Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Khasiat Daun Sendok

Khasiat Daun Sendok

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja
Khasiat Daun Sendok

Tak banyak orang mengetahui tumbuhan daun sendok. Sesuai namanya, tumbuhan dari famili Plantaginaceae itu berbentuk kumpulan daun menyerupai sendok.

Tumbuhan daun sendok tumbuh di tepi jalan, parit, padang rumput, ladang pertanian, halaman, kadang-kadang saja dibudidayakan.  Terkadang juga tumbuh liar di hutan, atau halaman berumput yang agak lembap. Tumbuhan ini dianggap gulma di perkebunan teh dan karet.

Tersebar luas di seluruh dunia dan sudah dimanfaatkan orang sebagai obat herbal, tetap saja tidak banyak orang mengenal manfaat daun sendok bagi kesehatan. Ramuan obat daun sendok, dikutip dari globalhealingcenter.com, mampu menyembuhkan luka, luka karena sengatan, penyembuhan dan mencegah infeksi luar dan dalam tubuh. Berikut ini adalah Khasiat Daun Sendok :

  1. Mengatasi Diare dan Disentri

Penderita diare dipastikan lelah untuk bolak-balik ke kamar mandi ketika diare menyerang bukan? Jika Anda bisa dengan mudah menjumpai tanaman daun sendok, Anda bisa meramunya sebagai obat diare alami. Ini karena daun sendok berkandungan tanin sehingga diyakini baik dalam mengatasi diare.

  • Sediakan daun sendok 30 gram banyaknya dan yang masih segar, lalu cuci hingga bersih.
  • Dengan 2 gelas air atau setara 400-500 ml bisa Anda rebus daun sendok ini sampai mendidih dan hasil rebusan sisanya segelas saja.
  • Tunggu dingin sebelum kemudian menyaringnya.
  • Minum airnya 2 kali dalam sehari di mana setiap kali minum cukup habiskan setengah gelas saja.
  1. Mengatasi Batuk

Karena termasuk salah satu tumbuhan obat, daun sendok ini pun dipercaya efektif dan ampuh dalam mengobati batuk, khususnya batuk berdahak hingga batuk rejan, batuk sesak dan juga batuk darah sekalipun. Kandungan baik di dalam tanaman daun ini rupanya sanggup menjadi peluruh dahak alami yang jitu, jadi ramulah daun sendok untuk bisa mengatasi batuk yang tak kunjung sembuh.

  • Sediakan 60 gram banyaknya daun sendok segar.
  • Cuci bersih lebih dulu sebelum kemudian Anda menambahkan air hingga daun terendam di dalam wadah.
  • Tak ketinggalan, masukkan gula batu ke dalamnya sebanyak 30 gram.
  • Tim selama 15 menit dan pastikan sudah mendidih, barulah kemudian Anda meminumnya saat sudah hangat.
  1. Menyembuhkan Hepatitis Akut

Daun sendok juga menjadi tanaman herbal yang dikenal ampuh dan alami dalam membantu penyembuhan para penderita hepatitis akut. Hepatitis yang diikuti dengan gejala sakit kuning dapat disembuhkan dan bahkan aktivitas hati yang terganggu serta mengalami kerusakan akan kembali baik berkat penggunaan daun sendok ini.

  1. Mengatasi Batu Ginjal dan Batu Empedu

Selain diyakini efektif meluruhkan dahak ketika sedang batuk, masalah batu ginjal dan batu empedu yang masih dalam tahap ringan sekalipun bisa Anda coba atasi menggunakan daun ini. Ya, ini karena daun ini merupakan herbal yang jitu dalam membantu meluruhkan batu ginjal dan batu empedu Anda.

  1. Menangani Gangguan Saluran Kencing

Masalah kesehatan lainnya yang bisa teratasi cukup dengan mengonsumsi daun sendok baik diolah dengan cara dimasak atau direbus dan diminum airnya, rupanya kandungan baiknya bisa memperlancar air kemih. Berbagai gangguan lain pada saluran kencing pun dapat disembuhkan secara alami, seperti halnya kencing berdarah.

  • Sediakan secukupnya daun sendok segar yang kemudian Anda bisa tumbuk halus.
  • Hasil tumbukan yang telah halus dapat Anda peras lalu saringlah hingga hasil perasannya sampai 1 gelas penuuh.
  • Konsumsilah setiap sebelum makan secara rutin agar kencing berdarah bisa teratasi.
  • Sementara untuk memperlancar buang air kecil, sediakan daun sendok segar yang banyaknya 6 ons dan sudah dicuci bersih.
  • Campurkan dengan gula batu sesuai kebutuhan saja, lalu rebus.
  • Didihkan sampai akhirnya Anda dapati sisa air rebusan tinggal setengah.
  • Air rebusan sudah siap minum ketika hangat dan pastikan dikonsumsi sehari habis.
  1. Mengobati Mimisan

Daun sendok juga berkhasiat besar dalam menangani perdarahan dari hidung alias mimisan. Jika Anda dapat menemukan daun sendok ketika sedang mengalami perdarahan semacam ini, maka inilah cara menggunakannya:

  • Siapkan 15 gram daun sendok segar yang dipastikan sudah bersih.
  • Masukkan ke dalam sebuah cangkir, seduh dengan air panas.
  • Tunggu dingin dulu, lalu lanjutkan dengan memeras dan menyaringnya.
  • Air saringan itulah yang perlu diminum sekali habis.
  1. Mengobati Peradangan

Daun sendok pun dapat diandalkan sebagai obat segala kondisi peradangan karena kandungan antiradangnya yang alami. Mulai dari radang mata merah atau konjungtivitis, radang saluran pernapasan atau bronkitis, hingga radang prostat atau yang kita kenal dengan istilah prostatitis bisa Anda obati menggunakan air rebusan daun sendok segar.

  1. Mengatasi Diabetes Mellitus

Kabar baik bagi para penderita penyakit gula, kencing manis atau diabetes mellitus, rupanya daun sendok pun mampu membantu mengendalikan kadar gula darah. Air rebusan dari daun sendok segar adalah salah satu herbal paling baik yang bisa diandalkan untuk penyakit gula.

Pada umumnya, untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan, Anda bisa cukup menyediakan daun sendok segar ataupun kering 15-30 gram banyaknya untuk kemudian Anda rebus. Minumlah air tersebut secara rutin supaya khasiat daun sendok bagi kondisi gula darah tinggi, radang, hepatitis, batu ginjal dan batu empedu dapat Anda peroleh.