Makanan Kemasan Menyebabkan Penyakit

Makanan Kemasan Menyebabkan Penyakit

Image result for Makanan Kemasan Menyebabkan Penyakit

Siapa yang tidak pernah mengonsumsi makanan kemasan? Mulai dari susu, jus, daging olahan, buah-buahan, sampai makanan ringan, semuanya sudah ada dalam bentuk kemasan. Tak dapat disangkal baha makanan kemasan sudah menjadi bagian dalam kehidupan banyak orang. Tapi, di baik segala kemudahan itu, ada banyak bahaya makanan kemasan yang mengintai kesehatan tubuh Anda. Simak artikel berikut ini mengenai Makanan Kemasan Menyebabkan Penyakit .

  1. Obesitas

Menurut Current Obesity Reports, konsumsi makanan olahan dalam kemasan bisa menyebabkan dampak serius seperti obesitas. Hal ini karena makanan yang diolah dengan proses yang cepat akan merusak nutrisi di dalamnya. Kemudian makanan ini akan membuat tubuh mengalami masalah sindrom metabolik dan risiko tekanan darah tinggi. Ditambah lagi dengan kadar kolesterol dalam makanan yang sulit untuk diturunkan.

  1. Kanker

Semua jenis daging yang diproses seperti daging delly, hot dog, sosis dan daging kemasan lain bisa menyebabkan risiko kanker perut, kanker pencernaan dan jenis kanker yang lain. Fakta ini telah dibenarkan oleh American Cancer Society dari banyaknya laporan yang masuk ke kantor ini. Semua jenis daging ini telah melewati berbagai proses seperti pengasinan, fermentasi dan asap sehingga bisa memiliki jangka kadaluarsa yang lama. Namun sayangnya proses tersebut justru menyebabkan munculnya karsinogen pemicu kanker.

  1. Stroke

Stroke ternyata sangat berhubungan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan olahan. Salah satunya adalah makanan yang mengandung garam dan sodium yang tinggi. Namun rasanya sulit untuk menghilangkan dua bahan ini dari semua jenis makanan kemasan. Efek buruk ini ternyata akan lebih parah lagi jika makanan kemasan dikonsumsi dengan buah dan sayuran segar. Faktanya justru bisa menyebabkan tekanan darah tinggi akibat kadar kalium yang sangat tinggi.

  1. Penyakit Jantung

Biasanya makanan olahan atau makanan kemasan memang mengandung kadar natrium yang sangat tinggi. Kebiasaan mendapatkan natrium yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan risiko stroke. Termasuk juga jika makanan olahan yang dikonsumsi sudah mengandung lemak trans yang sangat tinggi. Jadi ini ancaman yang sangat serius, salah satunya adalah ancaman serangan jantung.

  1. Kematian Dini

Dari data yang didapatkan oleh hasil studi JAMA Internal Medicine tahun 2019, ternyata konsumsi makanan olahan bisa menyebabkan kematian dini. Penelitian ini dilakukan di Prancis dengan jumlah responden adalah lansia yang berumur panjang. Ternyata para lansia ini sangat jarang atau tidak sama sekali makan makanan olahan. Penyebab dari masalah ini bahwa konsumsi makanan olahan menyebabkan tubuh menderita beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Tips Terhindar dari Makanan Olahan

  1. Kosongkan dapur dan kulkas Anda dari semua jenis makanan olahan seperti kue, snack, makanan ringan, daging kemasan, bakso instan, dan semua jenis makanan kemasan lain.
  2. Ganti stok kulkas Anda dengan sayuran, buah dan makanan segar lain.
  3. Usahakan untuk mengolah atau memasak makanan Anda sendiri sehingga lebih menyehatkan.
  4. Kenalkan anak-anak dengan makanan sehat dan buat makanan mereka menjadi lebih menarik baik itu dari sayuran, buah, kacang-kacangan dan jenis makanan sehat lain.