Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Khasiat Ramuan Obat Daun Kremah

Khasiat Ramuan Obat Daun Kremah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Ramuan Tradisional Susah Buang Air Kecil , Obat Tradisional Sakit Lutut , Obat Tradisional Sakit Mata Merah , Obat Tradisional Sakit Kuning , Cara Mengobati Amandel , Cara Mengobati Radang Mata , Obat Disentri Tradisional , Obat Tradisional Diabetes Melitus , Khasiat Ramuan Obat Daun Kremah , Cara Mengeluarkan Cacing Kremi , Obat Tradisional Membersihkan Rahim , Obat Tradisional Radang Usus , Jamu Tradisional Setelah Bersalin , Obat Tradisional Syaraf Kejepit , Ramuan Tradisional Penghilang Uban , Jamu Ngompol Untuk Anak , Resep Membuat Sirup Obat Batuk , Resep Obat Cacing Tradisional , Mengobati Keputihan Dengan Delima , Jamu Tradisional Epilepsi
Khasiat Ramuan Obat Daun Kremah

Kremah merupakan herba/semak berbatang banyak, yang tingginya mencapai 1 m. Kremah dapat pula tumbuh secara merambat atau mengapung. Akarnya putih-kecoklatan, dan berjenis tunggang. Panjang batangnya mencapai ± 30 cm. Bentuk batangnya bulat, masif, beruas-ruas, dengan warna hijau-kekuningan. Daunnya majemuk, saling berhadapan, ujung dan pangkal runcing, berwarna hijau dan memiliki panjang antara 1-15 cm, lebar 5 cm, yang juga berbulu halus. Pertulangan daun berbentuk menyirip. Bunganya majemuk, kcil, berbentuk bulir, terletak di ketiak daun daun ujung batang, bertangkai silidris, berwarna putih/keunguan dengan masa berbunga sepanjang tahun. Buahnya bulat dan hitam. Kremah mirip dan berkerabat dengan bayam merah yang dipergunakan sebagai tanaman obat dan tanaman hias. Nah berikut ini kami akan memberitahukan anda apasaja Khasiat Ramuan Obat Daun Kremah :

Manfaat daun kremah telah sejak zaman kuno digunakan sebagai obat herbal karena bersifat diuretik, pendinginan, tonik dan pencahar. Beberapa manfaat rumput kremah antara lain sebagai berikut:
  1. Daun kremah digunakan sebagai obat penyakit disuria, atau  rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil.
  2. Tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit hemoroid atau wasir.
  3. Daun dan batang kremah dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, dan mengobati penyakitnya.
  4. Rumput kremah digunakan sebagai ramuan pembuatan minyak rambut dan tonik. Untuk memperkuat dan menyehatkan rambut, serta mencegah terjadinya uban dini.
  5. Mengkonsumsi daun kremah dapat menambah nafsu makan. Sangat baik untuk menambah berat badan atau membantu penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Dapat digunakan sebagai obat terapi Glossitis Atrofi, atau gangguan lidah yang ditandai dengan permukaan lidah tampak licin (aus).
  7. Sangat baik digunakan untuk menghangatkan tubuh, terutama untuk penyembuhan masuk angin dan kurang darah.
  8. Selain itu, manfaat daun kremah juga membantu melancarkan peredaran darah. Dapat menghancurkan lemak yang menyumbat pembuluh darah karena kaya serat.
  9. Sejak dahulu, daun kremah telah digunakan sebagai herba untuk mengobati radang perut. Termasuk krema perut dan penyakit melena, gangguan pencernaan yang ditandai dengan keluarnya darah bersamaan dengan feces.
  10. Mengkonsumsi daun kremah ternyata dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak, menambah daya ingat untuk anak dan dewasa.
  11. Rasa daun kremah yang khas dapat menyegarkan nafas dan mulut, melegakan tenggorokan.

 

Spesis Alternanthera sessilis (krema) hampir mirip dengan Aerva lanata, yang juga merupakan keluarga Amarantheceae. Sehingga banyak orang terkadang keliru dalam penggunaan manfaat daun kremah sebagai obat tradisional. Perbadaannya terletak pada bentuk bunga, dimana bunga Alternanthera sessilis (Kremah) terletak diatas batang dan bentuknya bulat. Bunga kremah terlihat seperti mata ikan (Matsyakshi).
Dibeberapa negara Asia, manfaat daun kremah telah dibudidayakan untuk makanan, obat-obatan herbal, pakan ternak, dan sebagai tanaman hias. Varietas krema merah digunakan sebagai hiasan, dan terkadang diletakkan kedalam akuarium. Di Asia Tenggara, daun tunas muda telah lama dikonsumsi sebagai sayuran, begitu pula di Tamil dan wilayah India.