Categories
Tentang Penyakit

Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut

Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia , Cara Alami Mengobati Migrain , Obat Alami Menghilangkan Bau Badan , Obat Tradisional Penghilang Gatal , Dampak Insomnia Bagi Tubuh , Gejala Asam Lambung Kronis , Obat Tradisional Asam Lambung , Cara Mencegah Kanker Payudara , Deteksi Penyakit Dari Warna Lidah , Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan , Cara Mengatasi Nyeri Pinggang , Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan , Makanan Yang Berbahaya Untuk Bumil , Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut , Cara Mengatasi Telat Haid , Jamu Setelah Melahirkan , Jenis Jamu Pelancar Asi
Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut

Mulas atau melilit atau sering dianggap dan disebut sakit perut (Gastro Oesophageal Reflux) adalah rasa sakit atau nyeri yang hanya terjadi di bagian perut. Mulas umumnya terjadi karena ukuran perut membesar dari dalam dan mengurangi ruang bebas di dalam perut. Mulas juga adalah rangsangan untuk segera buang air besar, buang air kecil, bersendawa, atau buang angin. Biasanya ini adalah salah satu tanda keluhan pencernaan manusia misalnya maag, masuk angin, mual disertai muntah, konstipasi, diare, atau keluhan pencernaan lainnya. Mulas juga merupakan salah satu gejala menstruasi atau pula kehamilan pada wanita. Sakit pada perut juga bisa menjadi gejala awal kanker seperti kanker pankreas atau kanker usus. Penyebabnya juga karena makan terlalu banyak atau terlau cepat dan stres. Anda harus Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut , untuk berjaga – jaga , nah untuk itu , yuk langsung kita simak ke intinya :

1. Sakit perut karena diare

Diare merupakan suatu penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi encer. Frekuensi buang air besar pun jadi lebih sering dari biasanya. Diare disertai dengan sakit perut yang diiringi dengan rasa mual bahkan hingga muntah. Gejala yang ditemukan dari diare adalah buang air terus menerus yang disertai dengan rasa mulas berkepanjangan. Gejala lain juga dapat timbul seperti, pegal pada punggung dan perut sering berbunyi.

2. Sakit perut karena masuk angin

Masuk angin merupakan suatu penyakit yang terjadi karena gas yang berkumpul secara tidak merata di dalam tubuh. Penyakit ini agak mirip dengan influenza karena gejala yang ditimbulkan hampir sama. Penyebab utama terjadinya masuk angin adalah udara dingin yang berlebihan,misalnya terlalu lama di ruangan ber-AC, kehujanan, atau cuaca dingin. Gejala dari penyakit ini adalah tubuh yang selalu menggingil, perut kembung hingga mual dan muntah.

3. Sakit perut karena radang usus buntu

Radang usus buntu adalah penyakit yang disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada lapisan usus buntu (apendix). Penyumbatan ini dapat mengakibatkan infeksi sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa pada perut sebelah kanan bagian bawah. Jika hal ini terjadi segera lakukan pemeriksaan. Karena apabila keadaan sudah parah, maka tindakan operasi harus segera dilakukan.

4. Sakit perut karena batu ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya pembentukan endapan-endapan batu urine. Batu urine ini terbentuk karena banyaknya kandungan garam yang tidak larut pada urine akibat kekurangan air. Gejala awal yang dialami oleh penderita batu ginjal antara lain, nyeri pada perut saat buang air kecil, mual, muntah, hingga bengkak pada kaki dan mata.

5. Sakit perut karena tukak peptik

Tukak peptik atau tukak lambung merupakan keadaan munculnya luka pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan pada dinding lambung. Gejala utama yang bisanya dirasakan oleh penderita penyakit ini adalah nyeri pada perut. Rasa nyeri tersebut muncul akibat terjadinya iritasi karena asam lambung yang membasahi luka. Rasa sakit pada perut biasanya menyebar hingga ke punggung. Rasa sakit akan kian parah saat perut dalam keadaan kosong.

6. Sakit perut karena divertikulitis

Divertikulitis merupakan kondisi dimana kantong pada usus besar (kolon) mengalami peradangan sehingga terjadi infeksi. Gejala yang dirasakan oleh penderita adalah rasa nyeri pada perut bagian bawah sebelah kiri, perut kembung hingga demam menggigil. Penyakit ini bisa terjadi karena kurangnya konsumsi serat sehingga kolon harus bekerja keras untuk mendorong feses. Hal ini kemudian berakibat pada terbentuknya kantung pada titik lemah sepanjang dinding kolon.

Itulah beberapa jenis sakit perut yang perlu Anda ketahui agar bisa lebih waspada terhadap penyakit berbahaya.