Categories
Makanan Kesehatan

Khasiat Takokak Untuk Mata

Khasiat Takokak Untuk Mata

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Daun Jeruk Nipis , Manfaat Bawang Merah , Manfaat Telur Itik , Cara Menghentikan Perdarahan Luka , Obat Mimisan Alami  , Ciri Ciri Radang Tenggorokan Parah , Gejala Sinusitis Akut dan Kronis , Penyebab Anosmia Paling Berbahaya , Bahaya Mie Instan Yang Mematikan , Bahaya Formalin Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Jeruk Lemon , Manfaat Daun Pandan , Manfaat Coklat Bagi Kesehatan , Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Naga , Manfaat Daun Tespong , Bahan Alami Mengatasi Gatal , Obat Tidur Alami , Obat Pertolongan Pertama Yang Aman , Obat Pelancar Haid , Manfaat Kembang Kol , Manfaat Daun Selada , Manfaat Minyak Ikan , Manfaat Buah Anggur , Makanan Penderita Kolesterol Tinggi , Bahaya Ikan Tuna , Tips Awet Muda Untuk Pria , Cara Mengobati Rematik Secara Alami , Khasiat Lidah Buaya Untuk Kulit , Makanan Pencegah Kanker Getah Bening , Efek Samping Jahe , Bahaya Infeksi Saluran Kencing , Ciri Ciri Gagal Ginjal , Ciri Ciri Lelaki Subur , Manfaat Pare Untuk Kolesterol , Menepuk Nepuk Wajah untuk Kecantikan , Manfaat Minum Jus Tomat Sebelum Tidur , Makanan Untuk Badan Tidak Lemas , Khasiat Buah Mengkudu , Bahaya Mencabut Bulu Kemaluan , Efek Minuman Bersoda Bagi Wanita Menstruasi , Tanda Tanda Kanker Serviks , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Manfaat Kayu Manis Cina , Cara Menghilangkan Mata Bintitan , Manfaat Bunga Serai Merah , Cara Mengobati Keputihan Dengan Tradisional , Jamu Untuk Batuk , Cara Mudah Melakukan Detox , Manfaat Yakult , Khasiat Takokak Untuk Mata , Manfaat Wortel Untuk Mata , Manfaat Buah Rambutan
Khasiat Takokak Untuk Mata

Takokak atau terung pipit (Solanum torvum Sw.) adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinyadipakai sebagai sayuran atau bumbu. Nama dalam perdagangan internasional tidak baku, beberapa di antaranya adalah turkey berry(“buni turki”) atau mini-eggplant (“terung mini”). Berikut ini kami akan memberikan anda apa saja Khasiat Takokak Untuk Mata :

  1. Mencegah Mata Minus atau Rabun Jauh

Selain bisa menggunakan manfaat daun sirih untuk mata rabun, mata minus bisa terjadi karena abnormalitas otot siliaris mata sehingga menyebabkan mata tidak dapat melihat benda dari jarak jauh dan pandangan akan terlihat buram atau kabur. Jika mata minus ini terjadi, maka penderita harus menggunakan kaca mata agar bisa melihat dengan lebih jelas. Salah satu cara terbaik untuk mencegah mata minus ini bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi vitamin A lebih banyak seperti yang terkandung dalam takokak.

  1. Mencegah Katarak

Katarak merupakan salah sat*u penyakit mata yang sering dialami banyak orang khususnya orang tua. Katarak disebabkan karena pengapuran lensa mata yang menyebabkan timbulnya lapisan penghalang di lensa mata tersebut sehingga menghalangi retina untuk menerima cahaya dan semakin lama berpotensi mengembangkan komplikasi yakni kebutaan. Untuk mengatasi masalah katarak ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air rebusan tekokak secara teratur atau bisa menggunakan manfaat tomat untuk mata.

  1. Mencegah Rabun Senja

Rabun senja merupakan penurunan fungsi retina sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat dengan jelas pada malam hari. Kandungan senyawa retinol dalam vitamin A buah takokak akan berguna untuk meningkatkan metabolisme dan juga memperbaiki sel mata sehingga fungsi dari retina bisa kembali normal baik pada siang hari maupun malam hari.

  1. Meningkatkan Metabolisme Mata

Seperti yang kita ketahui, manfaat vitamin A pada takokak sangat baik untuk meningkatkan metabolisme di hampir seluruh sel mata sehingga selalu terjaga kesehatannya seperti halnya manfaat wortel untuk mata. Dengan mengkonsumsi takokak seperti di tumis atau dibuat menjadi masakan, maka metabolisme mata bisa dijaga kesehatannya.

  1. Mencegah Infeksi Mata

Vitamin A yang terkandung dalam takokak juga sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi mata. Vitamin A yang merupakan antioksidan akan menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan infeksi mata potensial. Vitamin A dalam takokak juga bermanfaat untuk mengatasi mata kering sebab bisa bekerja seperti halnya obat tetes mata yang berharga mahal.

  1. Mencegah Perkembangan Stargardt

Penelitian di Columbia University Medical Center pada tahun 2011 membutktikan jika vitamin A yang merupakan sumber antioksidan bisa mencegah perkembangan dari penyakit Stargardt yang merupakan jenis penyakit warisan. Penyakit ini bisa membuat penderita kehilangan penglihatan kronis meskipun masih berusia sangat muda. Meskipun stargardt adalah penyakit langka yang diturunkan dalam degradasi makula namun tetap harus diwaspadai yang ditandai dengan deposit kekuningan tidak beraturan pada kutub posterior.

  1. Mengatasi Retinitis Pigmentosa [RP]

Vitamin A tinggi yang ada dalam takokak juga sangat bermanfaat untuk memperpanjang penglihatan pada seseorang yang menderita retinitis pigmentosa. Peningkatan penglihatan akan semakin membaik jika mengkonsumsi vitamin A secara teratur seperti mengkonsumsi buah takokak ini setiap hari.

Manfaat takokak untuk mata yang terasa pahit ini ternyata menyimpan banyak khasiat untuk penyakit mata dan juga menjaga kesehatan mata. Untuk cara pengolahan takokak sendiri bisa di rebus, dibuat sayur, di tumis atau di olah menjadi berbagai masakan nikmat untuk di konsumsi sehari hari.