisa membuat nafsu makan meningkat. Bahaya makanan asin dan banyak garam justru bisa menyebabkan sakit maag menjadi kambuh. Hal ini terjadi karena usus dan lambung merasa tidak kuat untuk menerima efek garam. Namun Anda tetap bisa menambahkan garam dalam masakan hanya dengan jumlah yang lebih kecil saja.

13. Gula

Semua jenis makanan yang mengandung gula tinggi seperti permen sebaiknya dimakan dalam jumlah terbatas saja. Penderita maag memiliki lambung dan usus yang sangat sensitif terhadap gula. Pada awalnya gula akan membuat perut nyaman dan tidak terasa lapar. Tapi secara perlahan gula akan membuat kondisi maag menjadi kronis. Gula seperti lemak yang masuk ke lambung yaitu membuat produksi asam lambung menjadi lebih tinggi.

14. Bawang Merah

Jika terbiasa menggunakan bawang merah yang banyak untuk bumbu memasak, maka mulai sekarang sebaiknya Anda harus merubah kebiasaan ini. Bawang merah mengandung senyawa alisin dan sulfur yang bisa membuat kondisi asam lambung menjadi lebih tinggi. Selain itu, bahaya makanan pedas dan aroma yang kuat bisa membuat perut perih dan melilit. Anda bisa mencoba untuk mengurangi bawang merah meskipun tetap menggunakannya untuk memasak.

15. Merica

Banyak orang yang menggantikan cabai dengan merica. Merica ternyata bisa menyebabkan perut Anda menjadi lebih perih. Merica memiliki rasa yang sebenarnya lebih tajam dan pedas daripada cabai. Merica bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih tinggi. Mulai sekarang bisa menghindari merica sehingga tidak ada gangguan asam lambung lagi.

16. Cabai

Cabai dan semua jenis makanan yang pedas bisa menyebabkan kondisi asam lambung menjadi sangat tinggi. Ketika Anda makan cabai maka perut Anda akan menjadi lebih perih dan tidak nyaman. Gejalanya mungkin tidak akan terasa secara langsung tapi setelah beberapa jam makan. Terlebih makanan pedas dan cabai bisa membuat nafsu makan bertambah sehingga membuat Anda makan dalam jumlah yang berlebihan. Hal inilah yang bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih buruk dan perut Anda menjadi lebih sakit.

17. Paprika

Paprika memang tidak memiliki rasa pedas yang kuat seperti cabai. Tapi parika mengandung asam yang cukup tinggi sehingga menyebabkan lambung dan usus menjadi sangat sensitif. Asam inilah yang dikhawatirkan bisa menyebabkan asam lambung menjadi sangat tinggi. Anda tidak harus menghilangkan paprika dalam menu sehari-hari, tapi cukup dikurangi jumlahnya. Selain itu memasak paprika lebih disarankan daripada makan paprika mentah dalam salad.

18. Kentang Goreng

Kentang goreng sebenarnya sama dengan keripik yaitu bisa menimbulkan efek yang tidak menyenangkan untuk perut. Terlebih biasanya kentang goreng banyak mengandung lemak dari minyak goreng dan garam yang tinggi. Kedua macam zat inilah yang bisa menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Reaksinya memang tidak akan langsung terasa tapi setelah beberapa jam maka perut menjadi tidak nyaman.

19. Makanan Cepat Saji

Semua jenis makanan cepat saji sebaiknya memang tidak dikonsumsi berlebihan bagi Anda yang menderita penyakit maag dan asam lambung tinggi. Makanan cepat saji memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi. Selain itu makanan yang mengandung karbohidrathalus dan lemak dalam makanan ini akan membuat perut cepat kenyang namun sebenarnya sulit sekali untuk dicerna. Jadi mulai sekarang Anda tetap bisa mengkonsumsi makanan cepat saji, namun tidak dalam jumlah yang banyak dan tidak terlalu sering.

20. Saus Pedas

Ketika makan beberapa camilan maka saus pedas bisa menjadi penambah rasa. Namun ketika Anda makan dalam jumlah yang banyak maka bisa menyebabkan perut menjadi tidak nyaman. Saos pedas biasanya mengandung cabai dan bahan pengawet makanan lain. Hal ini bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih tinggi dan makanan juga tidak bisa dicerna dengan baik.

21. Donat

Kue donat menjadi kue yang banyak ditemukan. Lezatnya rasa donat membuat banyak orang sering makan donat untuk sarapan pagi. Namun bagi Anda yang menderita penyakit asam lambung tinggi dan maag maka donat justru bisa menyebabkan sakit. Donat merupakan makanan yang mengandung kalori yang tinggi. Selain itu bahan donat yang menggunakan mentega, garam dan minyak akan membuat organ pencernaan dan lambung tidak bisa menerima bahan makanan dengan baik.

22. Makaroni

Hidangan makaroni yang dimasak menjadi berbagai jenis makanan justru bisa menyebabkan asam lambung yang tinggi. Makaroni terbuat dari gandum dan mengandung karbohidrat lembut yang sangat tinggi. Ditambah lagi dengan penambahan beberapa bahan lain seperti keju, saos dan kentang yang membuat makanan ini menjadi lebih berat untuk lambung. Makanan yang mengandung kalori tinggi ini akan membuat perut menjadi tidak nyaman dan sulit untuk dikendalikan.

23. Spageti

Apakah Anda suka makan spageti? Ini adalah salah satu jenis mie atau pasta, hidangan yang berasal dari Italia. Spageti terbuat dari gandum yang memang mengandung kalori tidak terlalu tinggi. Spageti sebenarnya bisa membuat perut menjadi lebih nyaman. Namun spageti juga bisa membuat perut Anda menerima tekanan yang lebih besar karena bisa bertahan lebih lama untuk kenyang. Jadi spageti bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih tinggi.

24. Anggur

Buah anggur memiliki karakter rasa yang manis dan sedikit asam. Banyak orang yang memang suka dengan buah anggur karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Tapi untuk penderita maag dan asam lambung tinggi maka anggur justru bisa membuat penyakit kambuh. Anggur merupakan  makanan yang mengandung vitamin C dan kadar asam yang sangat tinggi. Karena itu anggur bisa membuat asam lambung naik. Meskipun anggur memicu asam lambung yang tinggi namun Anda tetap bisa mengkonsumsi dalam jumlah yang terbatas.

25. Produk Susu

Produk susu bisa menjadi makanan yang menyebabkan asam lambung. Berbagai jenis produk susu mengandung lemak yang sangat tinggi sehingga menyebabkan asam lambung naik. Selain itu ketika susu masuk ke dalam saluran pencernaan maka akan membuat lambung mengeluarkan asam yang berlebihan. Beberapa jenis makanan dan minuman produk susu yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan misalnya seperti yogurt, keju dan krim susu.

26. Kue Brownies

Kue brownies adalah kue  yang sangat lezat dan membuat semua orang suka dengan kue ini. Namun ternyata makan berlebihan kue brownies bisa menyebabkan asam lambung yang cukup tinggi. Hal ini dipengaruhi dari bahan-bahan yang komposisi kue brownies. Dalam setiap lapisan lezat kue brownies mengandung coklat, minyak, gula dan tepung. Semua jenis bahan ini memang memberikan efek mengenyangkan namun, tidak bisa dicerna dengan baik. Karena terlalu lama dalam saluran pencernaan maka bisa menyebabkan sekresi asam berlebihan dari lambung.

27. Salad

Bagi beberapa orang mengkonsumsi salad bisa menjadi menu makanan sehat untuk dietyang sempurna. Namun ternyata salad juga bisa menyebabkan asam lambung yang tinggi. Hidangan salad biasanya hanya terdiri dari buah dan sayuran yang ditambah dengan mayonese atau krim. Campuran bahan ini rendah kalori namun membuat perut menjadi lebih cepat terasa lapar. Karena itu kemudian lambung memproduksi asam yang berlebihan. Untuk mencegah asam lambung maka jika Anda makan salad mala tambahkan makanan padat lain seperti biji-bijian.