Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Makanan Alami Cegah Autoimun

Makanan Alami Cegah Autoimun

Penyakit autoimun adalah jenis penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan bisa menyerang siapa pun tanpa kenal usia. Ini menyebabkannya menyerang sel-selnya sendiri di dalam tubuh anda. 

Ketika masalah ini terjadi, biasanya ada respons yang berlebihan terhadap zat dan jaringan anda sendiri.  Dengan kata lain, tubuh anda sedang mencoba mempertahankan dirinya.

Tak hanya lupus, ada sekitar 80 jenis penyakit autoimun. Diantaranya seperti rematik, radang usus, diabetes mellitus tipe 1, psoriasis, tiroid, dan masih banyak lagi. Gejala penyakit autoimun ini pada umumnya adalah kelelahan, demam, terjadi pembengkakan. kemerahan, peradangan kronis, nyeri otot dan sendi, serta merasa terlalu panas tanpa alasan yang jelas.

Menurut penelitian, 80% penyakit autoimun ternyata lebih rentan menyerang perempuan, anda. anda pasti tak ingin mengalami atau menderita penyakit autoimun tersebut.

Untuk itu, anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi 6 makanan dan minuman alami yang dapat memerangi penyakit autoimun dan akan membantu anda meningkatkan kualitas hidup kesehatan secara keseluruhan. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Makanan Alami Cegah Autoimun , berikut ulasannya dibawah ini.

1. Telur.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Telur merupakan makanan sehat. Beragam nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh ada di dalam telur, seperti zat besi, vitamin A, D, E dan K. Namun sayangnya banyak orang yang menghindari makanan sahat satu ini dengan alasan takut berlebihan berat badan dan sebagainya.

Intinya jangan berlebihan mengonsumsi makanan ini. Mengonsumsi telur bisa menjaga kesehatan pada orang tubuh manusia seperti mata, otak, organ hati dan kulit. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencegah penyakit autoimun.

2. Kelapa.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Kelapa mengandung banyak vitamin dan mineral, anti oksidan dan serat yang sangat berguna sebagai antivirus dan anti bakteri. Bagi penderita autoimun, kelapa bisa menjadi santapan mereka dalam sajian makanan apapun.

Namun tetap harus diingat, penderita autoimun harus menghindari gula, sehingga harus teliti dalam memilih makanan meskipun itu mengandung kelapa. Minyak kelapa juga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh bagi penderita autoimun.

3. Asparagus.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Seperti yang diketahui bahwa asparagus merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin A, C, serat dan folat. Bagi penderita autoimun atau yang ingin menceghnya dengan asparagus adalah pilihan tepat. Di mana kandungan glutathione dalam asparagus sangat berguna untuk mengatasi penyakit autoimun. Glutathione merupakan senyawa yang berguna untuk melawan kanker dan pembengkakan.

4. Wortel.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Wortel merupakan tanaman yang mengandung betakaroten yang berfungsi mencegah penyakit ini. Selain wortel kamu juga bisa mengkonsumsi makanan sejenis yakni ubi jalar, aprikot, bayam, labu, kale.

5. Minum teh.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Beberapa jenis teh seperti teh hijau dan teh hitam sangat ampuh untuk mencegah dan mengurangi penyakit autoimun. Pasalnya kedua jenis teh tersebut mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat seperti flavonoid, katekin dan theaflavin.

6. Jahe.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Jahe memang dikenal sangat baik untuk mengatasi kesehatan. Di mana salah satunya dapat dijadikan obat alami untuk mencegah penyakit autoimun. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan karena menghambat prostaglandin, menurunkan sitokin dan memproduksi kemokin.

7. Apel.

Makanan alami cegah autoimun istimewa

Apel juga merupakan obat alami untuk mencegah penyakit autoimun, karena apel kaya akan quercetin. Di mana unsur tersebut dapat mengurangi reaksi alergi dan mengurangi pembengkakan, yang merupaka dua katakteristik umum yang menyebabkan penyakit autoimun.

Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buah lainnya yang mengandung quercetin, seperti buah beri, anggur merah, bawang merah.