Jenis Penyakit Tulang

Jenis Penyakit Tulang

Image result for Penyakit Tulang

Apakah Anda tahu bahwa tubuh tersusun dari 206 tulang dari ujung kepala sampai ujung kaki? Semua tulang ini penting untuk memberikan struktur pada kerangka tubuh dan melindungi organ di dalamnya. Namun, tulang tak selamanya sehat dan kuat. Tidak menutup kemungkinan tulang dapat dipengaruhi oleh berbagai penyakit maupun kelainan yang mengganggu fungsinya, sehingga menurunkan kualitas hidup Anda. Pada kesempatan kita kali ini kami akan membahas seputar Jenis Penyakit Tulang yang wajib anda semua ketahui .

1. Osteoporosis

Penyakit satu ini memang cukup familiar di telinga masyarakat dan banyak orang tua atau lansia yang mengalaminya dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Osteroporosis terjadi karena adanya penurunan kepadatan massa tulang secara perlahan-lahan, sehingga gejalanya hampir tidak disadari hingga kondisi terlanjur parah. Osteoporosis dapat menyebabkan tulang lemah dan mudah patah, dan penderitanya lebih didominasi wanita.

2. Rakitis

Penyakit ini lebih sering dialami anak-anak, karena tubuhnya kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyerapan kalsium terhambat, juga merangsang tubuh mengeluarkan hormon agar kalsium pada tulang dilepaskan. Jika kondisi ini terus terjadi, maka penyakit rakitis akan muncul dan menyebabkan kelainan tulang. Penyakit rakitis yang bertambah parah dapat berkembang menjadi osteomalacia yang menyebabkan tulang melunak.

3. Kelainan Tulang Belakang

Tulang belakang sangat penting fungsinya dan paling krusial dibandingkan bagian tulang lainnya. Biasanya, penyakit yang sering terjadi pada tulang belakang adalah kifosis, lordosis dan skoliosis yang ditandai dengan melengkungnya tulang belakang secara tidak wajar. Selain itu, spondilosis juga dapat terjadi pada tulang belakang, dikarenakan cakram bantalan tulang belakang yang melemah atau rusak. Akibatnya, penderita akan merasakan sakit tulang punggung, apalagi jika sampai terjadi saraf terjepit yang dapat menghambat aktivitas.

4. Kista dan Kanker Tulang

Pada umumnya kista tulang tidak begitu mengkhawatirkan meski dapat muncul kembali setelah dilakukan operasi. Penyakit ini juga lebih sering dialami remaja, dan terkadang dapat sembuh dengan sendirinya. Berbeda dengan kista tulang, kanker tulang jauh lebih ganas dan biasanya terjadi karena persebaran sel kanker dari jaringan tubuh lainnya. Kanker tulang dapat membahayakan kesehatan, karena itu penting untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

5. Penyakit Paget Tulang

Penyakit paget tulang merupakan penyakit tulang dimana tulang bagian tubuh tertentu dapat membesar karena mengalami penebalan. Penyakit ini terjadi karena jenis sel osteoklas yang berperan dalam menghancurkan jaringan tulang sangat aktif sehingga merangsang pembentukan sel baru lebih cepat. Sel baru yang belum matang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Selain penyakit di atas, penyakit TBC tulang juga dapat terjadi, yang diakibatkan TBC paru telah menyebar ke tulang. Karena itu, kita harus selalu waspada dan berusaha mencegah agar penyakit tulang tidak terjadi. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan rutin mengkonsumsi sayuran dengan vitamin K tinggi yang bagus untuk tulang. Dengan begitu, penyakit di atas dapat kita hindari.