Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia , Cara Alami Mengobati Migrain , Obat Alami Menghilangkan Bau Badan , Obat Tradisional Penghilang Gatal , Dampak Insomnia Bagi Tubuh , Gejala Asam Lambung Kronis , Obat Tradisional Asam Lambung , Cara Mencegah Kanker Payudara , Deteksi Penyakit Dari Warna Lidah , Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan , Cara Mengatasi Nyeri Pinggang , Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan , Makanan Yang Berbahaya Untuk Bumil , Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut , Cara Mengatasi Telat Haid , Jamu Setelah Melahirkan , Jenis Jamu Pelancar Asi
Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan

Bagi masyarakat desa tidak asing dengan tanaman sembukan. Bisa dibuat bothokan dan rasanya juga enak.  Sembukan merupakan tanaman merambat, dapat ditemukan di pagar – pagar atau diantara semak belukar.

Sembukan terkenal dengan baunya yang khas seperti jengkol dan petai saat kita memakannya. Karena hal tersebut di beberapa daerah, tanaman ini dikenal juga dengan sebutan daun kentut, mungkin baunya mirip tidak begitu sedap.

Tanaman yang memiliki nama latin Paederia scandens sudah lama dikenal sebagai tanaman untuk mengobati sakit perut, seperti kembung dan susah buang gas. Cara mengobatinya dengan melilitkan batang sembukan pada bagian perut seperti sabuk.

Namun, tidak untuk mengatasi sakit perut saja, ternyata daun sembukan memiliki manfaat sebagai penawar racun. Sebelum itu kami akan menggali lebih dalam informasi mengenai Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan :

Manfaat Daun Sembukan Untuk Dikonsumsi

Cara mengonsumsi daun sembukan ini adalah dengan dibuat pepes. Biasanya akan dimasak dengan bumbu bawang putih, tempe busuk, ketumbar, garam dan kencur. Semuanya dilumatkan hingga halus. Kemudian masukkan daun sembukan. Tapi sebelumnya iris daun sembukan tipis-tipis.

Masukkan irisan daun sembukan tersebut lalu lumatkan juga. Setelah itu beri parutan kelapa muda dan penyedap masakan secukupnya. Kasih air sedikit dan bungkus dengan baun pisang. Panggang di atas nyala api sedang dan tunggu sampai matang.

Pepes sembukan ini adalah lauk yang sangat lezat. Masakan ini menjadi salah satu manfaat daun sembukan  yang wajib kamu coba (bagi kamu-kamu yang belum pernah mencobanya). Dijamin setelah memakannya sampai kenyang, kamu akan lancar jaya untuk kentut.

Dapat dikatakan bahwa manfaat daun sembukan  adalah juga untuk memperlancar pencernaan. Maka dari itu segera nikmati kelezatannya.

Manfaat Daun Sembukan Secara Detail

Berikut adalah manfaat-manfaat daun sembukan secara detail, selain sebagai lauk yang lezat.

1. Sebagai Obat Masuk Angin

Ketika kamu sedang masuk angin, maka perutmu akan terasa mulas. Dengan menggunakan daun sembukan, mulas pada perutmu akan terobati. Caranya ada 2, yakni sebagai obat luar dan obat dalam. Untuk obat luar, gunakan beberapa lembar daun sembukan dan panggang di atas api sampai layu. Kemudian tempelkan pada perut. Sedangkan untuk obat dalam, kita bisa menggunakan daun sembukan dengan cara disayur atau juga bisa dikukus sebagai lalap.

2. Obat Untuk Mata Bengkak

Manfaat daun sembukan adalah untuk mengobati mata bengkak. Biasanya mata bengkak disebabkan oleh iritasi, sehingga rasanya akan sangat panas. Cara menggunakan sembukan untuk obat adalah dengan cara merebus daun sembukan. Kemudian kamu bisa mendekatkan mata di atas uapnya setelah mendidih.

3. Mengobati Herpes

Cara menggunakan sembukan untuk mengobati penyakit herpes adalah dengan menumbuk daun sembukan sampai menjadi bubur. Beri sedikit air dan garam, lalu tempelkan pada luka.

4. Obat Sariawan

Salah satu manfaat daun sembukan  yang paling ampuh adalah untuk mengobati sariawan. Cara mengobatinya menggunakan daun sembukan adalah dengan merebus daun sembukan dengan daun iler, daun saga, daun picisan, daun sembung, pegegan, the adas, pulosari, ketumbar, rimpang lempuyang, kunyit, kayu manis, dan gula enau. Semua bahan direbus sampai mendidih. Setelah dingin, lalu disaring dan diminum 3 kali sehari.