Categories
Makanan Kesehatan

Makanan Pencegah Kanker Prostat

Makanan Pencegah Kanker Prostat

Tidak dipungkiri bahwa kanker prostat adalah penyakit yang paling ditakuti pria. Bukan apa-apa, prostat berhubungan dengan alat reproduksi dan alat vital, sehingga gangguan ini akan menjadi momok bagi pria karena khawatir impoten. Prostat merupakan bagian dari sistem reproduksi pria, yang berupa kelenjar yang mengelilingi kandung kemih dan uretra.

Masalahnya, belum banyak pria yang paham tentang penyakit ini, apalagi tahu bagaimana gejalanya, hingga penyakit ini menyebar dan semakin sulit diobati.Salah satu tandanya, namun biasanya kanker ini sudah pada tahap lanjut, adalah sulit kencing, dan di saat kencing, terdapat darah pada urine. Maka itu, lebih baik mencegah daripada sudah terjadi. Caranya dengan menjaga kesehatan prostat. Berikut merupakan ulasan Makanan Pencegah Kanker Prostat yang wajib anda ketahui.

1. Tomat.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Tomat mengandung antioksidan kuat yang disebut likopen. Kandungan ini dapat membantu mencegah kanker prostat serta mengurangi pertumbuhan tumor pada pria dengan kanker prostat. Pria yang makan lebih banyak tomat dan produk berbasis tomat, baik yang mentah maupun yang dimasak, lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat.


2. Brokoli.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Mengonsumsi makanan sayuran seperti brokoli, kembang kol, kol, sawi, dan kangkung adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal kanker prostat. Sayuran berjenis cruciferous (kelompok sayuran yang berkhasiat antikanker) tidak hanya rendah karbohidrat, tetapi mereka kaya akan antioksidan dan fitokimia yang dapat mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker prostat itu berkembang.


3. Teh hijau.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Teh hijau adalah minuman yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun. Minuman tradisional ini menjadi andalan sebagian besar dari diet orang di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Senyawa yang terkandung pada teh hijau dapat mencegah perkembangan kanker prostat.

Dalam ulasan yang diterbitkan oleh Chinese Medicine Trusted Source, para peneliti menemukan penurunan risiko kanker prostat di antara pria yang mengonsumsi lebih dari lima cangkir teh hijau per hari.


4. Kacang polong dan kedelai.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Kacang polong dan kedelai mengandung senyawa tumbuhan aktif biologis yang dikenal sebagai fitoestrogen. Fitoestrogen tersebut mengandung sifat melawan kanker. Senyawa ini bisa menekan pertumbuhan tumor dalam sel kanker prostat. Sebuah penelitian dari National Cancer Institute Trusted Source menunjukkan kedelai lebih efektif ketika dimakan atau dikombinasikan bersama makanan yang dapat melawan kanker lainnya.

5. Jus delima.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Delima kaya akan antioksidan. Kandungan yang ada pada buah delima menunjukkan dapat menangkal kanker. Kamu dapat mengonsumsi delima dengan menjadikannya minuman segar atau jus. Komponen dalam jus delima dapat mencegah pergerakan sel kanker dan melemahkannya kanker prostat yang akan menuju ke tulang.

6. Salmon.

makanan cegah kanker prostat pixabay

 

Salah satu kunci utama dalam diet Mediterania adalah ikan. Salmon, khususnya, adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3, lemak tak jenuh ganda yang telah terbukti menangkal kanker prostat. Lebih tinggi khasiatnya setelah sarden, makarel dan halibut.

“Orang yang mengikuti diet Mediterania memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat,” kata Lisa Cimperman, ahli gizi ahli diet terdaftar sekaligus juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetika ahli gizi klinis di University Hospitals Case Medical Center di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

7. Kacang kenari.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Kacang kenari atau olahannya seperti minyak kenari dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat. Kacang kenari memungkinkan menjadi makanan yang terbaik bagi kamu yang ingin menghindari kanker prostat, karena kenari rendah karbohidrat dan tinggi asam lemak omega-3 yang sehat.

8. Blueberry.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Buah blueberry penuh dengan antioksidan anti-kanker. Dalam buah blueberry terdapat gula alami yang dikaitkan dengan kanker. Faktanya, penyakit kanker dapat muncul salah satunya karena stres. Nah, akibat dari stres tersebut, sel-sel kanker akan cenderung aktif di dalam tubuh. Salah satu makanan terbaik untuk memerangi stres termasuk blueberry, raspberry dan stroberi, yang antioksidan tinggi dan memiliki indeks glikemik rendah.


9. Kopi.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Causes and Control menemukan bahwa minum empat hingga lima cangkir kopi sehari dapat mengurangi kanker prostat. Kopi tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi kopi dapat membantu memetabolisme gula dengan lebih efisien, yang dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena kanker.


10. Wortel.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Pria yang makan tiga porsi wortel dalam seminggu memiliki kemungkinan 18 persen lebih kecil untuk terkena kanker prostat. Wortel merupakan sumber beta-karoten yang kaya, karotenoid yang dikonversi menjadi vitamin A dan memiliki sifat antioksidan.