Macam Obat Tradisional & Khasiatnya

Macam Obat Tradisional & Khasiatnya

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Meredakan Flu  , Manfaat Goji Berry , Makanan Yang Membuat Awet Muda , Tips Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh , Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat , Makanan Dan Minuman Pencegah Kanker , Tips Menyembuh Benjolan Pada Mata , Makanan Yang Mengandung Banyak Kalium , Khasiat Teh Rosella Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Migrain Termujarab , Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan , Macam Obat Tradisional & Khasiatnya , Obat Tradisional Atasi Kemaluan Sakit , Obat Tradisional Awet Muda , 3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan , Cara Mengatasi Mual Saat Hamil , Penyebab Kanker Payudara , Makanan Penurun Kolestrol , Buah Yang Bagus Untuk Bumil , Tips Mengatasi Gigi Ngilu , Gejala Penyakit Gondongan , Gejala Demam Berdarah , Obat Tradisional Untuk Kudis

Macam Obat Tradisional & Khasiatnya

Kita semua tahu bahwa Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dan tanah yang subur yang membuat negara kita ini dianugrahi beragam tumbuhan. Termasuk juga tanaman rempah-rempah yang menjadi ciri khas negara agraris ini. Sejak zaman dahulu nenek mpyang kita sudah menggunakan beragam jenis tumbuhan yang digunakan untuk mengobati penyakit luar maupun dalam.

Seiring berjalannya waktu dan semakin modernya jaman, saat ini semakin sedikit orang yang menggunakan tanaman obat untuk mengobati penyakitnya. Mereka lebih memilih berobat dengan obat modern yang tanpa kita sadari mengandung zat kimia di dalamnya, bahkan ada yang berobat sampai ke luar negeri demi kesembuhan. Padahal bila mengkonsumsi obat dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyakit lain. Ditambah biaya pengobatan saat ini yang semakin mahal, oleh karena itu obat-obatan dari tanaman tradisional ini mungkin bisa dijadikan alternatif untuk mengobati penyakitmu. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Macam Obat Tradisional & Khasiatnya :

Buah dan Kulit Manggis

Buah Manggis secara tradisional digunakan untuk pengobatan luka, wasir, dan sariawan dan dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, dibuat sirup, jus, atau sari buah. Buah Manggis memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi Sedangkan kulit manggis mengandung zat Xanthone yang efektif menangkal radikal bebas sehingga dapat menurunkan risiko kanker.

Daun Kumis Kucing

Daun Kumis Kucing segar maupun kering bermanfaat sebagai bahan obat-obatan. Kumis kucing berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit sifilis, batu ginjal, encok, rematik, kencing manis, masuk angin, sembelit.

Buah Jambu Biji

Banyak penyakit yang dapat diobati oleh buah dan daun Jambu Biji yaitu luka baru, sakit kulit, sariawan, masuk angin, diare, maag, dan diabetes mellitus. Caranya adalah 8 lembar daun jambu biji dan 1 buah jambu biji dipotong empat bagian, direbus dengan 1,5 liter air mendidih, disaring, kemudian diminum airnya pada pagi, siang, dan sore hari.

Jahe

Tanaman yang merupakan satu dari 10 Obat Tradisional mengandung Senyawa Oleoresin atau Gingerol yang bersifat antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menghambat oksidasi kolesterol. Caranya ambil jahe sebesar ibu jari, rebus dengan 2 gelas air mendidih, tambahkan gula aren, diminum tiga kali sehari.

Sambiloto

Sistem pengobatan India Kuno atau Ayurveda mencantumkan Sambiloto sebagai herba medis. Sambiloto efektif untuk melindungi hati, menekan pertumbuhan sel kanker, memperbaiki aliran darah penyakit jantung, menurunkan demam, mengobati TBC, radang usus, dan kencing manis.

Temulawak

Tanaman obat asli Indonesia ini telah lama digunakan oleh nenek moyang kita selama turun-temurun sebagai obat pegal-pegal, kembung, maag, diare, sakit kuning, menurunkan lemak darah. Pemerintah bahkan pernah mencanangkan “Gerakan Minum Temulawak” karena senyawa Curcuminnya efektif sebagai antiradang alami dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mahkota Dewa

Kandungan senyawa flavonoid berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, mengobati diabetes, menurunkan asam urat, menghambat sel kanker, dan menghambat pertumbuhan Leukimia.

Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih mentah atau mencampurkannya dalam masakan efektif untuk menjaga stamina tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, meredakan stres dan kecemasan, serta mengurangi risiko penyakit kanker.

Kencur

Manfaat Kencur adalah untuk mengobati batuk atau mengencerkan dahak. Caranya cuci bersih 10 gram Kencur kemudian diparut lalu ditambahkan madu dan 2 sdm air hangat. Minum 2-3 kali sehari hingga sembuh.

Daun Sirih

Nenek moyang kita menggunakan daun sirih dicampur dengan kapur sirih dan gambir untuk menguatkan gigi dengan kebiasaan “nyirih”. Selain itu, manfaat daun sirih adalah untuk mengatasi bau mulut dan radang gusi caranya dengan merebus 5 lembar daun sirih dan rebusannya digunakan untuk kumur-kumur. Daun Sirih juga berkhasiat untuk mengencangkan organ kewanitaan, mengobati keputihan, dan mencegah kanker serviks, caranya dengan merebus 7 lembar daun sirih dan airnya digunakan untuk cebok atau dengan meminumnya setiap hari sebelum tidur.
Ternyata mudah sekali mendapatkan 10 Obat Tradisional ini. Tanaman ini banyak tumbuh di sekitar kita namun selama ini kita mungkin belum mengetahui dan memanfaatkannya untuk pengobatan.