Categories
Makanan Tak Sehat

Makanan Berpotensi Keracunan

Makanan Berpotensi Keracunan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah
Makanan Berpotensi Keracunan

Keracunan makanan adalah penyakit yang disebabkan oleh karena mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan berbahaya/toksik atau yang terkontaminasi. Kontaminasi bisa oleh bakteri, virus, parasit, jamur, toksin. Berikut ini kami akan memberikan informasi Makanan Yang Berpotensi Keracunan Hingga Kematian . Untuk itu berhati – hatilah saat memilih makanan , yuk simak beberapa ulasan yang akan kami berikan berikut ini mengenai Makanan yang beracun :

1. Almond
Kacang almond menjadi salah satu camilan diet yang membantu menurunkan berat badan. Tapi harus hari-hati juga mengonsumsi kacang ini karena ternyata ada jenis almond yang pahit. Jenis almond tersebut mengandung hidrogen sianida dengan jumlah yang besar. Mengonsumsi 7 hingga 10 almond pahit mentah, dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan bagi orang dewasa, dan bisa mematikan jika dikonsumsi oleh anak-anak.

2. Kentang Hijau
Jangan sembarangan makan kentang. Pilih kentang yang warnanya cokelat dan tampak sudah ranum setelah dipetik. Jangan membeli kentang yang berusia muda dan masih berwarna hijau karena memiliki zat racun glycoalkaloids. Zat ini biasanya ditemukan di bunga kecubung, juga ditemukan di dalam daun, batang, dan kecambah kentang. Zat tersebut terbentuk ketika membiarkan kentang dalam waktu lama hingga tumbuh tunas dan terpapar cahaya. Keracunan glycoalkaloid dapat menyebabkan kram, diare, pusing, atau bahkan koma dan kematian. Hanya dengan mengonsumsi tiga sampai enam miligram zat tersebut, dapat mengakibatkan hal fatal.

3. Singkong
Jangan mengonsumsi singkong dalam keadaan mentah atau setengah matang karena mengandung zat berbahaya bernama sianida yang dapat mengancam keselamatan nyawa. Itulah mengapa kamu harus makan singkong dalam keadaan benar-benar matang agar tidak keracunan.

4. Mangga
Mengejutkan bukan, mangga bisa menimbulkan keracunan? Ternyata mangga yang tergolong dalam genus Anacardiaceae bisa menghasilkan zat yang dikenal sebagai urushiol, zat putih dan lengket dari buah mangga. Orang yang alergi terhadap urushiol akan mengalami kulit ruam atau melepuh.Bagi mereka yang mengalami hipersensitivitas, sensitifnya respon imun, bahkan tidak hanya mengalami ruam, tapi juga berisiko mengalami syok anafilaksis, yaitu suatu reaksi alergi yang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau bahkan kematian.

5. Biji Ceri
Meski dikenal mana dikonsumsi, namun jangan coba-coba makan biji ceri, karena ternyata bisa mengandung senyawa sianida. Biji dari buah ceri mengandung komponen cyanogenic yang mengeluarkan hidrogen sianida. Satu buah ceri mengandung 0,17 gram sianida di dalam bijinya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tak mengunyah biji yang sudah terlanjur berada di dalam mulut.

6. Tuna
Menjadi komoditas pangan yang terkenal, bukan berarti tuna tidak menyimpan bahaya. Ikan tuna menjadi berbahaya karena tercemar dengan zat merkuri yang terdapat di lautan. Keracunan merkuri bisa menimbulkan reaksi mual, muntah, ruam kulit hingga kematian dalam dosis berlebih. Itulah mengapa sebaiknya tidak mengonsumsi tuna sering-sering.