Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan

Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan , Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan

Lengkuaslaos atau kelawas (Karo) (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum. Berikut adalah Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan :

1. Mengandung senyawa flavon untuk mengobati penyakit kulit

Lengkuas memiliki senyawa flavon yang disebut galangin.Senyawa ini memiliki sifat antijamur,anti inflamasi dan antimikroba untuk mencegah penyakit kulit.Penyakit yang disebabkan oleh jamur dan mikroba seperti kurap dapat disembuhkan dengan ramuan lengkuas ini. Kamu hanya perlu mengoleskannya secara rutin pada kurap yang diderita.

2. Memiliki antibakteri in vitro untuk menghambat sel tumor

Senyawa galangin ini memiliki antitumor yang dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Kemampuan antibakteri dapat digunakan dalam mengobati tumor payudara secara in vitro. Kamu dapat menjadikan lengkuas sebagai teh hangat yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Manfaatkan kemampuan antitumor ini untuk menghindari tumor berbahaya.

3. Meredakan flu, batuk, dan sakit tenggorokan

Lengkuas dapat digunakan untuk mengobati flu, batuk dan sakit tenggorokan.Rasanya yang hangat akan membuat pernapasan lega. Dalam pengobatan Cina, lengkuas dipercaya dapat mengobati penyakit ini. Zat antivirus yang dikandung senyawa flavon dalam lengkuas dapat menyembuhkan flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

4. Memperlancar aliran darah dan menjaga kesehatan jantung

Lengkuas dapat melancarkan aliran darah yang masuk ke jantung. Hal ini akan membuat kesehatan jantung terjaga. Mengonsumsi teh lengkuas secara teratur akan membantu masalah aliran darah.Terapi ini mudah dilakukan mengingat lengkuas tidak sulit ditemukan .

5. Mengandung mineral untuk kesehatan rambut dan kulit

Lengkuas memiliki mineral seperti besi, kalium, mangan, tembaga, selenium dan magnesium.Mineral ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Selain itu, kulit akan terasa hangat dengan kandungan zat pada lengkuas ini.

Khasiat ini harus kamu dapatkan dengan mengonsumsi lengkuas. Menyajikannya sebagai teh, ramuan jamu atau dihaluskan langsung menjadi obat tradisional harus kamu coba. Nikmati kebaikan dari alam yang memberikan segudang manfaat.