Categories
Tentang Penyakit

Kenali Rheumatoid Arthritis

Kenali Rheumatoid Arthritis

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Manfaat Bunga Pukul Empat , Obat Tradisional Asma Akut , Obat Pertolongan Pertama Alami , Jenis Obat Sinusitis Alami , Macam Macam Obat Herbal , Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda , Efek Menggunakan Tisu Basah Di Wajah , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui , Manfaat Green Coffee Bagi Tubuh , Kenali Pityriasis Rosea , Tips Merawat Gigi Behel , Kenali Otitis Media , Kenali Melena , Kenali Rheumatoid Arthritis , Kenali Toksoplasmosis , Cara Menyehatkan Mata
Kenali Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid adalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian (misalnya sendi kaki dan tangan).

Seiring waktu, peradangan ini bisa menghancurkan jaringan persendian dan bentuk tulang. Efek dari kondisi ini akan membatasi aktivitas keseharian, seperti sulit untuk berjalan dan menggunakan tangan. Berikut ini adalah Kenali Rheumatoid Arthritis :

Rheumatoid Arthritis adalah suatu kondisi autoimun, yang berarti kondisi ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan tubuh. Namun, belum diketahui apa yang menjadi penyebab rheumatoid arthritis. Sistem kekebalan tubuh yang ada pada tubuh Anda bekerja membuat antibodi yang menyerang bakteri dan virus, ini bertugas membantu melawan infeksi.

Jika menderita penyakit rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh secara keliru mengirimkan antibodi ke lapisan sendi. Ini menyebabkan lapisan tipis sel (sinovium) yang menutupi sendi menjadi sakit dan meradang, melepaskan bahan kimia yang merusak di dekatnya, di antaranya:

  • Tulang
  • Cartilage – jaringan ikat yang longgar pada tulang
  • Tendon – jaringan yang menghubungkan tulang ke otot
  • Ligamen – jaringan yang menghubungkan tulang dan tulang rawan

Jika kondisinya tersebut tidak diobati, bahan kimia ini secara bertahap menyebabkan sendi kehilangan bentuk dan keselarasannya. Akhirnya, kondisi ini bisa menghancurkan sendi.

Berbagai teori pun muncul tentang mengapa sistem kekebalan tubuh mulai menyerang sendi, seperti infeksi atau virus yang menjadi penyebab, namun belum ada teori-teori ini yang terbukti.

Beberapa faktor risiko terhadap penyakit rheumatoid arthritis telah diidentifikasi. Wanita lebih cenderung sering terkena RA, sehingga diduga hormon estrogen memainkan peran.

Beberapa penelitain menunjukkan terdapat komponen genetik terhadap perkembangan RA. Rokok juga tampaknya meningkatkan risiko terhadap perkembangan penyakit ini. Pajanan okupasional seperti debu tertentu: silika, kayu, asbesos, juga memiliki risiko lebih tinggi untuk terjadinya RA. Penelitian sekarang masih ingin menemukan apakah virus atau bakteri tertentu memainkan peran tertentu dalam menyebabkan RA.

Faktor Risiko Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis memengaruhi sekitar 1,5 juta orang di Amerika Serikat, sedangkan data di Indonesia mencatat sekitar 360.000 orang telah terkena penyakit rheumatoid arthritis. Wanita mengalami RA dua sampai tiga kali lebih sering dibandingkan pria, dan gejala rheumatoid arthritis pada wanita cenderung muncul antara usia 30-60 tahun, sedangkan gejala sering berkembang di kemudian hari untuk pria. Ada juga kemungkinan genetik untuk penyakit ini. Merokok dan periodontitis, juga merupakan faktor risiko.

Faktor-faktor risiko rheumatoid arthritis lain yang mungkin berperan, termasuk sumber infeksi seperti bakteri atau virus, yang dapat memicu perkembangan penyakit pada seseorang yang gennya membuat mereka lebih mungkin untuk mendapatkannya; hormon wanita (70 persen pengidap RA adalah wanita); kegemukan; dan respons tubuh terhadap peristiwa stres seperti trauma fisik atau emosional.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa faktor lingkungan mungkin berperan dalam risiko seseorang terkena penyakit rheumatoid arthritis. Beberapa termasuk paparan asap rokok, polusi udara, insektisida dan paparan pekerjaan terhadap minyak mineral dan silika