Makanan Pembersih Penyakit Hati

Makanan Pembersih Penyakit Hati

Meski terbilang jarang, penyakit hati berlemak tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebagai salah satu organ penting dalam tubuh, kesehatan hati harus tetap dijaga termasuk dari lemak-lemak yang menumpuk.

Menurut direktur Cleveland Clinic Center fir Functional Medicine, Mark Hyman, salah satu penyebab hati berlemak yaitu konsumsi gula dan tepung yang tinggi. Dia menjelaskan bahwa hati harus mengubah karbo yang berlebih lalu menyimpannya menjadi lemak.

“Karena kita memakan sangat banyak karbo, 137 kg gula dan tepung per orang setiap tahun, hati kemudian berubah menjadi tumpukan lemak karena tidak bisa memprosesnya dengan cukup cepat, lemak pun terperangkap di dalam hati,” kata Hyman.

Jika hal ini terus-terusan terjadi, konsekuensinya lima persen dari hati dipenuhi oleh lemak. Proses metabolisme lemak dan penyaringan racun pun menjadi lambat.

Secara fisik, hati pun akan membengkak dan terlihat lebam. Kondisi ini akan membuat hati berisiko terhadap berbagai penyakit. Namun, risiko ini bisa dihindari jika kesehatan hati dijaga sejak dini. Seperti berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Makanan Pembersih Penyakit Hati  :

1. Blueberry

Kandungan anthocyanin yang memberi warna biru khas pada buah blueberry merupakan antioksidan yang kuat yang mampu membantu tubuh menahan pertumbuhan sel kanker di hati. Konsumsilah buah blueberry setiap hari selama tiga hingga empat minggu lamanya dan amati perbedaanya.

2. Jeruk Bali

Buah Jeruk Bali memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan kuat yang terdapat di dalamnya  yaitu berupa naringenin dan naringin. Selain manfaat tersebut, buah Jeruk Bali juga memiliki fungsi untuk mengurangi resiko fibrosis hati. Fibrosis hati adalah salah satu jenis radang kronis yang terjadi pada hati, sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan jaringan ikat ekstra di dalam dan di sekitar hati, sehingga secara bertahap akan menghambat kemampuan dan fungsi hati.

3. Alpukat

Mengkonsumsi  alpukat akan membuat Anda mendapatkan glutatin yang banyak terkandung dalam buah alpukat ramah untuk hati, dan juga kandungan vitamin  C, vitamin E, dan vitamin K. Fungsi lain vitamin E dan vitamin K adalah untuk mencegah peradangan. Ekstrak alpukat juga diketahui dapat membantu dalam pengobatan virus hepatitis dan memperlambat perkembangan kerusakan hati secara umum, hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi baru-baru ini.

4. Kopi

Para ahli mendapatkan bahwa ada kaitan antara jumlah kosumsi kopi yang mengandung kafein dengan resiko terkena sirosis hati. Ternyata resiko sirosis hati lebih rendah pada orang yang  cukup rutin minum kopi. Berita yang menggembirakan , dalam sebuah penelitian diketahui bahwa kopi mampu menurunkan berkembangnya sirosis hingga sekitar 44% dan juga dapat membalikkan sebagian gelombang pada orang yang sudag mmenderita penyakit hati.

Kopi juga meningkatkan kadar antioksidan, mengurangi peradangan dan menurunkan resiko kanker hati. Akan tetapi minum kopi lebih dari tiga cangkir shari malah akan membahayakan hati dan kesehatan Anda pada umumnya.

5. Teh

Sebagaimana kopi, teh juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan hati. Kandungan dalam teh mampu mningkatkan kadar enzim hati dan mengurangi efek stress oksidatif serta mengurangi simpanan lemak berbahaya di dalam tubuh kita. Konsumsilah teh secara rutin.

Konsumsi teh untuk penderita liver ini harus dirutinkan, namun tentu dengan konsumsi tertentu, jangan terllau banyak dan berlebihan, karena hal tersebut akan membawa dampak bahaya yang lainnya.

6. Aneka Sayuran Hijau Berdaun

Ternyata daun-daun sayuran hijau memiliki kandungan yang dapat membantu menghilangkan ketegangan hati. Kandungan klorofil yang tinggi dalam daun sayuran hijau dapat menetralkan logam, bahan-bahan kimia dan perstisida yang ikut tertelan pada saat Anda mengkonsumsi makanan dan juga yang terpapar dari lingkungan sekitar Anda. Sayuran lain seperti arugula, bayam dan sawi putih juga dapat meningkatkan produksi empedu untuk  menghilangkan racun dalam tubuh.

 

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Cara Mengobati Alzheimer , Makanan Pembersih Penyakit Hati , Pengobatan Alami Sirosis Hati , Cara Hilangkan Penyakit Dengan Petai , Pengobatan Alami BAB Berdarah , Tanda Awal Penyakit Darah Tinggi

Makanan Pembersih Penyakit Hati