Categories
Makanan Kesehatan

Makanan Pembentuk Tulang Agar Kuat

Makanan Pembentuk Tulang Agar Kuat

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Jamu Pengurus Badan Cepat Dan Enak , Makanan Pembentuk Tulang Agar Kuat , Cara Mengatasi Insomnia
Makanan Pembentuk Tulang Agar Kuat

Masa pubertas saat usia remaja merupakan masa-masa penting untuk pertumbuhan. Pada masa ini, pertumbuhan tulang akan mencapai masa puncaknya. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang dibutuhkan banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, vitamin D, fosfor, vitamin C, magnesium, dan masih banyak lagi. Kurangnya asupan beberapa zat gizi di atas dapat membuat pertumbuhan tulang tidak optimal, dan untuk jangka panjang bisa menyebabkan osteoporosis. Jika Anda atau anak Anda sedang mengalami masa pubertas, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tersebut untuk mendukung pertumbuhan tulangnya. Nah, apa saja sih makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tulang? . Berikut adalah Makanan Pembentuk Tulang Agar Kuat :

1. Lemak Ikan

Lemak ikan tidak diragukan lagi merupakan sumber paling penting dari kalsium dan Vitamin E, dimana ikan salmon adalah pilihan yg terbaik. Namun jika pembaca merasa ikan salmon harganya terlalu mahal atau kurang menyukai rasanya, maka bisa memilih ikan sarden dan tuna yg juga kaya akan kalsium. Satu porsi salmon (110 gram) mengandung 250 mg kalsium, jadi pastikan untuk mengkonsumsinya dalam diet harian Anda jika membutuhkan kalsium.

2. Minum Susu

Sama seperti lemak ikan, susu adalah sumber alami kalsium. Dimana satu gelas susu (230 mililiter) menyediakan lebih dari 30% dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan.

3. Kedelai

Kedelai sangat kaya akan kalsium dan protein yg sangat bagus untuk kesehatan tulang dimana rata-rata orang membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium setiap hari. Satu cangkir kedelai mengandung seperempat dari asupan harian kalsium dan magnesium yang direkomendasikan.

4. Bayam

Jika Anda alergi terhadap produk susu atau Anda bukan penyuka susu dan keju, maka bayam bisa menjadi alternatif. Selain jumlah tinggi kalsium, bayam juga mengandung banyak zat besi dan Vitamin A.

5. Telur

Telur adalah sumber utama lain dari kalsium (putih telur) dan vitamin D (kuning telur), dimana vitamin D menjadi nutrisi lain yg penting untuk membuat tulang kuat dan sehat. Kurangnya vitamin D dapat memperburuk osteoporosis dan dapat menyebabkan rakhitis pada anak (pelunakan tulang).

6. Pisang

Pisang memang sering dikesampingkan banyak orang saat menginginkan tulang yg sehat padahal pisang memiliki kandungan kalium (potassium) tinggi. Hal ini terjadi karena manfaat kalium jarang disebutkan sebagai pembentuk tulang yang sehat.

7. Gandum utuh (Whole Grains)

Gandum, havermut, jagung, sorgum (buckwheat) dan beras merah sangat kaya akan magnesium yang berguna untuk kesehatan tulang. Selain itu, mereka juga mengandung karbohidrat kompleks dan serat dalam jumlah melimpah.

8. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang dan almond kaya akan lemak baik, lemak tersebut sama pentingnya dengan kalsium dan vitamin D untuk menjadikan tulang kuat dan sehat. Jadi konsumsi satu ons almond (kaya kalsium dan magnesium) per-harinya untuk membuat tulang tetap sehat sampai Anda memasuki usia senja.

9. Tahu

Tahu adalah makanan yang kaya kalsium, memiliki rasa enak dan dapat dikonsumsi berpasangan dengan hampir semua jenis makanan. Anda jg dapat memilih tahu yang diperkaya dengan kalsium jika ingin melengkapi RDI (Reference Daily Intake) dari kalsium bagi orang yg alergi terhadap produk susu. Pastikan untuk memeriksa label sebelum membeli, karena tidak semua varietas tahu mengandung kalsium.

10. Kentang

Kentang memang tidak mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, namun sangat kaya akan kalium dan mineral (bersama dengan Vitamin D3) yg berguna membantu penyerapan kalsium secara cepat kedalam tubuh.