Categories
Tentang Penyakit

Kenali Bahaya Bisul

Kenali Bahaya Bisul

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Bahaya Minuman Bersoda , Cemilan Sehat Untuk Bumil , Makanan Penyebab Maag , Buah Yang Melancarkan BAB , Manfaat Agar - Agar Untuk Tubuh , Makanan Untuk Penderita Kolestrol , Manfaat Chia Seed , Manfaat Buah Bit , Manfaat Quinoa , Yang Terjadi Tubuh Kelebihan Protein , Fakta Tentang Detox Water , Manfaat Minyak Kelapa , Kenali Penyakit Gondok , Kenali Bahaya Bisul
Kenali Bahaya Bisul

Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut, yaitu lubang tempat tumbuhnya rambut.

Bagian tubuh yang paling sering terkena bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Selain itu, bisul juga bisa tumbuh pada kelopak mata. Kondisi inilah yang biasanya kita kenal dengan istilah bintitan. Berikut ini Kenali Bahaya Bisul :

  1. Radang Otak

Bisul jika muncul di daerah segitiga emas bisa membahayakan otak. Daerah segitiga emas adalah pipi, hidung dan juga kulit bibir atas. Hal itu dikarenakan pada daerah tersebut merupakan akses kulit ke otak. Jika ada infeksi di daerah itu dan ditangani tidak tepat bisa menyebabkan seseorang terkena radang otak.

  1. Herpes

Bisul yang dioabti dengan cara yang salah bisa membuat seseorang terkena herpes. Hal itu dikarenakan infeksi di jaringan kulit bisa mempengaruhi bagian kulit yang ada di atasnya. Penyakit kulit seperti herpes bisa menjangkiti orang yang terkena bisulan.

  1. Merusak Jaringan Kulit

Infeksi yang terlalu lama dibiarkan berlarut-larut bisa membuat jaringan kulit menjadi rusak. Jika jaringan kulit rusak maka aliran darah ke organ yang lainnya terganggu. Organ yang tidak memiliki peredaran darah lancar bisa terganggu kesehatannya.

Cara Mencegah Bisul

Agar tidak terkena bisul, sebaiknya anda tahu bagaimana caranya mencegah munculnya bisul. Berikut ini ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mencegah timbulnya bisul :

  1. Menjaga Kebersihan

Orang yang tidak menjaga kebersihan tubuhnya bisa terkena bisul. Karena kuman di dalam tubuh menempel pada kulit dan menyebabkan bisulan. Menjaga kebersihan bisa digunakan untuk mencegah terjadinya bisulan. Caranya adalah mandi dua kali sehari menggunakan sabun. Jangan menggunakan sabun secara bergantian. Bagian seperti ketiak, pangkal paha dan lipatan paha harus mendapatkan perhatian lebih.

  1. Rajin Membersihkan Muka

Muka bisa ditumbuhi bisul. Oleh sebab itu sebaiknya muka sering dibersihkan agar tidak menyebabkan bisulan. Cucilah muka sehabis bepergian ke luar rumah. Membersihkan muka juga bisa menggunakan cleanser dan toner.

  1. Menggunakan Pakaian Bersih

Pakaian bersih dan terhindar dari kuman dan jamur bisa mencegah terjadinya bisulan. Pakaian dengan menyerap keringat sebaiknya anda pilih, keringat yang tidak bisa diserap bisa menimbulkan jamur. Jamur mengandung banyak bakteri, bakteri itu bisa menyebabkan bisulan.

  1. Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat juga bisa digunakan untuk mencegah bisulan. Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang membuat anda alergi. Bisulan bisa ditimbulkan jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung alergi.

  1. Menciptakan Lingkungan Bersih

Lingkungan yang bersih akan menghindarkan anda dari bakteri dan kuman penyebab bisulan.

  1. Hindari Mencabut Bulu Ketiak Dan Kemaluan

Kebiasaan mencabut bulu ketiak dan kemaluan bisa menyebabkan seseorang terkena bisulan. Hal itu disebabkan saat dicambut bisa menimbulkan luka pada kulit ketiak maupun kulit kemaluan. Luka bisa menimbulkan infeksi, infeksi bisa menyebabkan bisulan.

  1. Jangan Meminjam Pakaian Orang Lain

Hal itu menyebabkan anda mudah terkena bisulan karena pakaian orang lain bisa menularkan bisul, panu dan jamur pada tubuh anda. Keringat orang lain belum tentu cocok dengan keringat anda, keringat yang tidak cocok bisa menyebabkan anda mudah terkena penyakit kulit.

  1. Memencet komedo Dan Jerawat

Memencet komedo dan jerawat bisa menyebabkan infeksi. Infeksi itu bisa menyebabkan anda mudah terkena bisulan.

  1. Cuci Tangan

Tangan bisa membawa kuman dan bakteri. Oleh sebab itu cucilah tangan menggunakan sabun agar tangan tidak membawa bakteri dan kuman di kulit kita.