Jenis Teh Yang Meredakan Depresi

Jenis Teh Yang Meredakan Depresi

Image result for teh"

Setiap orang memiliki resiko untuk terserang stres, tak terkecuali kaum wanita yang kerap dituntut menghandle banyak hal dalam satu waktu. Jika Anda merasa jenuh dan penat akan segala macam kesibukan dan tanggung jawab yang Anda emban, cobalah bernapas berhenti dan relaksasi sejenak.

Anda tak harus pergi ke spa untuk melakukannya karena beberapa jenis teh berikut ini bisa membuat Anda rileks dan stres Anda pun reda. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Jenis Teh Yang Meredakan Depresi yang dapat anda coba.

1. Teh Kamomil

Teh kamomil atau chamomile tea nampaknya tak heran kalau berada di daftar paling atas dari jenis teh penghilang stres dan depresi. Teh ini adalah teh herbal yang ampuh memberikan ketenangan dan suasana hati yang baik sehingga kita dapat terhindar dari kecemasan berlebih apalagi gangguan tidur.

Insomnia ataupun suasana hati yang mudah down dapat coba diatasi dengan mengonsumsi teh kamomil, boleh jenis Roman Chamomile, boleh juga pilih yang German Chamomile. Jika sedang mengonsumsi obat dokter, maka hati-hati dalam konsumsinya, konsultasikan dulu dengan dokter agar tidak terjadi efek buruk interaksi obat.

2. Teh Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba tentunya sudah cukup familiar ya bagi kita, apalagi sebagai obat herbal yang umumnya digunakan untuk mengatasi skizofrenia, gangguan kecemasan dan juga demensia. Herbal satu ini ampuh dalam meningkatkan fungsi kognitifdan juga memori otak karena kandungannya yang berupa terpenoid serta flavonoid cukup tinggi.

Depresi yang bahkan rentan terjadi pada para penderita Alzheimer pun terbukti risikonya bisa berkurang ketika meminum teh ginkgo biloba. Hanya saja, konsultasikan lebih dulu dengan dokter mengenai keamanan teh ini untuk atasi depresi, apalagi kalau sedang mengonsumsi obat dari dokter yang kalau digunakan bersama teh bisa-bisa sebabkan efek interaksi obat yang tidak menyenangkan.

3. Teh St. John’s Wort

Nama herbal satu ini memang cukup asing ya, St. John’s Wort. Namun sebenarnya, tanaman dengan bunga warna kuning ini sudah lama sering digunakan untuk bahan pembuatan balsam. Bahkan tanaman ini juga sering jadi salah satu bahan salep, pil maupun teh.

Beberapa masalah kesehatan seperti malaria, saraf yang nyeri, hingga gangguan mental dapat diredakan ketika menggunakan tanaman herbal ini. Karena mengandung sifat sedatif, berbagai kondisi seperti gigitan serangga, luka bakar dan juga luka terbuka dapat pula diatasi dengan St. John’s Wort.

Lebih dari itu, teh St. John’s Wort memang lebih banyak diandalkan sebagai perawatan ataupun terapi depresi jangka pendek menurut The National Center for Complementary and Alternative Medicine, namun khusus pada kondisi depresi ringan hingga moderasi. Namun jika sedang mengonsumsi obat antidepresan atau jenis obat kimia lainnya, hindari penggunaan teh ini dan obat secara bersamaan.

Itu dia deretan jenis teh herbal yang bisa coba dikonsumsi ketika gejala stres dan depresi mulai dirasakan. Selain itu, berjemurlah pula setiap pagi di bawah sinar matahari, latihlah pernafasan setiap ada waktu luang, bermeditasilah, jaga asupan makan tetap bernutrisi, serta berolahragalah agar segala bentuk kecemasan, stres dan depresi dapat mereda.