Khasiat Kunyit Asam

Khasiat Kunyit Asam

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Waspadai Efek Samping Daun Sirsak , Bahaya Vaping , Khasiat Kunyit Asam , Manfaat Jamur Lingzhi , Totok Wajah Untuk Mengobati Migrain , Mengenal Akupresur Dan Manfaatnya , Obat Tradisional Angioedema , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Eksim Yang Ampuh , Obat Tradisional Tangan Kesemutan , Obat Mata Minus Tradisional , Obat Tradisional Darah Rendah

Khasiat Kunyit Asam

Bagi masyarakat Indonesia, kunyit adalah salah satu bumbu makanan yang memiliki warna dan cita rasa yang khas. Sedangkan asam biasa digunakan untuk mengatasi gangguan perut hingga masalah kantong empedu. Namun, tahukah Anda jika kedua bahan alami tersebut dicampurkan atau lebih dikenal dengan kunyit asam, dapat mengatasi berbagai kondisi kesehatan? Apa saja Khasiat Kunyit Asam yang bisa Anda dapatkan? Berikut ini ulasannya :

Khasiat Kunyit yang Dahsyat

Selain yang sudah dibahas sebelumnya, ternyata kunyit masih menyimpan manfaat dahsyat yang perlu Anda ketahui. Manfaat-manfaat tersebut meliputi:

Meringankan infeksi

Sebenarnya antimikroba pada kunyit dapat dimanfaatkan untuk melawan jamur, parasit, dan bakteri. Keunggulan ini menjadikan kunyit bersifat antiseptik untuk melindungi luka atau luka bakar dalam upaya meringankan infeksi. Sayangnya, untuk mengobati luka atau luka bakar, tidak bisa menggunakan minuman kunyit asam. Untuk mendapatkan efek antiseptik ini, luka luar pada kulit diolesi dengan kunyit yang sudah dijadikan pasta atau bubur.

Melindungi usus dan lambung

Kunyit juga “ramah” terhadap organ pencernaan. Kunyit telah terbukti dapat meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Lebih jauh lagi, rempah ini dapat mencegah timbulnya tukak lambung. Jika tukak lambung telanjur terbentuk, kunyit bisa membantu meredakannya.

Antikanker

Jangan remehkan kurkumin yang ada pada kunyit sebagaimana manfaatnya dapat mencegah perkembangan tumor, terutama pada kasus kanker usus besar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki sifat yang sama dengan komponen penghambat perkembangan sel-sel tumor yang baru saja ditemukan. Mengingat perkembangan ilmu medis yang menyatakan terapi dengan target multiple lebih baik dibandingkan terapi target tunggal, kunyit bisa dijadikan terapi tambahan. Walau demikian, konsultasikan penggunaannya terlebih dahulu dengan dokter.

Menghambat penyakit yang berhubungan dengan usia

Pada otak penderita Alzheimer terdapat perkembangan suatu protein abnormal, yaitu beta-amyloid. Penelitian telah membuktikan bahwa kurkumin dapat menghambat pertumbuhan protein tersebut sekaligus membantu menghilangkannya. Namun sayangnya, kurkumin dinilai tidak dapat membantu menghapus gejala-gejala apabila seseorang telah mengidap Alzheimer.

Lalu Bagaimana dengan Khasiat Asam?

Masih ada beberapa manfaat asam lainnya di bidang kesehatan. Misalnya mengobati gangguan empedu, obat pencahar ringan, mengobati penyakit usus, infeksi tenggorokan, dan antiracun tertentu. Belum cukup sampai di sini, asam kerap dimanfaatkan sebagai obat untuk wasir dan gangguan akibat defisiensi vitamin C juga.

Bila digabungkan dengan bahan atau obat lain, asam juga dapat digunakan sebagai obat kusta. Namun untuk yang satu ini, penggunaannya bukan dengan cara diminum, melainkan dioleskan pada kulit. Manfaat-manfaat dari asam ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Oleh karenanya, konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya untuk tujuan tersebut.

Melihat dahsyatnya masing-masing manfaat pada kunyit dan asam, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi kunyit asam yang sudah diracik sebagai minuman. Rasanya yang segar dan efeknya yang menyehatkan badan menjadi keunggulan produk ini. Yang perlu diingat, meskipun Anda menyukai minuman ini, jangan mengonsumsi berlebihan. Bagaimana pun, mengonsumsi makanan atau minuman yang berlebihan akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.