Khasiat Sayur Gambas Untuk Kesehatan

Khasiat Sayur Gambas Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Obat Alami Infeksi Saluran Kencing , Pemicu Kanker , Cara Alami Mengatasi Sleep Apnea , Obat Alami Jari Tangan Kaku , Khasiat Sayur Gambas Untuk Kesehatan , Manfaat Rendam Kaki Dengan Air Garam , Gangguan Kesehatan Saat Bergadang , Makanan Untuk Penderita Diabetes , Obat Tradisional Malaria , Bahan Alami Mengatasi Sakit Mata , Ramuan Pembersih Paru Paru , Obat Alami Kulit Gatal Kurap , Bahan Alami Mengatasi Sakit Tumit , Obat Alami Mengatasi Sakit Punggung , Kenali Kanker Usus Halus , Kenali Vertigo

Khasiat Sayur Gambas Untuk Kesehatan

Gambas atau oyong (Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae), adalah komoditi sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur. Tahukah anda , syur ini selain bisa dimasak juga bisa dijadikan sebagai obat – obatan lho . Berikut ini kami akan memberikan anda informasi seputar Khasiat Sayur Gambas Untuk Kesehatan :

Sebagai makanan kaya serat sayuran gambas juga memiliki efek baik bagi kesehatan. Pada artikel sebelumnya telah dibahas beberapa manfaat sayur gambas atau oyong secara umum, antara lain :

  1. Melancarkan peredaran darah
  2. Membantu menyembuhkan radang usus
  3. Membantu menyembuhkan radang tenggorokan
  4. Membantu menyembuhkan radang rongga telinga
  5. Membantu menyembuhkan cacingan
  6. Memperbanyak kandungan ASI pada ibu yang sedang menyusui.

Ke – 6 manfaat di atas merupakan manfaat umum dari oyong atau gambas. Beberapa hanya menggunakan bagian biji dan bubuk oyong saja. Namun, ada cara lain untuk menikmati gambas atau oyong ini, yaitu dengan cara disayur. Berikut ini adalah beberapa jenis masakan yang mengandung unsur sayur gambas :

  1. Tumis gambas
  2. Sayur bening gambas dan misoa
  3. Sebagai lalapan

Apa saja kandungan gizi dan manfaat lain dari sayur gambas?

Sebagai salah satu jenis sayuran hijau, tentu saja sayur gambas menyimpan berbagai nutrisi dan manfaat yang baik bagi tubuh kita. Apa saja kandungan gizi tersebut? Dan apa manfaatnya bagi tubuh kita? Berikut ini kandungan gizi dan manfaat yang terkandung pada sayur gambas :

  1. Vitamin A

Sayur gambas memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, ia merupakan makanan yang mengandung vitamin A paling tinggi , dan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A setiap harinya. Sayur gambas sendiri mengandung 380 IU Vitamin A per 100 gr penyajian sayur gambas. Hal ini tentu akan membantu pemenuhan kebutuhan vitamin A dalam sehari. Berikut ini manfaat dari vitamin A :

  • Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu merawat dan mencegah gangguan pada mata
  • Memperhalus kulit
  • Dapat menangkal penyakit malaria
  • Zat anti aging
  • Anti Oksidan
  1. Vitamin B1

Mungkin kandungan vitamin B1 di dalam sayur gambas tidak terlalu banyak, namun tetap saja dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B1. Dalam 100 gr penyajian sayur gambas, terkandung 0.03 mg vitamin B1. Vitamin B1 sendiri dapat memberikan manfaat :

  • Membantu proses oksidasi di dalam tubuh
  • Memberikan energy bagi tubuh
  • Menjaga daya tahan tubuh
  1. Vitamin C

Sayur gambas merupakan jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Walaupun memang tidak setinggi kandungan vitamin C pada buah – buahan, namun tetap saja kandungan vitamin C pada sayur gambas dapat anda andalakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari. 100 gr sayur gambas mengandung 8 mg Vitamin C bagi tubuh. Berikut ini manfaat dari vitamin C untuk tubuh kita :

  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Mencegah terjadinya sariawan dan panas dalam
  • Menurunkan kandungan kolestrol dalam tubuh
  • Mencegah terjadinya berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan hipertensi.
  1. Zat Besi

Sayur gambas, ternyata juga memiliki kandungan zat besi yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh kita. Dalam 100 gr sayur gambas, terkandung 1 mg zat besi. Zat besi ini memliki fungsi untuk mmebantu menambah daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Kalsium

Beberapa sayuran hijau memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tubuh. Walaupun memang tidak setinggi kalsium yang terkandung pada produk susu, namun paling tidak kalsium yang terkandung dalam sayur gambas dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. 100 gr sayur gambas mengandung 19 mg kalsium. kalsium sendiri berguna untuk :

  • Membantu pertumbuhan tulang
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Mencegah osteoporosis
  1. Fosfor

Kandungan lain yang juga penting bagi tubuh yang terdapat di dalam sayur gambas adalah kandungan fosfor. 100 gr sayur gambas memiliki 33 mg zat fosfor. Apa saja manfaat fosfor bagi tubuh kita? Berikut ini manfaatnya :

  • Membantu menjaga kekuatan tulang
  • Mencegah osteoporosis
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi

Selain ke – 6 bahan utama di atas, sayur gambas juga memiliki kandungan – kandungan gizi lain yang juga berguna bagi tubuh kita, walaupun hanya sedikit, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dari protein, karbojidrat dan lemak :

  • Menambah tenaga
  • Membantu pertumbuhan otot
  • Sebagai sumber kalori utama untuk beraktivitas

Sayur gambas memiliki banyak sekali manfaatnya. Dan juga perlu diperhatikan bahwa, sayur gambas merupakan jenis sayuran yang memiliki nutrisi tinggi, namun dengan kandungan lemak, karbohidrat dan kalori yang rendah, sehingga sayur gambas dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin melakukan diet sehat.

  1. Kalori. 100 gr sayur gambas mengandung hanya 18 kkal, jumlah yang rendah untuk jenis sayuran yang memiliki banyak sekali nutrisi baik bagi tubuh .
  2. Lemak. Kandungan lemak pada sayur gambas hanya sebanyak 0.2 gr per 100 gr penyajian sayur gambas.
  3. Karbohidrat. Dalam 100 gr sayur gambas, kandungan karbohidratnya cukup rendah, yaitu hanya sekitae 4.1 gr saja.

Untuk lebih memperoleh manfaat dari sayur gambas, anda dapat menambahkan bahan – bahan makanan lain yang bergizi tinggi ke dalam sayur gambas, seperti :

  1. Bawang merah dan bawang putih
  2. Daging ayam atau sapi
  3. Telur
  4. Kendang
  5. Kaldu ayam murni