Makanan Dan Minuman Penyebab Amandel

Makanan Dan Minuman Penyebab Amandel

Image result for Amandel

Radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi di mana amandel mengalami peradangan atau inflamasi. Meski umumnya dialami oleh anak-anak usia 3 sampai 7 tahun, radang amandel juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil yang ada di tenggorokan. Organ ini berfungsi untuk mencegah infeksi, khususnya pada anak-anak. Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga fungsi amandel mulai tergantikan. Ketika fungsinya tergantikan, amandel secara perlahan akan menyusut. Nah berikut ini kami akan membahas seputar Makanan Dan Minuman Penyebab Amandel yang wajib anda ketahui .

1. Makanan Cepat Saji

Berbagai jenis makanan cepat saji dapat memicu terjadinya radang amandel, terutama karena kandungan lemak jahat di dalamnya. Makanan cepat saji yang juga dikenal dengan sebutan junkfood seringkali menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, dan tidak memberikan manfaat apapun bagi tubuh selain rasa nikmat yang hanya dirasakan sementara saja.

2. Makanan Pedas

Rasa pedas dari makanan dapat menyebabkan amandel terasa panas sehingga lebih mudah mengalami peradangan. Rasa pedas tidak hanya memberikan efek langsung pada amandel, namun juga dapat memicu penyakit lambung yang dapat memperparah inflamasi pada amandel. Selain makanan yang pedas, makanan yang panas juga sebaiknya dihindari.

3. Makanan Manis dan Asin

Rasa makanan memang ditentukan dari kadar gula dan garam yang ditambahkan, namun bukan berarti kita dapat mengkonsumsinya tanpa batasan. Memakan manisan dan makanan yang diasinkan dapat menyebabkan dan memperburuk penyakit amandel, karena itu sebaiknya makanlah makanan yang kadar gula dan garamnya masih dalam batas wajar.

4. Minuman Dingin

Penyakit amandel sebenarnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, sehingga terjadi peradangan dan amandel membengkak. Pembengkakan tersebut akan bertambah parah, jika seseorang mengkonsumsi air dingin. Hal ini dikarenakan kondisi yang dingin membuat bakteri dan virus yang menyerang amandel semakin mudah untuk berkembang biak. Lebih baik jika kita minum air hangat untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Makanan Kaleng

Makanan kaleng juga turut mempengaruhi seseorang mengalami gejala awal amandel, karena makanan kaleng biasanya sudah ditambahkan bahan pengawet agar dapat bertahan lama. Bahan pengawet dan bahan tambahan makanan kimia lainnya dapat memperburuk kondisi amandel sehingga penyakit amandel akan bertambah parah.

6. Minuman Soda

Orang-orang sebaiknya juga tidak mengkonsumsi minuman bersoda, apalagi jika sebelumnya memang memiliki riwayat penyakit amandel. Minuman soda mengandung banyak pemanis, juga gas dan pewarna sehingga dapat memicu peradangan pada amandel.

7. Makanan Asam

Makanan asam memang tidak secara langsung dapat memicu amandel membengkak, namun kandungan asam dari makanan dapat memicu penyakit asam lambung atau GERD, dimana gas lambung dapat naik ke tenggorokan dan mengiritasi kelenjar amandel. Kondisi ini dapat menyebabkan amandel meradang kemerahan disertai rasa nyeri yang cukup kuat sehingga penderitanya tidak nafsu makan.

Makanan dan minuman penyebab amandel di atas sebaiknya dihindari, agar penyakit amandel dapat dicegah. Jika sampai terjadi, perawatan radang amandel harus dilakukan segera agar tidak bertambah parah. Penyakit amandel yang dibiarkan berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, jadi menghindari penyebabnya adalah langkah yang tepat untuk dilakukan.