Khasiat Jeruk Limau Mencegah Kanker

Khasiat Jeruk Limau Mencegah Kanker

Cancer Causes, Types, Treatment, Symptoms & Signs

Jeruk limau umumnya dijadikan pelengkap bumbu kacang di siomay. Selain memiliki citarasa khas, kecut, dan pahit, buah satu ini juga memiliki  aroma segar yang menggoda. Tak hanya itu, jeruk limau ternyata juga memiliki segudang manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak berbagai Khasiat Jeruk Limau dalam Mencegah Kanker di bawah ini.

1. Meningkatkan imunitas
Jeruk limau kasturi
Kaya akan vitamin C, limau kasturi sering digunakan untuk meningkatkan imun tubuh sejak dulu. Kandungan antioksidan dan antibakterial dalam limau kasturi juga dapat menstimulasi produksi sel darah putih, dan melawan dampak buruk radikal bebas.
2. Mengontrol gula darah
Jeruk limau kasturi
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Science and Research, limau kasturi dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dan insulin ke dalam aliran darah. Sehingga, kadar gula darah dapat terkontrol. Karenanya, buah ini baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.
3. Menurunkan berat badan
Ilustrasi timbangan berat badan
Limau kasturi telah lama dikenal manfaatnya dalam menurunkan berat badan. Tak hanya meningkatkan metabolisme, mengkonsumsi limau kasturi juga dapat mengeluarkan racun tubuh yang berpengaruh pada penyimpanan lemak. Campurkan air perasan limau dengan teh tawar panas dan minumlah secara rutin.
4. Meningkatkan kesehatan pernapasan
Jeruk limau kasturi
Kadar asam sitrus yang tinggi pada air limau, membantu mengurangi dahak dan lendir penyebab infeksi. Selain itu, limau kasturi juga bisa membantu meredakan peradangan di tenggorokan dan saluran pernapasan.
5. Mengontrol kadar kolesterol
Jeruk limau kasturi
Selain menjaga kestabilan gula darah, limau kasturi dapat membantu mengontrol kadar kolesterol tubuh. Tingkat kolesterol yang stabil akan membuat kita terhindar dari sindrom metabolik. Konsumsi limau kasturi juga dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke.
6. Mendetoks tubuh
Jeruk limau kasturi
Air limau kasturi dipercaya dapat menstimulasi urin dan membersihkan organ hati. Bukan itu saja, kandungan antimirobanya juga bisa meningkatkan kinerja hati, ginjal, dan kantong empedu dalam membersihkan sisa racun tubuh.
7. Meningkatkan produksi kolagen
Jeruk limau kasturi
Limau kasturi kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan produksi kolagen. Senyawa kolagen ini berperan dalam memproduksi jaringan, otot, dan sel-sel tubuh. Perasan airnya dapat menghasilkan asam askorbat yang mempercepat penyembuhan luka, cedera, atau bekas operasi.