Makanan Memicu Kebutaan

Makanan Memicu Kebutaan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Tips Mengatasi Nyeri Haid , Obat Tradisional Nyeri Sendi , Obat Tradisional Saraf Kejepit , Ramuan Tradisional Susah Buang Air Kecil , Obat Tradisional Sakit Kuning , Obat Kudis Tradisional , Obat Tradisional Rahim Bengkak , Obat Tradisional Perut Kembung Dan Keras , Obat Sakit Tenggorokan Alami , Titik Pijat Mengatasi Sakit Kepala , Tips Menjaga Kandung Kemih , Tips Agar Tidak Keracunan Makanan , Cara Mengatasi Gatal Akibat Kutu , Obat Tradisional Kuku Berjamur , Obat Alami Mengatasi Cantengan , Cara Agar Luka Jahitan Cepat Kering , Tips Melahirkan Lancar Dan Normal , Cara Menghilangkan Stretch Mark , Makanan Memicu Kebutaan , Kenali Jenis Penyakit Mata , Bahaya Kafein Bagi Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Kandung Empedu

Makanan Memicu Kebutaan

Buta adalah ketidakmampuan seseorang untuk melihat apa pun, bahkan cahaya. Mata buta bisa disebabkan oleh faktor genetik alias diturunkan dari orang tua kepada anak, kecelakaan, atau penyakit. Kondisi ini menimpa sekitar 32 juta jiwa di seluruh dunia, dan 1 juta di antaranya berada di Indonesia.

Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, penyebab utama mata buta adalah infeksi, katarak, glaukoma, cedera, dan ketidakmampuan untuk membeli kacamata. Selain itu, pasien diabetes juga rentan menjadi tuna netra. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Makanan Memicu Kebutaan  :

  1. Makanan Manis

Bahaya makan manis salah satunya yang paling umum terjadi adalah penyakit gula alias diabetes atau bahkan gangguan kesehatan mulut seperti sakit gigi. Padahal selain itu, makanan manis juga salah satu jenis makanan pemicu gangguan penglihatan yang biasanya juga menjadi komplikasi penyakit diabetes.

Glaukoma cukup sering dialami oleh sebagian penderita diabetes dan pasien penyakit gula yang tak ditangani dengan tepat maka akan memicu keadaan berupa diabetic retinopathy. Inilah kondisi ketika kebocoran pembuluh darah berdampak pada suplai darah yang menurun menuju retina sehingga menyebabkan gangguan retina, berakibat pada glaukoma hingga hilangnya penglihatan permanen.

  1. Minyak Nabati

Mungkin Anda adalah salah satu pengguna minyak nabati untuk menggoreng makanan? Rupanya minyak nabati dapat mengancam kesehatan mata Anda apalagi ketika minyak ini telah melalui proses pemanasan, modifikasi dan sebagainya sehingga ketika dikonsumsi, tubuh tak mampu mencerna secara normal dan sempurna. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya radang di pembuluh darah mata dan mengakibatkan gangguan kesehatan hingga kebutaan.

  1. Makanan Gluten Tinggi

Kasus usus bocor biasanya disebabkan oleh makanan bergluten tinggi salah satunya karena gluten disebut-sebut termasuk faktor penyebab radang di saluran gastrointestinal sehingga dinding usus terkikis. Karena hal tersebut, banyak mineral dan vitamin yang seharusnya diserap tubuh menjadi gagal dan tak sempurna.

Ternyata, justru itulah masalahnya yang bisa berpengaruh buruk pada kesehatan mata. Penyerapan nutrisi yang terhambat adalah faktor pemicu ketidaklancaran aliran darah dan suplai oksigen ke mata. Itulah kenapa mata bisa dengan mudah mengalami penurunan fungsi secara perlahan sehingga Anda para penggemar makanan bergluten perlu membatasinya mulai sekarang.

  1. Kopi

Kafein pada kopi merupakan salah satu faktor penyebab tekanan pada mata. Tak banyak yang tahu bahwa kafein selain bisa memicu kadar tekanan darah tinggi juga mampu memberikan efek tekanan di mata pada beberapa titik selama kurang lebih satu setengah jam sesudah menikmatinya. Pembatasan asupan kopi sebaiknya dilakukan juga demi mencegah atau menurunkan risiko serangan jantung.

  1. Soda

Selain kafein pada kopi, soda juga perlu mulai diwaspadai karena mampu memperburuk kesehatan mata. Kadar fruktosa di dalam soda yang tinggi tak hanya bisa memicu kolesterol tinggi dan juga diabetes. Nyatanya, meminum soda terlalu berlebihan dan sering mampu meningkatkan potensi terkena jenis-jenis penyakit jantung hingga ketidaknormalan tekanan darah yang bisa berujung pada gangguan mata dan kebutaan.

Untuk mencegah kebutaan atau setidaknya meminimalisir risiko jenis-jenis penyakit matakarena asupan makanan yang kurang tepat, batasi makanan-makanan tertentu khususnya yang sudah disebutkan sebelumnya. Rajin berolahraga, menjaga pola tidur dan pola makan serta menerapkan cara menjaga kesehatan mata yang benar akan menolong Anda dalam memiliki mata yang tetap sehat dan berfungsi baik.