Khasiat Echinacea Untuk Tubuh

Khasiat Echinacea Untuk Tubuh

Bunga echinacea merupakan salah satu jenis bunga dari keluarga daisy yang banyak digunakan sebagai suplemen kesehatan. Biasanya bunga ini digunakan sebagai obat untuk membantu memerangi flu dan pilek. Apa lagi manfaat buang echinacea yang baik untuk kesehatan?

Echinacea adalah bunga yang juga dikenal sebagai sebutan coneflower di Amerika. Ramuan bunga ini biasanya tersedia di toko obat, apotek, atau di pasar swalayan dengan bentuk pil, ramuan herbal kering, atau bahkan teh.

Bunga ini memiliki campuran zat aktif yang kompleks, beberapa di antaranya disebut antimikroba. Sementara kandungan lainnya diyakini memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh manusia. Berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda apasaja Khasiat Echinacea Untuk Tubuh .

1. Meningkatkan imunitas tubuh

6 Khasiat Echinacea, Herbal Ampuh untuk Tingkatkan Imunitas

Echinacea mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan dengan mengurangi peradangan dan penyakit menular. Analisis yang dilakukan oleh University of Connecticut dengan melakukan studi pada 14 jenis Echinacea berbeda menemukan bahwa mengonsumsi Echinacea meningkatkan imunitas dan mengurangi kemungkinan terkena flu biasa hingga 58 persen serta memotong durasi pilek hampir setengah hari.

2. Mengurangi gangguan masalah kesehatan mental

6 Khasiat Echinacea, Herbal Ampuh untuk Tingkatkan Imunitas

Ekstrak Echinacea memiliki efek antidepresan. Penelitian yang dilakukan oleh Institute of Experimental Medicine Budapest menemukan bahwa Echinacea mampu mengurangi kecemasan ringan pada 32 orang dewasa yang sehat yang mengonsumsi ektrak Echinacea selama 7 hari.

Dalam hal masalah yang terkait dengan ADD dan ADHD, Echinacea angustifolia adalah spesies yang disarankan untuk digunakan dimana penderita ADD/ADHD mungkin mengalami gangguan emosional seperti fobia sosial, depresi dan kegelisahan.

3. Membantu lawan infeksi jamur, bakteri dan parasit

6 Khasiat Echinacea, Herbal Ampuh untuk Tingkatkan Imunitas

Echinacea juga merupakan obat yang ampuh untuk membunuh banyak infeksi. Menurut National Institutes of Health (NIH), mengoleskan krim obat yang mengandung ekstrak Echinacea dapat mengurangi tingkat infeksi vagina yang berulang sebesar 16 persen.

Echinacea mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans serta memiliki aktivitas anti-bakteri terhadap S. pyogenes, H. influenzae, L. pneumophila, C. difficile, dan P. acne. Dalam sel manusia, Echinacea juga membunuh parasit L. donovani, L. major, dan T. brucei.

4. Mengatasi masalah kulit

6 Khasiat Echinacea, Herbal Ampuh untuk Tingkatkan Imunitas

Echinacea dapat membantu dalam pengobatan jerawat dengan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes dan mengurangi peradangan. Dalam sel, Echinacea menghambat penguraian kolagen oleh radikal bebas.

Armando González Stuart, PhD menulis tentang keamanan produk herbal, Echinacea baik digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti penyembuhan luka, gigitan serangga, infeksi kulit, gigitan ular atau arthropoda, psoriasis, radang kulit, eksim dan peremajaan kulit.

5. Mencegah risiko penyakit kanker

6 Khasiat Echinacea, Herbal Ampuh untuk Tingkatkan Imunitas

Penelitian yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health (NIH) menyatakan bahwa nilai obat phytochemical yang terkandung dalam Echinacea ini jelas dan menunjukkan bahwa agen ini, serta phytochemical yang belum ditemukan dalam ramuan lain, mungkin merupakan unsur yang berharga untuk memerangi tumor.

Penggunaan Echinacea sebagai pengobatan kanker alami kini sedang direkomendasikan untuk pengobatan tambahan atau bahkan pengganti terapi konvensional.

6. Melawan inflamasi (peradangan)

6 Khasiat Echinacea, Herbal Ampuh untuk Tingkatkan Imunitas

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of British Columbia, konsumsi Echinacea secara teratur bisa memperlambat atau bahkan menghentikan berbagai bentuk peradangan.

Laporan dari National Institutes of Health (NIH) mengklaim bahwa tanaman ini efektif untuk mengobati uveitis, juga dikenal sebagai peradangan mata, dan siapa pun yang menderita peradangan kronis seperti rheumatoid arthritis, harus mengonsumsi echinacea secara teratur melalui teh herbal.

Untuk merasakan manfaat tanaman ini, kini sudah banyak produk herbal yang mengandung Echinacea baik dalam bentuk teh, kapsul maupun obat sirup.