Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Khasiat Buah Tomat Untuk Bumil

Khasiat Buah Tomat Untuk Bumil

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Cara Mengobati Anyang Anyangan , Hal Yang Merusak Daya Tahan Tubuh , Bahan Alami Penangkal Flu , Tips Untuk Diet Jantung Sehat , Cara Ampuh Mengobati Bibir Bengkak , Cara Mengatasi Sariawan , Khasiat Minyak Bunga Geranium , Manfaat Minyak Oregano , Obat Demam Alami Paling Manjur , Manfaat Sambal Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan , Khasiat Buah Tomat Untuk Bumil
Khasiat Buah Tomat Untuk Bumil

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengahdan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Cara menanam tanaman tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari. Berikut ini kami akan membagikan anda beberapa Khasiat Buah Tomat Untuk Bumil :

1. Memiliki beragam nutrisi penting

Sudah bukan rahasia umum lagi, tomat merupakan satu dari sekian buah yang kaya akan vitamin C. Terbukti dalam 100 gram (gr) tomat, mengandung vitamin C sebanyak 34 miligram (mg). Semakin banyak jumlah vitamin C yang ada di dalam tubuh, semakin lancar penyerapan zat besi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Jumlah vitamin C yang tinggi juga membantu pembentukan kulit, gigi, tulang, serta gusi bayi. Bukan hanya itu, tomat juga dipenuhi oleh 1,3 gr protein, 4,7 gr karbohidrat, 0,5 gr lemak, 0,6 mg zat besi, 8 mg kalsium, 77 mg fosfor, dan 2.083 mcg karoten.

Jika Anda mencari sumber makanan yang bisa meningkatkan energi, tomat bisa jadi salah satu pilihan yang terbaik berkat kandungan kalori yang tidak sedikit.

2. Melancarkan pencernaan

Selayaknya buah-buahan lainnya, kandungan serat yang ada di dalam tomat tidak main-main sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan. Sebab tidak menutup kemungkinan, ada berbagai gangguan perut atau masalah pencernaan yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Terdapat 1,5 gr serat dalam setiap 100 gr buah tomat. Jumlah serat yang tidak sedikit ini, bisa membantu mendorong gerak peristaltik otot-otot pencernaan, memberikan cukup cairan untuk pencernaan makanan, hingga melancarkan pembuangan sisa makanan atau feses sampai keluar dari tubuh.

Itulah mengapa makan tomat saat hamil dipercaya bisa membantu mengatasi sembelit, diare, serta mencegah kanker kolorektal.

3. Sumber antioksidan yang baik

Tomat mengandung likopen dalam jumlah yang tinggi. Likopen adalah antioksidan yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas penyebab kanker. Misalnya kanker serviks, kanker prostat, kanker lambung, kanker kerongkongan, dan lain sebagainya.

4. Mencegah masalah kehamilan

Preeklampsia (keracunan kehamilan) adalah komplikasi kehamilan yang sering dialami oleh ibu hamil. Adanya gangguan pada perkembangan plasenta serta peningkatan tekanan darah digadang-gadang sebagai penyebab preeklampsia.

Menariknya, kalium sejumlah 164,9 mg yang terkandung dalam 100 gr tomat dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, sekaligus menurunkan tekanan pada jantung. Alhasil, tekanan darah tinggi pun bisa lebih stabil secara perlahan.

Di sisi lain, manfaat tomat untuk ibu hamil lainnya yakni mampu mencegah risiko terjadinya cacat tabung saraf (anencephaly) dan cacat sumsum tulang belakang saat bayi baru lahir. Kandungan asam folat di dalam tomatlah yang memainkan peran penting ini.

Jadi, selain diperoleh dari suplemen dan susu yang dikonsumsi selama kehamilan, asam folat juga bisa didapatkan dari asupan makanan sehari-hari.