Khasiat Makan Telur Rebus

Khasiat Makan Telur Rebus

Image result for Telur Rebus

Sarapan pagi dengan mengonsumsi telur bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merasa kenyang lebih lama. Manfaat makan telur diketahui membuat perut kenyang lebih lama karena kendungan protein dalam telur, dibandingkan dengan protein dalam gandum.

Sebutir telur memiliki sekitar 70 kalori dan mengandung sekitar 6 gram protein, 5 gram lemak, dan 186 miligram kolesterol. Berikut ini kami akan membahas seputar Khasiat Makan Telur Rebus .

  1. Menyehatkan Otak

Mengonsumsi telur rebus nyatanya bisa menjadi cara menjaga kesehatan otak secara alami dan efektif lho. Ada kandungan mineral dan vitamin tinggi di dalam telur rebus yang siap memaksimalkan fungsi otak maupun mengembalikan fungsi yang sempat menurun. Pastikan mengonsumsinya rutin agar fungsi memori, sel otak, dan sistem saraf terjaga baik.

  1. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Zeaxanthin dan juga lutein, yakni dua jenis antioksidan esensial terkandung di dalam telur. Maka dengan merebusnya, kita bisa tetap mendapatkan manfaat nutrisi tersebut saat menikmati telur rebus. Nutrisi itulah yang penting sebagai cara menjaga kesehatan mata dari dalam sekaligus menjadi proteksi bagi mata dari bahaya sinar ultraviolet yang otomatis mampu mengurangi potensi katarak.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Jangan lupa bahwa makan telur rebus akan memberi tubuh asupan asam amino sehingga tubuh mampu menggunakan protein dengan maksimal. Ketika protein dipakai tubuh dengan mudah, otomatis metabolisme pun terdorong dan mengalami peningkatan.

  1. Mendukung Perkembangan Janin

Makan telur rebus matang untuk para ibu hamil juga sangat berguna lho untuk perkembangan organ tubuh janin selama di kandungan. Perkembangan otak janin dapat terjadi secara sempurna dan bahkan kandungan pada telur akan mencegah bayi lahir cacat pula.

  1. Menjaga Berat Badan

Karena telur rebus adalah sumber protein tinggi yang juga pemberi energi bagi tubuh, mengonsumsinya akan memberi efek kenyang yang lebih lama sehingga keinginan untuk makan sering apalagi bakal tertekan. Ini menjadikan telur rebus patut dikonsumsi bagi yang ingin menjaga berat badan atau tengah mencari cara menurunkan berat badan yang alami.

  1. Membangun Kekuatan Otot

Makan telur rebus bagi yang rajin berolahraga atau yang sedang diet dan ingin membentuk otot maka akan sangat menguntungkan. Telur rebus tak hanya membantu menstabilkan berat badan, tapi juga berguna dalam mencegah penurunan massa otot serta mendukung kekuatan otot agar meningkat.

  1. Mendukung Pertumbuhan Kuku dan Rambut Sehat

Telur rebus yang dikonsumsi rutin pun memberi keuntungan untuk pertumbuhan rambut dan kuku yang lebih sehat. Ini karena ada kandungan antioksidan, vitamin D dan sulfur tinggi bersama dengan mineral dan vitamin lainnya yang ditawarkan pada kuku dan rambut agar terjaga kesehatannya.

  1. Meningkatkan Kadar HDL

Saat kadar HDL rendah dan LDL yang tinggi, ini pertanda yang cukup buruk lho karena itu artinya kolesterol jahat jauh lebih tinggi di dalam tubuh. Makan telur rebus 2 butir setiap hari bermanfaat meningkatkan kadar HDL sehingga risiko penyakit jantung serta gangguan kesehatan serius lainnya dapat dihindari.

  1. Mengatasi Perut Kembung

Sering merasakan perut terasa penuh akibat kembung? Ada kemungkinan hal ini terjadi sebagai efek mengonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat terlalu sering. Makanlah telur rebus entah itu sebagai sarapan atau di jam makan lainnya agar tidak mengemil atau menikmati makanan lainnya yang tak sehat. Saat rasa kenyang tahan lama tanpa berlebihan, perut akan terasa lebih nyaman dan tidak akan mudah kembung.

Jadi, manfaat makan telur rebus bagi kesehatan tubuh begitu banyak bukan? Baik itu untuk jantung, otak, berat badan, rambut maupun kuku bisa merasakan manfaatnya. Maka mengonsumsi telur rebus setiap hari tak akan membuat kita menyesal, namun juga jangan sampai berlebihan sebab cukup 2-4 butir dalam sehari.