Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Khasiat Buah Manggis

Khasiat Buah Manggis

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Cara Memutihkan Selangkangan , Cara Menghilangkan Bau Mulut , Cara Menghilangkan Bau Ketiak , Cara Ampuh Mencegah Leukimia , Cara Membersihkan Miss V Yang Benar , Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur , Manfaat Menari Untuk Tubuh , Obat Alami Asam Urat , Manfaat Buah Manggis
Manfaat Buah Manggis

popularitas buah manggis kian menanjak karena kandungan sehatnya yang banyak diberitakan pada pariwara dan tayangan komersial di televisi. Buah yang dikenal dengan nama ilmiah Garcinia mangostana ini disebut-sebut endemik di kawasan Asia Tenggara, yang meliputi Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia serta di beberapa wilayah Afrika. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, buah manggis juga ternyata bermanfaat bagi kecantikan wajah Anda. Kekayaannya akan mafaat inilah yang membuat buah manggis dijuluki The Queen of Tropical Fruits. Nah berikut ini kami akan memberikan anda informasi mengenai Manfaat Buah Manggis yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan :

1. Untuk Mencegah Kanker

Manggis memiliki kandungan senyama xamtone yang merupakan salah satu senyawa anti kanker yang tentunya sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit kanker. Senyawa anti kanker dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terdapat pada usus besar dan usus hati, serta dapat memperlambat pertumbuhan sel berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit leukimia.

2. Mencegah Batu Ginjal

Mengkonsumsi buah manggis akan memberikan efek buang air kecil secara rutin. Maka dari itu dapat disimpulkan dengan mengkonsumsi buah manggis tentu dapat membantu menghindari penyakit batu ginjal.

3. Mencegah Timbulnya Jamur

Jamur merupakan suatu hal yang sangat mengganggu bagi setiap orang khususnya pada wanita. Dengan mengkonsumsi manggis secara teratur akan membuat kita terhindar dari bakteri atau jamur.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan tidak ada salahnya jika mencoba dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin dalam proses penurunan berat badan. Kandungan xanthone barmanfaat untuk melunakan sel-sel membrane yang telah membesar serta mengeras bersamaan dengan besarnya tubuh manusia.

5. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dan vitamin E, yang memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk kecantikan.

6. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kandungan zat Xanthone yang dimiliki oleh buah manggis membuat manggis menjadi salah satu obat kolesterol. Manggis dipercaya dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang berlebihan didalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah manggs yang kaya akan antioksidan dipercaya dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan seperti katarak dan glukoma, yakni gangguan yang diakibatkan oleh radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata.

8. Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Buah manggis dipercaya dapat memulihkan kembali pada konsidi pembuluh dara yang mengalami kehilangan keelastisitasannya, melalui antimikrobial dan antioksidan yang dimiliki oleh buah manggis. Sehingga, resiko terjadinya penyakit jantung dapat berkurang dan dapat dicegah dengan solusi mengkonsumsi buah manggis secara rutin.

9. Mengobati penyakit Asma

Penyakit asma tergolong penyakit yang darurat dan dapat berujung pada kematian, diakibatkan rusaknya sistem pada pernafasan. Bagi anda yang mengalami sesak nafas tidak ada salahnya jika anda mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi buah manggis ini. Sebab, buah ini dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan memiliki kandungan zat-zat yang dapat mengurangi alergi.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Cordyceps Militaris

Manfaat Cordyceps Militaris

Mengenal Cordyceps, Jamur yang Berpotensi Tangkal Corona ...

Cordyceps merupakan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Pada awalnya, tumbuhan herba ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang efektif dipakai sebagai penambah stamina. Saat ini, manfaat cordyceps juga diklaim dapat meringankan gangguan pernapasan dan membantu memelihara kesehatan.

Cordyceps sinensis dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang banyak digunakan di Tibet sejak abad ke-15. Tumbuhan ini adalah jamur yang melekat sebagai parasit pada ulat dan berasal dari dataran tinggi Sikkim Utara, India. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas apasaja Manfaat Cordyceps Militaris. Untuk itu bagi anda yang penasaran, maka simaklah ulasannya dibawah ini.

1. Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh

sistem kekebalan tubuh manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cordyceps dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan sistem imun. Selain itu, berdasarkan ulasan ilmiah pada tahun 2017, jamur ini juga bermanfaat bagi sistem imun karena dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan penyakit, seperti artritis, HIV, dan Crohn’s disease. 

Penelitian lain pada tahun 2015 juga menemukan cordyceps militaris dapat secara efektif meningkatkan mekanisme perlindungan tubuh dari serangan patogen (sel yang terinfeksi virus atau bakteri) dan racun. Ditambah lagi, penelitian ini menemukan bahwa jamur ini aman untuk dikonsumsi.

2. Bantu meningkatkan metabolisme saat beraktivitas fisik

olahraga untuk pemalas

Penelitian yang dilakukan di Xinxiang Medical College  menemukan bahwa cordyceps dapat meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) dalam tubuh yang penting untuk menyalurkan energi ke seluruh otot. Apabila otot mendapatkan energi yang dibutuhkan ketika bekerja, ketahanan tubuh dapat meningkat selama Anda bergerak.

Ketika produksi molekul ATP meningkat, tubuh lebih efektif dalam memanfaatkan oksigen, terutama ketika beraktivitas fisik, contohnya seperti saat berolahraga.

3. Jamur cordyceps militaris dapat digunakan untuk mengurangi reaksi peradangan

jamur cordyceps

Karena dasar dari jamur cordyceps militaris ini merupakan protein, penelitian menunjukkan ketika cordyceps masuk ke dalam sel tubuh, protein-protein yang meningkatkan reaksi peradangan di tubuh akan menurun. Namun, efek antiradang dari jamur masih harus diteliti lebih lanjut.

Studi lain yang meneliti manfaat cordyceps sebagai antioksidan menemukan bahwa jamur ini dapat secara efektif mengobati penyakit yang berhubungan dengan imunitas. Efek terapi dari jamur cordyceps juga dapat menekan penyakit autoimun dan alergi.

4. Menurunkan risiko penyakit pada saluran pernapasan

sistem pernapasan manusia

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak dari cordyceps militaris dan salah satu kandungannya, yaitu cordycepin, dapat meningkatkan hidrasi sekaligus melancarkan pembersihan lendir pada permukaan saluran pernapasan. Hal ini lalu dapat berpengaruh pada pencegahan berbagai penyakit pada saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (menyebabkan pengidap sulit bernapas).

Selain itu, pada beberapa studi telah ditemukan bahkan jamur satu ini dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, termasuk salah satunya adalah kanker paru-paru.

Mungkin belum banyak orang yang mempertimbangkan jamur ini sebagai suplemen untuk membantu mendukung kesehatan. Namun, dengan manfaat yang disediakan oleh jamur cordyceps, suplemen yang mengandung ekstrak jamur ini seharusnya masuk ke dalam salah satu pilihan suplemen sebagai sumber antioksidan.

Selain itu, jamur ini dapat membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, serta melindungi terjadinya gangguan kesehatan pada saluran pernapasan, seperti penyakit paru-paru. Jamur cordyceps militaris dapat menjadi alternatif pengobatan atau perawatan kesehatan herbal yang aman.

Categories
Makanan Kesehatan

Manfaat Chia Seed Untuk Anak

Manfaat Chia Seed Untuk Anak

Jual Organik Chia Seed Kemasan 20 kg - Organic Black Chia Seeds ...

Hampir semua orangtua pasti setuju bahwa memberikan anak berusia enam bulan ke atas makanan sehat adalah salah satu cara agar kebutuhan nutrisi anak terpenuhi. Salah satu jenis makanan yang cocok dengan kategori itu adalah chia seed. Apa saja ya manfaat chia seed untuk anak?. Berikut merupakan Manfaat Chia Seed Untuk Anak.

1. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak

Satu sendok makan (± 10 g) biji chia mengandung sekitar 2 g protein. Protein adalah salah satu nutrisi yang diperlukan dalam jumlah besar oleh anak. Bila tidak memperoleh asupan protein yang cukup, anak bisa mengalami gangguan atau perlambatan pada pertumbuhannya.

Selain itu, protein juga sangat penting untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan membuat sel-sel baru, serta melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Oleh karena hal-hal di atas, protein penting untuk selalu disertakan ke dalam menu harian anak.

2. Menyehatkan otak

Kandungan asam lemak omega 3 dalam biji chia sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak dan kualitas tidur anak. Kedua hal ini merupakan faktor pendukung perkembangan anak menjadi cerdas dan berprestasi. Dalam satu sendok makan chia seed terkandung sekitar 1,2 g asam lemak omega 3.

Selain itu, chia seed juga memiliki manfaat untuk menyehatkan jantung Si Kecil, lho, Bun. Asam lemak omega 3 dalam chia seed bisa mengontrol kadar kolesterol LDL dan lemak darah, terutama jika anak mengalami obesitas, sehingga menurunkan risiko anak mengalami penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Dalam satu sendok makan chia seed terkandung 5 g serat yang bahkan lebih tinggi dari kandungan serat dalam 1 buah apel. Kehadiran serat dalam makanan Si Kecil diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaannya. Serat berperan dalam melunakan feses agar Si Kecil tidak mengalami sembelit.

Serat juga membantu menormalkan gerakan usus dan membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga anak terhindar dari perilaku makan berlebih. Tak hanya itu, serat pada chia seed dapat mengontrol kadar gula darah saat makan, sehingga bisa menurunkan risiko anak terkena diabetes di kemudian hari.

4. Memperkuat tulang dan gigi

Satu sendok makan chia seed mengandung sekitar 7 mg kalsium dan 2 mg fosfor. Kedua mineral ini bekerja sama dalam membangun dan memperkuat tulang dan gigi anak.

Kalsium dan fosfor berperan penting dalam membuat tulang dan gigi Si Kecil agar tidak mudah keropos dan rapuh. Anak-anak yang tidak mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup sejak dini berisiko lebih tinggi mengalami rakitis.

Selain untuk menunjang kesehatan gigi dan tulang, kalsium juga dibutuhkan agar otot dan saraf anak bekerja dengan baik, serta pelepasan hormon dan enzim di dalam tubuhnya berjalan dengan lancar.

Chia seed memiliki rasa yang ringan, sehingga tidak akan mengganggu rasa secara keseluruhan bila dicampurkan ke dalam makanan atau minuman lainnya. Bunda bisa mencampurkan chia seed dalam makanan atau minuman kesukaan Si Kecil, seperti puding, kue kering, smoothies atau jus, dan selai.

Dengan mengetahui manfaat dari chia seed, kini Bunda bisa mulai mengenalkan biji-bijian ini pada makanan Si Kecil, ya. Namun, bila muncul tanda alergi pada anak setelah mengonsumsi chia seed, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan

Minum Rebusan Daun Mangga Campur Madu Bantu Obati 6 Penyakit

 Mangga adalah satu di antara buah yang sangat sering dijumpai di negara tropis seperti Indonesia. Mangga sering dimanfaatkan sebagai camilan atau makanan yang dapat memberikan efek kesehatan.

Tidak hanya buahnya saja yang nikmat dan bergizi. Daun mangga juga dapat Anda ambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Daun mangga dapat kita jadikan sebagai ramuan obat yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Daun mangga yang direbus dapat dijadikan obat herbal yang tidak memberikan efek samping apapun pada tubuh orang yang meminumnya, karena tidak mengandung zat kimia berbahaya.

Walaupun tidak semenarik jus mangga yang dibuat dari buahnya, daun mangga tetap kaya akan manfaat.

Ada beberapa manfaat daun mangga yang mungkin perlu Anda ketahui, beberapa di antaranya adalah dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mengobati diabetes. Berikut merupakan Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan.

1. Tingkatkan sistem imun.

8 Makanan penambah imun tubuh, antisipasi cegah Corona © 2020 brilio.net

Sejak munculnya pandemi Covid-19, semua orang fokus mencari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan sistem imun. Perlu kamu tahu, bahwa daun mangga ini juga mampu meningkatkan sistem imun.

Daun mangga memiliki kandungan polifenol dan terpenoid. Kedua kandungan ini bagus untuk meningkatkan sistem imun, membuat penglihatan lebih baik, serta sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas.

2. Memiliki sifat antikanker.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Senyawa mangiferin dalam daun mangga memiliki sifat anti-kanker. Sebuah studi dilakukan bagi para penderita kanker leukemia dan kanker paru-paru, kanker otak, kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker prostat. Dan hasilnya sangat signifikan terhadap penderita kanker. Namun kamu harus ingat, bahwa daun mangga bukan sebagai obat kanker.

3. Mengobati masalah lambung.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Salah lambung kerap dialami oleh banyak masyarakat. Nah, ternyata duan mangga memiliki manfaat untuk mengobati masalah lambung.

Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa pemberian ekstrak daun mangga dengan 113–454 mg per pon (250-1.000 mg per kg) dari berat badan menurunkan jumlah lesi di perut.

4. Mencegah penuaan.

Baik perempuan maupun laki-laki merasa takut menghadapi masalah penuaan terutama pada wajah. Estrak daun mangga ini dipercaya dapat mengurangi tanda penuaan. Kandungan antioksidan dan polifenol dalam daun mangga dapat memperlambat tanda penuaan pada wajah.

5. Merangsang pertumbuhan rambut.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Tidak semua orang terlahir dengan rambut yang tebal atau bisa jadi rambut menipis disebabkan oleh beberapa faktor. Nah untuk mendapatkan rambut yang tebal, kamu bisa menggunakan daun mangga. Kandungan antioksidan pada daun mangga dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan, sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut.

6. Meredakan peradangan.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Kandungan polifenol pada daun mangga memiliki sifat inflamasi. Peneliti menyebut, anti-inflamasi pada daun mangga dapat melindungi kesehatan otak dan mengatasi peradangan.

7. Mencegah obesitas.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Berkembangnya tren makanan membuat kita tidak mengontrol makanan yang dikonsumsi. Hal itu membuat tubuh kita lebih banyak lemak karena mengonsumsi makanan siap saji.

Namun, dengan mengonsumsi ekstrak daun mangga ini dapat mengelola obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik dengan mengganggu metabolisme lemak.

Peneliti menyebut ekstrak daun mangga memiliki ladar lemak yang lebih rendah dan kadar adiponektin yang lebih tinggi sehingga mampu meningkatkan metabolisme lemak dan pengaturan gula dalam tubuh.

8. Mengatasi penyakit diabetes.

Daun mangga © 2020 brilio.net

Ekstrak daun mangga dapat membantu mengelola diabetes karena efeknya pada gula darah dan trigliserida. Kadar trigliserida yang meningkat sering dikaitkan dengan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Kacang Merah Untuk Bumil

Manfaat Kacang Merah Untuk Bumil

Manfaat kacang merah saat hamil untuk pertumbuhan janin ...

Seperti yang kamu ketahui, para pelaku hidup sehat menjadikan kacang merah sebagai makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga pola makan sehat.

Hal itu nggak lain, karena kacang merah mengandung mineral dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Oleh karenanya, mengapa mengonsumsi kacang merah semasa kehamilan baik untuk ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut ini ada beberapa Manfaat Kacang Merah Untuk Bumil. Simak ulasannya dibawah ini.

Kacang merah (Phaseolus vulgaris) sering disebut kidney bean karena bentuknya yang menyerupai ginjal. Dalam masakan Indonesia, kacang merah kerap dijadikan sebagai campuran beberapa menu masakan, seperti sup dan rendang, serta minuman ringan, seperti es kacang merah.

Dalam seporsi kacang merah yang sudah dimasak (sekitar 100 gram), terkandung 100–130 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  • 7–8,5 gram protein
  • 20–25 gram karbohidrat
  • 5,5–7 gram serat
  • 0,5–1 gram lemak
  • 80–90 miligram (mg) kalsium
  • 6–7 miligram zat besi
  • 300–1.400 miligram kalium
  • 4,5–5 miligram vitamin C
  • Sekitar 400 mikrogram (mcg) folat

Selain beragam nutrisi di atas, kacang merah juga mengandung vitamin B, vitamin K, kolin, fosfor, mangan, zinc, dan magnesium. Karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, tak heran jika ada banyak manfaat kacang merah bagi ibu hamil.

Aneka Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beragam manfaat kacang merah yang bisa Bumil peroleh:

1. Mendukung perkembangan saraf dan otak janin

Kacang merah merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung folat. Folat yang juga dikenal dengan vitamin B9 ini berperan penting dalam menunjang pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Folat juga penting untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada saraf dan otak janin, seperti spina bifida. Selain mengandung folat, kacang merah juga mengandung kolin yang berperan penting dalam menunjang perkembangan otak janin.

Saat hamil atau sedang berencana untuk hamil, seorang wanita perlu memenuhi kebutuhan folat sehari-hari sebanyak 400–600mcg, terlebih pada trimester pertama kehamilan.

Asupan tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung folat, seperti kacang merah, buah, sayuran, telur, dan ikan, serta suplemen kehamilan.

2. Mencegah anemia

Zat besi, folat, dan vitamin B12 merupakan jenis nutrisi penting yang berperan dalam produksi sel darah merah. Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan memproduksi lebih banyak darah untuk menunjang kebutuhan nutrisi janin serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai organ tubuhnya.

Oleh sebab itu, ibu hamil perlu menambah asupan zat besi, folat, dan vitamin B12 lebih banyak agar jumlah sel darah merah yang dihasilkan tercukupi. Kekurangan zat besi, folat, dan vitamin B12 bisa menyebabkan produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan darah dan berisiko terserang anemia.

Kondisi anemia atau kurang darah saat hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur, cacat janin, bayi terlahir dengan berat badan rendah, hingga perdarahan pascabersalin. Agar jumlah sel darah merah tercukupi, ibu hamil perlu mendapatkan asupan 28–30 mg zat besi setiap harinya. Asupan zat besi tersebut bisa diperoleh dari kacang merah, daging, ikan, telur, atau suplemen zat besi yang diresepkan dokter.

3. Mencegah dan meredakan konstipasi

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang merah diketahui dapat mencegah dan mengurangi gejala konstipasi yang kerap dialami oleh ibu hamil. Tak hanya kacang merah, ibu hamil juga dapat mengonsumsi makanan berserat lainnya, seperti buah dan sayuran untuk mengurangi sembelit.

4. Mendukung pertumbuhan jaringan dan organ tubuh janin\

Kacang merah banyak mengandung protein, kalsium, dan karbohidrat kompleks. Nutrisi tersebut berperan penting dalam pembentukan jaringan dan organ tubuh janin. Kalsium pada kacang merah juga berperan penting dalam membentuk jaringan tulang dan gigi janin, serta memastikan tulang ibu hamil tetap sehat dan kuat.

5. Mengatasi kelelahan dan kram otot

Selama masa kehamilan, ibu hamil mungkin akan merasa cepat lelah dan sering kram. Untuk mengatasi keluhan tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi kacang merah karena makanan ini banyak mengandung magnesium. Magnesium merupakan mineral yang dapat membantu otot lebih rileks, sehingga dapat mengurangi keluhan kram.

Selain itu, kandungan karbohidrat dan kalium yang tinggi pada kacang merah juga dapat memberi lebih banyak tenaga kepada ibu hamil agar tidak mudah lelah.

6. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Salah satu manfaat kacang merah adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Ini berkat kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam kacang merah.

Kalium merupakan mineral yang berperan dalam mengatur tekanan darah agar tetap normal sekaligus mengatur irama detak jantung. Kekurangan kalium selama masa kehamilan diketahui dapat menjadi salah satu penyebab ibu hamil merasa cepat lelah, lemas, atau bahkan mengalami masalah pada irama jantung.

Saat hendak mengonsumsi kacang merah, pastikan Bumil sudah mencuci kacang merah hingga bersih dan memasaknya hingga matang sepenuhnya. Hal ini dikarenakan kacang merah yang mentah memiliki zat beracun yang disebut fitohemaglutinin. Racun ini bisa menyebabkan keracunan makanan.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil, Bumil juga disarankan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan. Semakin banyak variasi makanan yang dikonsumsi, semakin banyak pula jenis nutrisi yang bisa Bumil peroleh.

Untuk memastikan kondisi Bumil dan janin tetap sehat, serta mengetahui apakah nutrisi yang Bumil dapatkan sudah tercukupi, Bumil perlu rutin menjalani konsultasi kehamilan ke dokter kandungan.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Daun Seledri Untuk Bumil

Manfaat Daun Seledri Untuk Bumil

Seledri untuk ibu hamil, inilah 7 manfaat yang jarang diketahui ...

 Informasi awal kehamilan terkait pangan yang baik dikonsumsi penting untuk diketahui. Salah satu makanan yang direkomendasikan ialah seledri, berdasarkan informasi awal kehamilan.

Informasi awal kehamilan tersebut tentu berupa berbagai manfaat yang bisa diperoleh bila ibu hamil rutin mengonsumsi seledri. Seledri sendiri memang sayuran yang cukup dikenal sebagai penambah cita rasa, aroma, dan warna dalam masakan.

Walau seringkali dikonsumsi dalam jumlah sedikit, anda tidak bisa meragukan manfaat besarnya. Berikut merupakan Manfaat Daun Seledri Untuk Bumil.

1. Menurunkan tekanan darah

Sebagian ibu hamil berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Hipertensi ketika hamil, termasuk pada kondisi preeklamsia, dapat menurunkan aliran darah ke plasenta yang menyebabkan bayi kekurangan asupan nutrisi dan oksigen selama di kandungan dan lahir dengan berat badan rendah.

Kandungan phthalides dan kalium pada seledri memiliki manfaat untuk melemaskan jaringan dinding pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan aliran darah serta mengurangi tekanan darah. Untuk memperoleh manfaat ini, Bumil dianjurkan mengonsumsi kira-kira 4 batang seledri setiap hari.

2. Mencegah dehidrasi

Ketika hamil, kebutuhan cairan akan meningkat dibandingkan biasanya. Oleh karena itu, Bumil dianjurkan untuk tidak kekurangan cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi saat hamil merupakan kondisi yang serius karena bisa menyebabkan komplikasi, seperti cacat tabung saraf pada bayi, air ketuban sedikit, produksi ASI menurun, hingga persalinan prematur.

Seledri mengandung banyak air. Mengolahnya menjadi jus bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan Bumil. Namun, pastikan Bumil juga banyak minum air putih setidaknya 8–12 gelas per hari, ya.

3. Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat dan air pada seledri dapat menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. Nah, jika Bumil sering mengalami sembelit, mengonsumsi seledri bisa menghindarkan Bumil dari gangguan ini, lho.

Selain itu, serat juga memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga bisa menghindarkan Bumil dari keinginan makan camilan yang tidak sehat.

Seledri juga mengandung serat yang disebut apiuman. Serat ini terbukti dapat mengurangi gejala asam lambung naik yang sering terjadi pada ibu hamil, terutama di akhir kehamilan. Jadi, bagi Bumil yang memiliki masalah asam lambung, seledri bisa dimanfaatkan untuk meredakan keluhan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh Bumil. Bila daya tahan tubuh sedang lemah, beragam jenis penyakit bisa mengintai Bumil kapan saja. Oleh karena itu, Bumil dianjurkan untuk selalu menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi daun seledri. Tanaman ini kaya akan antioksidan, antiradang, serta vitamin C. Ketiganya mampu melindungi Bumil dari kerusakan sel dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Bumil tidak mudah sakit.

5. Melindungi ibu dari perdarahan pasca persalinan

Seledri juga mengandung vitamin K yang berperan dalam proses pembekuan darah dan dibutuhkan ibu hamil, terutama saat persalinan. Namun, kadar vitamin K justru cenderung menurun di trimester ketiga kehamilan.

Memenuhi kebutuhan vitamin K bisa melindungi Bumil dari perdarahan pasca persalinan atau perdarahan post partum yang kejadiannya kadang tak terduga. Di samping itu, vitamin K juga dibutuhkan dalam proses pembentukan jaringan tulang yang sehat, sehingga juga baik untuk bayi.

Mengonsumsi daun seledri sangat dianjurkan ketika hamil. Untuk memperoleh seledri yang baik, pilihlah seledri dengan batang yang kokoh dan mudah dipatahkan, serta daun yang segar dan berwarna hijau cerah. Jangan membeli seledri yang sudah berwarna kuning dan kecokelatan atau sudah busuk karena nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa ikut rusak.

Meski seledri sangat baik untuk kesehatan, beberapa orang memiliki alergi terhadap sayur ini. Jika Bumil salah satunya, jangan memaksakan diri untuk mengonsumsi seledri, ya. Lagipula, tubuh yang lebih sehat dan fit tidak bisa dicapai dengan hanya satu jenis makanan. Jadi, mengonsumsi beragam makanan sehat lainnya juga sama pentingnya.

Agar kehamilan tetap sehat hingga persalinan tiba, usahakan untuk beristirahat yang cukup dan berolahraga secara teratur. Selain itu, Bumil juga dianjurkan untuk melakukan kontrol secara rutin ke dokter sesuai dengan jadwal yang ditentukan agar kondisi kehamilan bisa selalu terpantau.

Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Manfaat Bayam Untuk Bayi

Manfaat Bayam Untuk Bayi

5 Wonderful Benefits Of Spinach You Never Knew - NDTV Food

Bayam yang kaya akan aneka nutrisi sudah bukan rahasia lagi. Beragam nutrisi membuat sayuran hijau ini punya segudang manfaat untuk bayi.

Bayam mengandung vitamin A, C, asam folat, asam pantotenat, dan niasin. Bayam juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh seperti potasium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Tak ada salahnya memperkenalkan bayam pada si buah hati. Zat besi merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak, sel saraf, dan sel darah merah. Nah, untuk mengetahui lebih jauh , berikut ini kami akan memberikan apasaja Manfaat Bayam Untuk Bayi.

Ragam Nutrisi yang Terkandung dalam Bayam

Bayam terkenal akan kandungan seratnya yang melimpah. Dalam seporsi bayam untuk bayi atau setara sekitar 30–50 gram bayam, terdapat sekitar 0,7–1 gram serat. Angka tersebut sudah setara dengan 8–9% kebutuhan serat harian bayi usia 1 tahun ke bawah.

Namun, manfaat bayam untuk bayi bukan hanya berasal dari seratnya. Masih ada sejumlah nutrisi penting lain yang juga banyak terkandung dalam bayam. Berikut ini adalah ragam nutrisi beserta jumlahnya yang terdapat dalam setiap 50 gram bayam:

  • Protein: 1–1,2 gram
  • Karbohidrat: 1,5–2 gram
  • Folat: 65–90 mcg (mikrogram)
  • Vitamin A: 200–250 mcg
  • Vitamin K: 200–230 mcg
  • Vitamin C: 8,5–10 mg (miligram)
  • Kalsium: 30­ mg
  • Zat besi: 0,8–0,9 mg
  • Kalium: 170–200 mg
  • Sodium: 30–35 mg
  • Magnesium: 30–35 mg
  • Fosfor: 15–20 mg

Selain nutrisi di atas, bayam juga mengandung zinc, selenium, vitamin E, serta antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Karena aneka nutrisi tersebut, manfaat bayam untuk bayi tidak perlu diragukan lagi.

Beberapa Manfaat Bayam untuk Bayi

Jika dikonsumsi sesuai porsi yang tepat, ada banyak manfaat bayam untuk bayi yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Menyehatkan mata

Berkat kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin A yang melimpah, bayam dapat menjaga kesehatan mata bayi dan mencegah kerusakan mata akibat paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, sejumlah penelitian bahkan menemukan bahwa kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin juga baik untuk mempertajam penglihatan pada bayi.

2. Menangkal efek radikal bebas

Radikal bebas bisa datang dari berbagai sumber, mulai dari zat sisa metabolisme tubuh hingga paparan polusi, misalnya dari asap kendaraan atau rokok.

Jika terpapar radikal bebas dalam jumlah yang banyak, bayi bisa mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pernapasan, gangguan tumbuh kembang, dan alergi.

Untuk mencegah efek buruk radikal bebas, Bunda dapat memberikan Si Kecil makanan yang kaya akan antioksidan. Beruntungnya, bayam mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, lutein, dan beta karoten. Kandungan tersebut menjadikan bayam baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan bayi.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C pada bayam tak hanya mampu menangkal efek radikal bebas, tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.

Di dalam tubuh bayi, vitamin C bertugas meningkatkan produksi sekaligus efektivitas sel darah putih yang berperan melawan kuman, virus, dan parasit penyebab infeksi atau zat berbahaya lain. Dengan demikian, bayi tidak mudah terserang penyakit.

Lebih dari itu, sejumlah penelitian menemukan bahwa vitamin C juga dapat mempercepat pemulihan pada luka dan membuat anak lebih cepat sembuh ketika terserang batuk pilek.

4. Mencegah anemia

Bila bayi mengalami kerontokan rambut, bisa jadi itu disebabkan oleh kekurangan zat besi dan folat. Kekurangan kedua asupan nutrisi tersebut bisa menyebabkan anemia. Hal ini bisa membuat bayi tampak lemas dan rambutnya jadi lebih banyak rontok.

Tubuh membutuhkan folat dan zat besi untuk menghasilkan sel darah merah. Selain itu, folat juga berperan untuk merangsang pembentukan rambut. Ketika jumlah sel darah merah berkurang, jumlah oksigen yang terbawa ke sel-sel rambut akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan rambut bayi menjadi rontok.

Bayam merupakan jenis makanan yang bersumber dari tumbuhan dengan kandungan zat besi dan folat tinggi. Oleh karena itu, dengan rutin memberikannya bayam, Bunda dapat mencegah Si Kecil dari anemia dan rambut rontok.

5. Mempercepat pemulihan luka

Bayi sangat rentan terluka, misalnya akibat merangkak di lantai yang kasar atau terjatuh. Hal ini umum terjadi pada bayi dan memang sangat sulit untuk sepenuhnya dicegah.

Rutin memberikan bayam akan membantu bayi ketika mengalami luka. Pasalnya, kandungan vitamin K pada bayam yang melimpah berperan dalam proses pembekuan darah sehingga membuat luka lebih cepat sembuh.

6. Membuat tulang menjadi lebih kuat

Susu bukanlah satu-satunya asupan yang dapat memperkuat tulang karena kandungan kalsiumnya yang melimpah. Pasalnya, kalsium juga bisa diperoleh dalam jumlah yang banyak dari bayam. Hampir 40% kebutuhan kalsium harian bayi terpenuhi hanya dengan mengonsumsi sekitar 50–60 gram bayam.

7. Melancarkan kinerja sistem pencernaan bayi

Selain berbagai manfaat di atas, bayam juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan bayi karena mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan asupan serat yang tercukupi, bayi akan tercegah dari sembelit. Asupan serat dari bayam atau buah dan sayuran lainnya juga penting untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan bayi.

Karena mengandung banyak nutrisi, ada banyak juga manfaat bayam untuk bayi. Jika Si Kecil menolak untuk mengonsumsi bayam ketika pertama kali diberikan, Bunda jangan berkecil hati. Cobalah untuk memberinya bayam lagi beberapa hari berikutnya atau coba olah bayam menjadi makanan lain, seperti bubur saring atau puree.

Jika Si Kecil tetap tidak mau makan bayam atau susah makan sehingga membuat berat badannya susah naik, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan saran terkait cara memberikan Si Kecil MPASI dan meningkatkan nafsu makannya.

Categories
Makanan Kesehatan

Makanan Alami Pencegah Flu

Makanan Alami Pencegah Flu

Musim peralihan seperti saat ini memang menjadi waktu yang cukup krusial bagi daya tahan tubuh kita, girls! Jika kita tidak menjaga kesehatan dengan benar maka salah satu penyakit yang paling sering menganggu tubuh adalah flu. Ditandai dengan kepala pusing, suhu tubuh yang meningkat, tubuh lemas, serta mata berair penyakit ini sebenarnya bisa kamu cegah lho, girlsYuk simak Makanan Alami Pencegah Flu dibawah ini.

1. Pepaya.

penyakit flu © 2018 brilio.net

Pepaya memang dikenal memiliki khasiat yang bagus bagi tubuh. Salah satunya dianggap sangat manjur untuk melancarkan pencernaan. Pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C dan anti-oksidan yang dipercaya untuk kekebalan tubuh dan bisa menghindarkan dari flu.

2. Yoghurt.

penyakit flu © 2018 brilio.net

Yoghurt selama ini dipercaya memiliki manfaat bagi tubuh yaitu melancarkan pencernaan. Selain itu bakteri baik dalam yoghurt mampu menjaga kekebalan tubuh seseorang sehingga terhindar dari flu.

3. Jahe.

penyakit flu © 2018 brilio.net

Bukan rahasia lagi minuman dengan seduhan jahe menjadi obat berbagai penyakit, salah satunya flu. Minuman jahe juga membantu kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah menuju otak yang sering terganggu ketika flu menyerang.

4. Buahan-buahan sitrus.

penyakit flu © 2018 brilio.net

Sitrus adalah buah yang rasanya sedikit asam namun segar. Kandungan vitamin C dalam buah sitrus mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

5. Teh hijau.

penyakit flu © 2018 brilio.net

Rasa teh hijau memang tak semua orang menyukainya, karena tak seperti rasa teh pada umumnya. Namun kamu jangan langsung tak suka begitu saja. Teh hijau memiliki manfaat sebagai anti-oksidan dari polypenol dan catechin yang bisa mencegah diri dari berbagai virus, sehingga kamu bisa bebas dari flu.

Categories
Makanan Kesehatan

Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Sejumlah makanan tertentu dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem imun yang kuat dapat melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit. Di tengah pandemi Covid-19, tubuh membutuhkan sistem imun yang kuat sebagai salah satu alat pertahanan diri melawan virus corona. Nah, Tradisional ini akan memberitahu anda bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh salah satunya dengan makanan, untuk itu bagi anda yang penasaran, maka simak ulasan Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh dibawah ini.

1. Bawang putih.

cocok buat pekerja keras © 2018 Istimewa

Diketahui salah satu bumbu masakan yang sering kali digunakan dalam masakan Indonesia ini mempunyai zat alami antivirus dan bakteri yang bernama allicin. Jika kamu sedang sakit tenggorokan disarankan untuk mengonsumsi bawang putih agar cepat sembuh. Selain itu, bawang putih juga bisa mencegah kanker lho!

2. Kayu manis.

cocok buat pekerja keras © 2018 Istimewa

Selam ini kayu manis lebih sering dikenal sebagai bahan penambah rasa atau aroma dalam makanan dan minuman. Akan tetapi, ternyata kayu manis juga bermanfaat sebagai anti virus, anti bakteri serta anti jamur. Kulit kayu manis mengandung minyak yang bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan. Kayu manis juga diketahui bisa membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh yang berguna ketika suhu dingin menyerang dan sebagai penghilang racun dalam tubuh.

3. Bayam.

cocok buat pekerja keras © 2018 Istimewa

Jenis sayur yang kerap dihindari oleh anak kecil ini mempunyai kandungan nutrisi tinggi yang ternyata dapat meningkatkan imunitas. Kandungan nutrisinya berfungsi sebagai gardu listrik sumber tenaga dalam tubuh. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk. Disarankan untuk mengonsumsi bayam dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

4. Brokoli.

cocok buat pekerja keras © 2018 Istimewa

Sama-sama berasal dari jenis sayuran hijau, brokoli juga mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi. Brokoli mampu meningkatkan imunitas tubuh seseorang hingga dua kali lipat dibanding jenis sayuran yang lainnya. Diketahui brokoli mengandung asam amino kolin yang membantu menjaga fungsi sel agar tetap baik dan meningkatkan kesehatan pada lapisan usus.

5. Yoghurt.

cocok buat pekerja keras © 2018 Istimewa

Jenis dessert yang memiliki cita rasa cenderung asam ini sangat baik dikonsumsi saat pagi hari karena akan menambah kekebalan tubuh. Yoghurt mengandung probiotik yang mampu meningkatkan imunitas dan baik bagi pencernaan. Menurut pakar kesehatan, 70 sampai 80% imunitas tubuh berasal dari pencernaan. Untuk mempunyai imunitas yang kuat, seseorang harus benar-benar memiliki pencernaan yang baik dan seimbang.

Categories
Makanan Kesehatan

Makanan Alami Penghilang Varises

Makanan Alami Penghilang Varises

Varises adalah penyakit pembuluh darah yang tidak bisa disepelekan. Kondisi ini bukan hanya mengganggu penampilan saja, tapi juga bisa menimbulkan rasa nyeri dan bengkak di area yang terkena. Jika tidak diobati dengan cara yang tepat, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius. Lantas, bagaimana cara menghilangkan varises? Yuk, Berikut ini TradisionalSehat akan memberikan daftar Makanan Alami Penghilang Varises, untuk itu simak ulasannya dibawah ini.

1. Alpukat.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Masalah pada tekanan darah dan kram bisa terjadi karena kekurangan zat elektrolit seperti kalium dan magnesium. Alpukat kaya akan kalium, kamu dapat mengurangi varises di kaki dengan cara sering mengonsumsi alpukat.

2. Makanan pedas.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Kamu suka mmakanan pedas? Makanan pedas juga dapat membantu kamu mengurangi varises loh. Karena makanan yang pedas dapat membantu aliran darah kamu lancar dan sirkulasi darah menjadi teratur.

3. Ikan tuna, teri dan salmon.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Ikan tuna, teri maupun salmon kaya akan asam lemak omega 3. Omega 3 dapat membantu menyehatkan jantung yang berarti akan membuat aliran darah mancar. Ketika aliran darah menjadi lancar tidak akan ada lagi pelebaran pembuluh darah di kaki.

4. Minyak zaitun.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Kunci utama menghilangkan varises adalah meningkatkan sirkulasi darah. Nah minyak zaitun juga dapat membantu kamu mengurangi varises. Tidak hanya dengan di konsumsi, minyak zaitun juga dapat kamu oleskan ke varises kamu. Pijat halus kaki dengan minyak zaitun dua hari sekali maka sirkulasi darahmu akan lancar dan varises hilang.

5. Cuka apel.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Cuka apel juga ampuh untuk menghilangkan varises. Cuka apel dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah. Tapi tidak untuk di konsumsi, cukup oleskan pada daerah yang varises lalu pijat lembut sebelum tidur dan bangun tidur.

6. Bawang putih.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Bawang putih sangat baik untuk mengurangi peradangan dan gejala varises. Ini juga membantu memecah racun berbahaya di pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi.

Caranya cukup mudah hancurkan beberapa siung bawang putih, tambahkan perasan jeruk nipis dan mnyak zaitun secukupnya. Masukkan campuran tersebut ke dalam toples dan diamkan selama 12 jam dan kamu bisa oleskan campuran itu sebelum tidur.

7. Stroberi.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin C. Antioksidan berfungsi untuk memperkuat pembuluh darah dan melawan peradangan. Antioksidan juga dapat menjaga kesehatan arteri. Selain itu vitamin C juga bermanfaat sebagai antiperadangan.

8. Sayur-sayuran hijau.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Sayur-sayuran hijau kaya akan serat. Serat dalam sayur berfungsi untuk membuat jantung lebih sehat. Mengonsumsi sayur-sayuran hijau dapat menguatkan tekanan darah. Hal ini dapat membantu menurunkan resiko varises dan membut peredaran darah menjadi lancar.

9. Parsley.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Parsley atau peterseli kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat mendorong produksi kolagen. Parsley juga mengandung senyawa rutin yang berperan penting untuk memperkuat kapiler.

Caranya, cincang segenggam parsley dan rebus dengan segelas air. Jika sudah dingin saring dan tambahkan minyak zaitun. Kamu dapat mengoleskannya setiap hari ketika malam hari.

10. Jeruk.

10 Makanan alami ini bisa hilangkan varises © 2019 brilio.net

Jeruk mengandung flavonoid yang dapat mengatasi gangguan kardiovaskular dengan cara meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan tekanan darah arteri. Konsumsi jeruk agar mengurangi varisesmu dan agar peredaran darahmu lancar.