Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Makanan Alami Cegah Autoimun

Makanan Alami Cegah Autoimun

Penyakit autoimun adalah jenis penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan bisa menyerang siapa pun tanpa kenal usia. Ini menyebabkannya menyerang sel-selnya sendiri di dalam tubuh anda. 

Ketika masalah ini terjadi, biasanya ada respons yang berlebihan terhadap zat dan jaringan anda sendiri.  Dengan kata lain, tubuh anda sedang mencoba mempertahankan dirinya.

Tak hanya lupus, ada sekitar 80 jenis penyakit autoimun. Diantaranya seperti rematik, radang usus, diabetes mellitus tipe 1, psoriasis, tiroid, dan masih banyak lagi. Gejala penyakit autoimun ini pada umumnya adalah kelelahan, demam, terjadi pembengkakan. kemerahan, peradangan kronis, nyeri otot dan sendi, serta merasa terlalu panas tanpa alasan yang jelas.

Menurut penelitian, 80% penyakit autoimun ternyata lebih rentan menyerang perempuan, anda. anda pasti tak ingin mengalami atau menderita penyakit autoimun tersebut.

Untuk itu, anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi 6 makanan dan minuman alami yang dapat memerangi penyakit autoimun dan akan membantu anda meningkatkan kualitas hidup kesehatan secara keseluruhan. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Makanan Alami Cegah Autoimun , berikut ulasannya dibawah ini.

1. Telur.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Telur merupakan makanan sehat. Beragam nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh ada di dalam telur, seperti zat besi, vitamin A, D, E dan K. Namun sayangnya banyak orang yang menghindari makanan sahat satu ini dengan alasan takut berlebihan berat badan dan sebagainya.

Intinya jangan berlebihan mengonsumsi makanan ini. Mengonsumsi telur bisa menjaga kesehatan pada orang tubuh manusia seperti mata, otak, organ hati dan kulit. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencegah penyakit autoimun.

2. Kelapa.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Kelapa mengandung banyak vitamin dan mineral, anti oksidan dan serat yang sangat berguna sebagai antivirus dan anti bakteri. Bagi penderita autoimun, kelapa bisa menjadi santapan mereka dalam sajian makanan apapun.

Namun tetap harus diingat, penderita autoimun harus menghindari gula, sehingga harus teliti dalam memilih makanan meskipun itu mengandung kelapa. Minyak kelapa juga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh bagi penderita autoimun.

3. Asparagus.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Seperti yang diketahui bahwa asparagus merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin A, C, serat dan folat. Bagi penderita autoimun atau yang ingin menceghnya dengan asparagus adalah pilihan tepat. Di mana kandungan glutathione dalam asparagus sangat berguna untuk mengatasi penyakit autoimun. Glutathione merupakan senyawa yang berguna untuk melawan kanker dan pembengkakan.

4. Wortel.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Wortel merupakan tanaman yang mengandung betakaroten yang berfungsi mencegah penyakit ini. Selain wortel kamu juga bisa mengkonsumsi makanan sejenis yakni ubi jalar, aprikot, bayam, labu, kale.

5. Minum teh.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Beberapa jenis teh seperti teh hijau dan teh hitam sangat ampuh untuk mencegah dan mengurangi penyakit autoimun. Pasalnya kedua jenis teh tersebut mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat seperti flavonoid, katekin dan theaflavin.

6. Jahe.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Jahe memang dikenal sangat baik untuk mengatasi kesehatan. Di mana salah satunya dapat dijadikan obat alami untuk mencegah penyakit autoimun. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan karena menghambat prostaglandin, menurunkan sitokin dan memproduksi kemokin.

7. Apel.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Apel juga merupakan obat alami untuk mencegah penyakit autoimun, karena apel kaya akan quercetin. Di mana unsur tersebut dapat mengurangi reaksi alergi dan mengurangi pembengkakan, yang merupaka dua katakteristik umum yang menyebabkan penyakit autoimun.

Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buah lainnya yang mengandung quercetin, seperti buah beri, anggur merah, bawang merah.

Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Khasiat Kerang Hijau Untuk Sendi

Khasiat Kerang Hijau Untuk Sendi

Manfaat kerang hijau yang segar dan bersih ternyata tidak main-main

Kerang hijau adalah salah satu kerang yang paling sering kita jumpai. Kerang ini sering dijajakan, baik di restoran maupun di penjual kaki lima. Tekstur kenyal dengan banyaknya pilihan bumbu membuat kerang hijau menjadi salah satu makanan laut favorit. Bukan hanya enak di santap, ternyata manfaat kerang hijau bagi tubuh juga sangat banyak. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Khasiat Kerang Hijau Untuk Sendi, simak ulasannya berikut ini.

1. Memiliki Efek Anti Rematik

Berbagai penelitian pada kerang ini membuktilan bahwa efek anti rematik terkandung sangat kuat dalam daging kerang hijau. Selain itu, penghambatan enzim COX – enzim inflamasi adalah cara di mana kerang hijau bertindak untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Sebuah penelitian yang menyelidiki efek ekstrak hijau pada arthritis, melaporkan bahwa 75% pasien dengan rheumatoid arthritis atau osteoarthritis mengalami pengurangan rasa sakit dalam 1 bulan pengobatan.

Berbagai penelitian pada hewan dan uji klinis mengonfirmasi efek anti-rematik ekstrak kerang hijau berbibir. Ini menghambat peradangan dengan menghambat aktivitas enzim COX dan LOX dan juga melindungi perut dari bisul yang disebabkan oleh mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit yang digunakan untuk pengobatan arthritis.

2. Bekerja lebih baik daripada minyak ikan dalam mengurangi peradangan

Asam lemak omega 3 hadir dalam ekstrak lipid dari kerang hijau, terutama bertanggung jawab atas efek anti-inflamasi. Sebuah uji klinis dilakukan untuk membandingkan efek ekstrak kerang hijau dan minyak ikan pada osteoartritis-keduanya kaya akan sumber asam lemak omega 3.

Mereka yang menerima ekstrak kerang hijau berbibir menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang menerima minyak ikan. Mereka mengalami penurunan rasa sakit 89% dan peningkatan kualitas hidup 91%.

Dengan kata lain, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kerang hijau memiliki efek antiinflamasi yang lebih kuat dibandingkan dengan minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega 3. Juga terbukti bahwa Lyprinol, ekstrak yang dipatenkan dari kerang hijau lebih kuat daripada sumber kaya asam lemak omega 3 lainnya.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Makanan Yang Meningkatkan Daya Ingat

Makanan Yang Meningkatkan Daya Ingat

Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi, tapi ada makanan tertentu yang tanpa disadari ternyata memiliki fungsi khusus, seperti meningkatkan kecerdasan. Berikut beberapa Makanan Yang Meningkatkan Daya Ingat yang bisa anda coba. Untuk itu simak ulasannya dibawah ini.

1. Telur.

Makanan melawan lupa istimewa

Telur kaya akan manfaat, salah satunya mampu meningkatkan daya ingat. Mengonsumsi telur juga dianjurkan untuk ibu hamil demi perkembangan otak bayi yang dikandungnya. Telur adalah salah satu jenis makanan yang mengandung kolin, di mana zat ini mampu membuat sel berfungsi dengan baik. Belum lagi kuning telur yang mengandung vitamin B12 yang diketahui dapat menurunkan homocysteine, kandungan yang bersifat racun pada otak dan berhubungan dengan rendahnya aktivitas otak.


2. Salmon.

Makanan melawan lupa istimewa

Salmon juga memiliki fungsi yang sangat besar untuk meningkatkan daya ingat pada manusia. Pasalnya salmon mengandung asam lemak omega-3 (DHA dan EPA). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan lebih banyak asupan lemak omega-3 memiliki daya ingat yang lebih tajam dan mendapatkan hasil yang memuaskan saat mengikuti tes ujian.


3. Oat.

Makanan melawan lupa istimewa

Oat merupakan jenis sereal yang cukup populer di masyarakat. Oat memiliki kandungan penting bagi otak dan fungsi tubuh lainnya, di mana mengandung potasium, vitamin B, dan vitamin E. Kandungan tersebut mampu meningkatkan daya ingat. Oat juga mampu menjaga kebutuhan otak agar terpenuhi sepanjang hari.


4. Susu dan yoghurt.

Makanan melawan lupa istimewa

Makanan yang mengandung susu memiliki kandungan vitamin B dan protein yang cukup tinggi. Susu dan yoghurt mampu membuat perut kenyang dan sekaligus menjadi sumber energi yang mampu meningkatkan kerja otak. Dengan mengonsumsinya secara rutin kamu akan merasakan khasitnya di mana kamu akan mudah ingat mengenai berbagai hal.


5. Selai kacang.

Makanan melawan lupa istimewa

Kacang tanah kaya akan vitamin E, antioksidan yang memiliki peran untuk melindungi membran-membran sel saraf. Dengan rutin mengonsumsi selai kacang setiap pagi saat sarapan, kamu akan mendapatkan energi sehat yang merangsang kerja otak secara maksimal.


6. Buah berry.

Makanan melawan lupa istimewa

Beberapa jenis buat berry seperti seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan. Yakni antioksidan serta vitamin C yang terkadung di dalamnya mampu meningkatkan daya ingat. Tak hanya itu saja biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.


7. Kacang-kacangan.

Makanan melawan lupa istimewa

Kacang-kacangan dikenal sebagai salah satu sumber energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Tak hanya itu saja, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin, sehingga sangat baik untuk otak dan meningkatkan daya ingat. Misalnya saja kacang pinto dan kacang merah, menurut beberapa penelitian, jenis kacang tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang lebih banyak dibandingkan jenis kacang lainnya.


8. Gandum murni.

Makanan melawan lupa istimewa

Serat yang terkandung di dalam gandum murni bisa mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Gandum murni juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara sistem saraf. Untuk kamu yang merasa sangat sulit dalam mengingat berbagai hal, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi gandum murni.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Sering disepelekan dan dianggap sebelah mata, ternyata bumbu masakan kecil mungil ini mengandung sejuta manfaat! Apa saja ya manfaat ketumbar? Ketumbar adalah salah satu jenis rempah-rempah berbentuk biji-bijian seukuran merica.

Saking kecilnya, banyak anggapan salah yang mengira bahwa rempah yang satu ini hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Tapi jangan salah ya, khasiat ketumbar bukan hanya sekadar bumbu masakan!. Nah, untuk itu bagi anda yang penasaran , apakah benar ketumbar itu ada khasiatnya ? . Maka dari itu berikut ini TradisionalSehat akan menjelaskan apasaja Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan. Tanpa basa-basi simak ulasannya dibawah ini.

1. Mencegah diare.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Komponen minyak atsiri yang ditemukan dalam ketumbar seperti borneol dan linalool, membantu pencernaan, membatu berfungsinya hati, dan mengikat usus, juga membantu mengobati diare. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Ethnobotanical Leaflets mengatakan ketumbar bermanfaat dalam menyembuhkan diare yang disebabkan oleh aksi mikroba dan jamur karena komponen seperti cineole, borneol, limonene, alpha-pinene, dan beta-phellandrene memiliki efek antibakteri.

2. Mengatasi rasa mual.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar semakin populer sebagai sarana untuk mencegah mual, muntah, dan gangguan lambung. Kekayaannya dari senyawa bioaktif yang dikandung ketumbar dapat mengatasi masalah tersebut.

3. Mengatur tekanan darah.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Menurut lansiran brilio.net dari organicfacts, Selasa (12/3). Jurnal Etnofarmakologi menunjukkan bahwa ketumbar secara positif membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi. Cara kerjanya dengan meningkatkan interaksi ion kalsium dan asetilkolin, yang merupakan neurotransmitter dalam sistem saraf perifer dan pusat, dan meredakan ketegangan pembuluh darah.

4. Mencegah anemia.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Selain mengatur tekanan darah, ketumbar juga bisa mencegah anemia. Ketumbar kaya akan zat besi, yang secara langsung membantu penderita anemia. Kandungan zat besi yang rendah dalam darah dapat menyebabkan sesak napas, jantung berdebar-debar, kelelahan ekstrem, dan penurunan fungsi kognitif. Zat besi bermanfaat bagi berfungsinya organ lain, meningkatkan energi dan kekuatan, dan meningkatkan kesehatan tulang.

5. Menghilangkan alergi pada tubuh.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar memiliki sifat anti-histamin yang kuat yang dapat mengurangi efek alergi musiman yang tidak nyaman dan demam (rinitis). Minyak yang dihasilkan ketumbar juga dapat digunakan untuk mengurangi reaksi alergi yang disebabkan karena kontak dengan tanaman, serangga, makanan, dan zat lainnya. Sehingga dapat menangkal anafilaksis, gatal-gatal, dan pembengkakan berbahaya pada tenggorokan dan kelenjar pada tubuh.

6. Meningkatkan tulang.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar juga kaya akan kalsium yang tinggi untuk kesehatan tulang. Kalsium dan mineral penting ditemukan di ketumbar mampu membantu pertumbuhan tulang, menambah daya tahan tulang, serta dapat mencegah osteoporosis. Menambahkan sedikit ketumbar ke dalam makanan dapat membantu menjaga tulangmu agar tetap sehat dan kuat untuk tahun-tahun mendatang.

7. Kesehatan mata.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar sarat dengan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti fosfor. Semua kandungan tersebut mampu mencegah gangguan penglihatan, degenerasi makula, dan mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata. Ada juga beta-karoten di daun ketumbar, yang mencegah sejumlah penyakit lain yang mempengaruhi mata dan meningkatkan kembali penglihatan pada pasien yang menua.

8. Mengobati konjungtivitis.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar adalah desinfektan yang sangat baik dan memiliki sifat antimikroba yang melindungi mata dari penyakit menular seperti konjungtivitis. Konjungtivitis adalah memerahnya mata karena peradangan dan infeksi.

9. Mencegah penyakit Salmonella.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Salmonella adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri salmonella di dalam perut dan usus. Salmonella adalah penyakit yang bisa terjadi karena salah mengonsumsi makanan. Salah satu cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan ketumbar. Ketumbar memiliki tingkat dodekenal yang luar biasa tinggi, suatu senyawa alami yang sebenarnya dua kali lebih kuat dari antibiotik penyakit salmonella. Hak ini sudah dikonfirmasi oleh penelitian Dr. Isao Kubo, University of California, Berkeley.

10. Mengobati penyakit ulkus.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ulkus adalah penyakit yang terjadi di dalam rongga tenggorokan, yang bisa menyebabkan bisul pada sekitar mulut. Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan ketumbar. Ketumbar adalah antiseptik yang sangat baik. Ketumbar juga memiliki efek antimikroba yang dpat menyembuhkan bisul di mulut.

11. Mencegah bau mulut.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Kandungan cintronellol yang ada pada ketumbar mampu menjadi antiseptik yang dapat mencegah bau mulut. Oleh karena itu ketumbar sering dijadikan sebagai komponen dalam semua jenis pasta gigi alami. Dilansir brilio.net dari organicfacts, Selasa (12/3). Sebelum adanya penemuan pasta gigi, orang akan mengunyah biji ketumbar untuk mengurangi bau mulut.

12. Membantu mengobati kanker.

manfaat ketumbar kesehatan pixabay

Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sebagai alat yang mungkin dapat membantu mengobati kanker. Ekstrak dari akar tanaman ketumbar telah terbukti menghambat kerusakan DNA, mencegah migrasi sel kanker, dan mendorong kematian sel kanker dalam studi laboratorium.

Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Khasiat Kulit Buah Naga

Khasiat Kulit Buah Naga

Buah naga disukai banyak orang karena dipercaya mempunyai kandungan yang menyehatkan tubuh. Buah ini memiliki kandungan vitamin B, C, fosfor, kalsium, protein, captin, fiber, dan antioksidan. Selain dagingnya, kulit buah naga ternyata mempunyai khasiat untuk kesehatan. Berikut  adalah beberapa Khasiat Kulit Buah Naga yang harus anda ketahui. Untuk itu simak ulasan yang telah TradisionalSehat berikan dibawah ini.

1. Mencegah kanker.

Manfaat kulit buah naga istimewa


Mulai sekarang jangan membuang kulit buah naga, karena kulit buah naga ternyata memiliki manfaat tinggi sebagai obat herbal untuk mencegah kanker. Bagi kamu yang sedang dalam masa pengobatan atau penyembuhan dari penyakit kanker, ada baiknya kamu coba untuk mengonsumsi obat herbal dari kulit buah naga.
 

2. Mengobati tumor

Manfaat kulit buah naga istimewa


 Di dalam kulit buah naga terdapat senyawa yang memiliki peran aktif untuk menghambat pertumbuhan sel abnormal yang kemudian bisa menjadi tumor. Untuk mengonsumsinya sangatlah mudah. Pertama potonglah kulit buah naga menjadi kecil-kecil, kemudian jemur hingga kering. Jika sudah kering, kamu tinggal mengonsumsinya dengan cara diseduh layaknya menyeduh teh, sebanyak 2 kali sehari.

 
3. Melenturkan pembuluh darah.

Manfaat kulit buah naga istimewa


Para peneliti telah membuktikan bahwa kulit buah naga terdapat senyawa aktif yang berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah. Senyawa aktif tersebut yakni  taraxast 12 dan pentacylic triyepene 20ene 30aol. Dua senyawa ini mampu bekerja dengan baik untuk melenturkan pembuluh darah. Seperti yang banyak diketahui, bahwa untuk melenturkan pembuluh darah biasanya banyak orang harus mengonsumsi berbagai obat-obatan kimia.
 

4. Mendeteksi adanya boraks dan formalin.

Manfaat kulit buah naga istimewa


Saat ini banyak sekali pedagang nakal yang ingin meraup untung besar dari berjualan makanan yang tidak sehat, yakni dengan menggunakan boraks. Seperti yang sudah diketahui, boraks memberikan dampak buruk bagi kesehatan si pengonsumsinya. Seperti kanker, tumor, kerusakan otak dan lainnya. Namun kamu bisa mendeteksi ada dan tidak adanya boraks dalam makanan tersebut menggunakan kulit buah naga.
 
Caranya sangat mudah, potong kulit buah naga, kemudian rendam di dalam air tawar yang sudah diberikan perasan jeruk. Tunggu beberapa saat hingga air berubah menjadi warna kemerahan. Lalu celupkan tisu pada rendaman air kulit buah naga tersebut. Tempelkan tisu yang sudah berubah warna menjadi merah itu ke makanan yang hendak diuji.

Jika tisu tidak berubah warnanya dan tetap merah, maka makanan tersebut mengandung boraks atau formalin. Namun jika tisu berubah memudar dan menjadi putih kembali, maka makanan tersebut aman dari boraks dan layak untuk dikonsumsi.
 

5. Mengatasi penyempitan pembuluh darah.

Manfaat kulit buah naga istimewa


Menyempitnya pembuluh darah merupakan hal serius yang tak boleh disepelekan. Jika dibiarkan saja tanpa adanya pertolongan medis atau obat herbal, maka dapat memicu hipertensi hingga serangan jantung. Nah, hal seperti ini dapat diatasi dengan mengonsumsi kulit buah naga. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara menyeduhnya seperti teh.

Categories
Makanan Kesehatan

Khasiat Keripik Pisang Bagi Kesehatan

Khasiat Keripik Pisang Bagi Kesehatan

Makanan ringan keripik pisang merupakan cemilan sehat cukup di kenal luas oleh masyarakat Indonesia. Keripik pisang ataubanana chipsbentuk dan prosesnya hampir sama dengan keripik kentang yang sering kita jumpai di supermarket. Rasanya gurih dan renyah. Tapi keripik pisang yang di produksi di Indonesia khususnya daerah Jawa Barat, lampung, dan lain lain mempunyai rasa yang beragam, mulai dari rasa gurih, manis dan masih banyak aneka rasa lainnya.
Selain dari cita rasa keripik pisang yang lezat dan renyah ternyata keripik pisang mempunyai manfaat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Fakta menyatakan bahwa Keripik pisang mengandung serat yang lumayan tinggi yaitu 2.2 gr untuk 1  ons keripik pisang. Sedangkan untuk 1 buah pisang besar mengandung serat 3.5 gr. Serat sangat diperlukan untuk tubuh kita, karena serat yang mempengaruhi pencernaan dan dapat memberikan rasa kenyang sehingga mencegah kita untuk makan yang berlebihan. Selain itu juga serat dapat mengontrol kadar kolestrol dalam  darah. Bagi anda yang penasaran dengan apasih Khasiat Keripik Pisang Bagi Kesehatan , nah kami akan menjelaskannya kepada anda berikut ini.

1. Mencegah sakit asma.

manfaat keripik pisang untuk kesehatan © 2019 brilio.net

Asma termasuk penyakit kronis pada saluran pernapasan. Nah, kandungan keripik pisang efektif untuk menangani penyakit asma. Yuk mulai makanan sehat ini untuk mencegah terjadinya asma.

2. Menjaga kesehatan otak.

manfaat keripik pisang untuk kesehatan © 2019 brilio.net

Otak juga dapat dijaga kesehatannya dengan mengonsumsi keripik pisang. Kandungan yang ada di dalam keripik ini bisa melindungi otak dari penyakit. hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh serat yang mencegah kolesterol meningkat.

3. Mencegah kanker.

manfaat keripik pisang untuk kesehatan © 2019 brilio.net

 

Pisang mampu menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, rasa pisang tersebut melindungi kamu dari berbagai serangan penyakit. Tak tanggung-tanggung, penyakit kanker pun bisa dicegah dengan mengonsumsi keripik pisang.

4. Mencegah sembelit.

manfaat keripik pisang untuk kesehatan © 2019 brilio.net

 

Sembelit bisa dicegah dengan mengonsumsi olahan pisang secara rutin. Kandungan serat yang tinggi membuat sistem pencernaan tetap terjaga. Tak hanya mencegah sembelit, pisang pun juga efektif untuk mengobati diare.

5. Mencegah Anemia

manfaat keripik pisang untuk kesehatan © 2019 brilio.net

Penderita anemia disarankan untuk memakan pisang ataupun olahannya karena efektif menambah darah. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi pada pisang sangat tinggi. Pisang juga membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan sehat.

Categories
Makanan Kesehatan

Khasiat Kulit Buah Naga

Khasiat Kulit Buah Naga

Buah naga memang tidak perlu diragukan lagi untuk khasiat dan kepopulerannya di Indonesia. Buah yang termasuk jenis kaktus ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, serta sudah mulai banyak dibudi dayakan di wilayah Asia.

Buah naga atau nama ilmiahnya, Hylocereus undatus memiliki kandungan serat yang tinggi dan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sayangnya, sebagian besar masyarakat hanya mengonsumsi daging buahnya saja. Tapi, tahukah Anda bahwa kulit buah naga juga berkhasiat?. Berikut TradisionalSehat akan memberikan penjelasan mengenai Khasiat Kulit Buah Naga. Untuk itu simak ulasan yang akan kami berikan dibawah ini.

1. Mencegah kanker.

Cancer | New Scientist

Mulai sekarang jangan membuang kulit buah naga, karena kulit buah naga ternyata memiliki manfaat tinggi sebagai obat herbal untuk mencegah kanker. Bagi kamu yang sedang dalam masa pengobatan atau penyembuhan dari penyakit kanker, ada baiknya kamu coba untuk mengonsumsi obat herbal dari kulit buah naga.

2. Mengobati tumor.

Manfaat kulit buah naga istimewa

Di dalam kulit buah naga terdapat senyawa yang memiliki peran aktif untuk menghambat pertumbuhan sel abnormal yang kemudian bisa menjadi tumor. Untuk mengonsumsinya sangatlah mudah. Pertama potonglah kulit buah naga menjadi kecil-kecil, kemudian jemur hingga kering. Jika sudah kering, kamu tinggal mengonsumsinya dengan cara diseduh layaknya menyeduh teh, sebanyak 2 kali sehari.

3. Melenturkan pembuluh darah.

Manfaat kulit buah naga istimewa

Para peneliti telah membuktikan bahwa kulit buah naga terdapat senyawa aktif yang berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah. Senyawa aktif tersebut yakni  taraxast 12 dan pentacylic triyepene 20ene 30aol. Dua senyawa ini mampu bekerja dengan baik untuk melenturkan pembuluh darah. Seperti yang banyak diketahui, bahwa untuk melenturkan pembuluh darah biasanya banyak orang harus mengonsumsi berbagai obat-obatan kimia.

4. Mendeteksi adanya boraks dan formalin.

Manfaat kulit buah naga istimewa

Saat ini banyak sekali pedagang nakal yang ingin meraup untung besar dari berjualan makanan yang tidak sehat, yakni dengan menggunakan boraks. Seperti yang sudah diketahui, boraks memberikan dampak buruk bagi kesehatan si pengonsumsinya. Seperti kanker, tumor, kerusakan otak dan lainnya. Namun kamu bisa mendeteksi ada dan tidak adanya boraks dalam makanan tersebut menggunakan kulit buah naga.

Caranya sangat mudah, potong kulit buah naga, kemudian rendam di dalam air tawar yang sudah diberikan perasan jeruk. Tunggu beberapa saat hingga air berubah menjadi warna kemerahan. Lalu celupkan tisu pada rendaman air kulit buah naga tersebut. Tempelkan tisu yang sudah berubah warna menjadi merah itu ke makanan yang hendak diuji.

Jika tisu tidak berubah warnanya dan tetap merah, maka makanan tersebut mengandung boraks atau formalin. Namun jika tisu berubah memudar dan menjadi putih kembali, maka makanan tersebut aman dari boraks dan layak untuk dikonsumsi.

5. Mengatasi penyempitan pembuluh darah.

Manfaat kulit buah naga istimewa

Menyempitnya pembuluh darah merupakan hal serius yang tak boleh disepelekan. Jika dibiarkan saja tanpa adanya pertolongan medis atau obat herbal, maka dapat memicu hipertensi hingga serangan jantung. Nah, hal seperti ini dapat diatasi dengan mengonsumsi kulit buah naga. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara menyeduhnya seperti teh.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Makanan Yang Mencegah Kanker Usus

Makanan Yang Mencegah Kanker Usus

Makanan sehat memiliki banyak definisi. Tidak hanya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, makanan sehat harus menyehatkan sistem pencernaan itu sendiri. Kebiasaan makan yang kurang baik bisa menyebabkan penyakit, salah satunya adalah kanker usus besar. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar Makanan Yang Mencegah Kanker Usus. Untuk itu simak ulasan yang TradisionalSehat berikan dibawah ini.

1. Susu.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Susu tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, tetapi juga dapat mencegah terjadinya kanker usus. Dari berbagai survei yang telah dilakukan, lebih dari setengah juta orang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi susu setidaknya satu gelas dalam sehari, dapat menurutkan risiko kanker usus.

Nah jika kamu ingin tetap sehat, maka ada baiknya untuk rutin minum susu. Pilihlah susu yang rendah lemak agar mendapatkan manfaat sehat dan tanpa khawatir akan mengalami perubahan berat badan.

2. Kunyit.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Kunyit memang cukup terkenal sebagai obat antikanker. Pasalnya pigmen yang terkandung dalam kunyit yang disebut dengan curcumin sangat ampun dalam membasmi kanker. Kunyit juga dapat membantu mengeluarkan karsinogen dalam tubuh sebelum merusak sel DNA.

Kunyit memiliki kemampuan dalam memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan oleh penyakit tersebut. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa rempah-rempah yang dijadikan bumbu masak ini mampu menghentikan pertumbuhan serta penyebaran sel-sel kanker.

3. Sayuran.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Sayuran memang sangat baik untuk tubuh, terutama pencernaan. Orang yang kerap mengonsumsi sayuran sangat kecil terkena penyakit. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, kangkung, dan lobak merupakan sayuran yang dikenal ampuh dalam mencegah kanker. Sayuran tersebut mengandung berbagai senyawa yang dapt menjinakkan zat penyebab kanker sebelum zat tersebut menyebabkan kerusakan sel DNA.

4. Bawang merah dan bawang putih.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Satu bahan dapur untuk memasak ini juga bisa membantu dalam mengatasi kanker usus. Bawang merah dan putih mengandung sulfida yang membantu membersihkan karsinogen dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker karena sifat antioksidannya.

Orang yang mengonsumsi 1-2 siung bawang putih per minggu memiliki risiko 32 persen rendah terkena kanker usus. Ada baiknya mengonsumsi bawa putih dalam jumlah wajar dan tak berlebihan.

5. Ikan dan ayam.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Makan ikan dapat menurunkan risiko kanker usus. Dari berbagai penelitian mengungkapkan mengonsumsi 300 gram atau 10 ons ikan setiap minggu dapat menurunkan 30 persen risiko kanker usus jika dibandingkan dengan orang yang makan ikan kurang dari sekali dalam seminggu. Jika tidak terlalu suka makan ikan, kamu bisa beralih ke daging ayam karena memiliki manfaat yang sama.

6. Makan buah-buahan.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Buah-buahan sangat membantu melancarkan pencernaan serta sangat sehat untuk tubuh. Jika rajin mengonsumsi buah-buahan, maka resiko terkena kanker usus terbilang sangat kecil. Buah-buahan mengandung serat yang tinggi. Serat dapat mengontrol kecepatan makanan ketika melewati sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

7. Yogurt.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Yogurt dapat meningkatkan pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bakteri probiotik dapat membantu mengurangi risiko kanker usus. Nah jika kamu kerap mengonsumsi yogurt disebut bisa menurunkan risiko kanker usus.

8. Jamur.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Jamur memiliki efek antikanker. Dalam jamur mengandung lecithin, cephalin, plasmodium, dan phosphatidyl serine, asam nukleat yang menurunkan kadar kolesterol di hati, mencegah timbunan lemak dan trombosit di arteri.

9. Teh hitam dan teh hijau.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Senyawa teh dapat membantu menonaktifkan agen penyebab kanker, serta dapat menghalangi pertumbuhan sel kanker. Orang yang kerap mengonsumsi teh, dapat menurunkan 30 persen penyebab kanker usus. Kamu bisa mengonsumsi salah satu teh tersebut, baik hijau, maupun hitam.

10. Kedelai.

 penyakit diderita George Toisutta istimewa

Kedelai dipercaya dapat mengatasi kanker, baik kanker usus maupun prostat. Pasalnya dalam kedelai terkandung isoflavon yang cukup aktif. Kedelai merupakan produk makanan yang cukup mudah di dapat seperti dalam tempe dan tahu. Tergolong makanan murah, ternyata kedelai memiliki banyak khasiatnya.

Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Makanan Pencegah Kanker Otak

Makanan Pencegah Kanker Otak

Kanker masih menjadi momok mematikan bagi setiap orang yang mendengarnya. Meski belum diketahui pasti penyebab kanker, bukan berarti kita hanya bisa pasrah saja menghadapi penyakit tersebut. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kanker dapat dilawan dan dicegah dengan menjalani pola hidup sehat. Memilih makanan yang sehat dan olahraga rutin bukan hanya dapat mencegah kanker, melainkan penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang tepat dapat menghentikan perkembangan sel kanker. Berikut adalah Makanan Pencegah Kanker Otak.

1. Brokoli.

makanan kanker otak unsplash

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang telah terbukti menyebabkan kematian sel tumor dan mengurangi ukuran tumor. Asupan lebih tinggi dari sayuran silangan ini juga dapat dikaitkan dengan risiko kanker menjadi yang lebih rendah.

2. Tomat.

makanan kanker otak unsplash

Tomat dikenal dapat mencegah sel kanker dengan baik. Tomat mengandung senyawa likopen sebagai zat antiinflamasi antioksidan dan mencegah pertumbuhan kanker.

Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah dimasak menjadi campuran masakan dan dibuat jus sebagai minuman.

3. Bayam.

makanan kanker otak unsplash

Bayam mengandung manfaat baik bagi tubuh sama dengan brokoli. Bayam merupakan satu sayuran yang dapat melemahkan sel kanker dalam tubuh hingga membunuhnya.

Cara mengonsumsi sayuran yang satu ini beragam. Kamu bisa mengolahnya menjadi menu makanan sayur bening atau juga bisa dimakan langsung sebagai salad.

4. Apel.

makanan kanker otak unsplash

Apel menjadi buah yang kaya akan vitamin dan baik dikonsumsi untuk tubuh. Mengonsumsi satu buah apel setiap hari bisa meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan zat radikal bebas yang akan masuk. Cara mengonsumsi apel disarankan secara langsung, tanpa proses olahan.

5. Jeruk.

makanan kanker otak unsplash

Jeruk mengandung vitamin C tinggi dan sangat baik untuk melindungi otak dari pertumbuhan sel kanker. Jeruk yang mengandung zat antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Konsumsi jeruk ini disarankan secara langsung atau berbentuk buah alami bukan olahan.

6. Salmon.

makanan kanker otak unsplash

Salmon mengandung lemak Omega-3 yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dilansir dari healthline, salmon sudah terbukti dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker, termasuk kanker otak. Lemak sehat yang ada di dalam salmon mampu mengurangi peradangan.

7. Nanas.

makanan kanker otak unsplash

Tak ada yang menyangka, nanas dapat mencegah kanker otak dengan baik. Nanas mengandung zat antikarsinogenik yang dapat melawan sel kanker berkembang biak.

Zat ini juga dapat melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada nanas juga merupakan antioksidan yang dapat melawan sel kanker.

8. Kacang-kacangan.

makanan kanker otak unsplash

Kacang-kacangan sangat baik bagi pencegahan kanker otak. Kacang mengandung serat tinggi dan asam lemak yang berperan untuk melindungi otak dari kanker.

Konsumsi jenis kacang seperti kacang putih, hijau, merah, atau kecang jenis lainnya. Kacang juga dapat mencegah penyebaran sel kanker ke jaringan tubuh lain.

9. Teh hijau.

makanan kanker otak unsplash

Teh hijau merupakan minuman yang tak hanya dikenal lezat, namun juga mengandung banyak manfaat lain untuk tubuh. Teh hijau dapat menjaga kesehatan otak dari serangan ganasnya sel kanker. Teh hijau juga dipercaya dapat mencerdaskan fungsi otak menjadi lebih baik.

10. Kunyit.

makanan kanker otak unsplash

Kunyit merupakan rempah-rempah tradisional yang mengandung antioksidan tinggi. Cara mengonsumsi kunyit ini dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Kamu bisa mencampurkannya menjadi bumbu masakan atau mengolahnya jadi minuman. Kunyit mengandung senyawa yang bisa mencegah proses peradangan yang sering memicu sel kanker dalam otak tumbuh.

Categories
Makanan Kesehatan

Makanan Pencegah Kanker Prostat

Makanan Pencegah Kanker Prostat

Tidak dipungkiri bahwa kanker prostat adalah penyakit yang paling ditakuti pria. Bukan apa-apa, prostat berhubungan dengan alat reproduksi dan alat vital, sehingga gangguan ini akan menjadi momok bagi pria karena khawatir impoten. Prostat merupakan bagian dari sistem reproduksi pria, yang berupa kelenjar yang mengelilingi kandung kemih dan uretra.

Masalahnya, belum banyak pria yang paham tentang penyakit ini, apalagi tahu bagaimana gejalanya, hingga penyakit ini menyebar dan semakin sulit diobati.Salah satu tandanya, namun biasanya kanker ini sudah pada tahap lanjut, adalah sulit kencing, dan di saat kencing, terdapat darah pada urine. Maka itu, lebih baik mencegah daripada sudah terjadi. Caranya dengan menjaga kesehatan prostat. Berikut merupakan ulasan Makanan Pencegah Kanker Prostat yang wajib anda ketahui.

1. Tomat.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Tomat mengandung antioksidan kuat yang disebut likopen. Kandungan ini dapat membantu mencegah kanker prostat serta mengurangi pertumbuhan tumor pada pria dengan kanker prostat. Pria yang makan lebih banyak tomat dan produk berbasis tomat, baik yang mentah maupun yang dimasak, lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat.


2. Brokoli.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Mengonsumsi makanan sayuran seperti brokoli, kembang kol, kol, sawi, dan kangkung adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal kanker prostat. Sayuran berjenis cruciferous (kelompok sayuran yang berkhasiat antikanker) tidak hanya rendah karbohidrat, tetapi mereka kaya akan antioksidan dan fitokimia yang dapat mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker prostat itu berkembang.


3. Teh hijau.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Teh hijau adalah minuman yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun. Minuman tradisional ini menjadi andalan sebagian besar dari diet orang di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Senyawa yang terkandung pada teh hijau dapat mencegah perkembangan kanker prostat.

Dalam ulasan yang diterbitkan oleh Chinese Medicine Trusted Source, para peneliti menemukan penurunan risiko kanker prostat di antara pria yang mengonsumsi lebih dari lima cangkir teh hijau per hari.


4. Kacang polong dan kedelai.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Kacang polong dan kedelai mengandung senyawa tumbuhan aktif biologis yang dikenal sebagai fitoestrogen. Fitoestrogen tersebut mengandung sifat melawan kanker. Senyawa ini bisa menekan pertumbuhan tumor dalam sel kanker prostat. Sebuah penelitian dari National Cancer Institute Trusted Source menunjukkan kedelai lebih efektif ketika dimakan atau dikombinasikan bersama makanan yang dapat melawan kanker lainnya.

5. Jus delima.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Delima kaya akan antioksidan. Kandungan yang ada pada buah delima menunjukkan dapat menangkal kanker. Kamu dapat mengonsumsi delima dengan menjadikannya minuman segar atau jus. Komponen dalam jus delima dapat mencegah pergerakan sel kanker dan melemahkannya kanker prostat yang akan menuju ke tulang.

6. Salmon.

makanan cegah kanker prostat pixabay

 

Salah satu kunci utama dalam diet Mediterania adalah ikan. Salmon, khususnya, adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3, lemak tak jenuh ganda yang telah terbukti menangkal kanker prostat. Lebih tinggi khasiatnya setelah sarden, makarel dan halibut.

“Orang yang mengikuti diet Mediterania memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat,” kata Lisa Cimperman, ahli gizi ahli diet terdaftar sekaligus juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetika ahli gizi klinis di University Hospitals Case Medical Center di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

7. Kacang kenari.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Kacang kenari atau olahannya seperti minyak kenari dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat. Kacang kenari memungkinkan menjadi makanan yang terbaik bagi kamu yang ingin menghindari kanker prostat, karena kenari rendah karbohidrat dan tinggi asam lemak omega-3 yang sehat.

8. Blueberry.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Buah blueberry penuh dengan antioksidan anti-kanker. Dalam buah blueberry terdapat gula alami yang dikaitkan dengan kanker. Faktanya, penyakit kanker dapat muncul salah satunya karena stres. Nah, akibat dari stres tersebut, sel-sel kanker akan cenderung aktif di dalam tubuh. Salah satu makanan terbaik untuk memerangi stres termasuk blueberry, raspberry dan stroberi, yang antioksidan tinggi dan memiliki indeks glikemik rendah.


9. Kopi.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Causes and Control menemukan bahwa minum empat hingga lima cangkir kopi sehari dapat mengurangi kanker prostat. Kopi tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi kopi dapat membantu memetabolisme gula dengan lebih efisien, yang dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena kanker.


10. Wortel.

makanan cegah kanker prostat pixabay

Pria yang makan tiga porsi wortel dalam seminggu memiliki kemungkinan 18 persen lebih kecil untuk terkena kanker prostat. Wortel merupakan sumber beta-karoten yang kaya, karotenoid yang dikonversi menjadi vitamin A dan memiliki sifat antioksidan.