Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan

Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan

Cengkeh adalah rempah serbaguna dengan rasa manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam cengkeh. Satu sendok teh atau sekitar dua gram cengkeh, mengandung energi sebesar 21 kalori, satu gram karbohidrat, dan serat. Selain itu cengkeh juga mengandung mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, dan vitamin E.

Cengkeh untuk menjaga kesehatan. Berikut adalah Khasiat Cengkeh Untuk Kesehatan.

1. Mengendalikan kadar gula darah, bagus untuk bumbu makanan

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Saat memasak apakah kamu sudah memanfaatkan cengkeh sebagai bumbu masakan? Menjadikan cengkeh sebagai bumbu masakan adalah pilihan yang sehat lho. Karena cengkeh memiliki manfaat dapat mengendalikan kadar gula darah. Cengkeh mampu meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin.

2. Minuman sehat anti pilek dan menghangatkan tubuh

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Seduhan hangat kombinasi seujung sendok teh cengkeh, 1 sendok teh bubuk teh (bukan shacet), 1 jempol dewasa jahe dan 5 butir kapulaga. Keempat bahan tersebuh direbus dengan 300-400 ml air. Maka akan menjadi seduhan sehat yang penuh khasiat yaitu mampu menghangatkan tubuh dan sebagai minuman sehat anti pilek.

3. Membubuh bakteri sehingga berkhasiat mengobati sakit gigi

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Cengkeh adalah rempah-rempah yang membantu menjaga kesehatan mulut. Cengkeh memiliki sifat anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyababkan plak gigi dan masalah gusi tak sehat.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Mengonsumsi olahan cengkeh berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh (imun). Kandungan dalam cengkeh membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi membunuh bakteri. Cengkeh juga berkhasiat sebagai detox yang membersihkan racun-racun dalam tubuh sehingga tubuh aman dari serangan penyakit.

5. Memperlancar sistem pencernaan

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Seduhan hangat cengkeh, kayu manis dan jeruk lemon selain segar juga menyehatkan lho. Khasiat cengkeh dalam seduhan hangat ini berkhasiat membantu memperlancar sistem pencernaan. Memperbaiki metabolisme tubuh. Sehingga tubuh menjadi sehat.

Banyak ya, khasiat dari si kecil cokelat satu ini. Membiasakan mengonsumsi olahan cengkeh bagus untuk kesehatan kamu. Jangan ragu buat mencoba ya.