Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Jamu Penambah Nafsu Makan

Jamu Penambah Nafsu Makan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Makanan Yang Memicu Asam Lambung , Cara Mengatasi Masuk Angin , Makanan Sehat Yang Membahayakan , Mengobati Liver Dengan Bahan Alami , Cara Menggemukkan Badan Secara Alami , Tips Cepat Hamil Ala Dr. Boyke , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Cara Mengatasi Ambeien Dengan Alami , Makanan saat haid yang baik untuk wanita , Jamu Penambah Nafsu Makan , Tanaman Yang Mampu Mengobati Vertigo , Herbal Khas Menghilangkan Bau Badan , Makanan Berbahaya Bagi Osteoarthritis
Jamu Penambah Nafsu Makan

Kurang nafsu makan umumnya terjadi pada anak-anak dalam masa pertumbuhan sebagai akibat perubahan pola makan. Namun demikian, penyakit-penyakit tertentu bisa juga mengurangi nafsu makan bagi anak-anak atau orang dewasa.

Diantaranya penyakit radang tenggorokan, hepatitis dan demam.Nenek moyang kita sering menggunakan bahan-bahan alami untuk meningkatkan nafsu makan. Dan berikut ini cara menambah nafsu makan dengan ramuan tradisional. Atau orang tua dulu sering menyebutnya sebagai jamu tradisional penambah nafsu makan. Berikut ini ulasannya :

Temulawak

Bicara soal tanaman herbal untuk menambah nafsu makan, tak lengkap jika tak menyebutkan tanaman temulawak. Yup, temulawak yang punya kandungan kurkumin, zat tepung, dan minyak atsiri ini memang kerap dijadikan sebagai ramuan alami untuk penambah nafsu makan. Diketahui, kandungan minyak atsiri punya sifat korelitik yaitu mempercepat sekresi empedu sehingga mempercepat pengosongan lambung dan penyerapan lemak di usus yang kemudian akan mensekresi berbagai hormon yang yang dapat menimbulkan rasa lapar dan meregulasi peningkatan nafsu makan.

Untuk cara konsumsi, cukup siapkan 2 ruas jari temulawak, 1 ruas jari, lengkuas, serta beberapa helai daun meniran. Cuci bersih semua bahan, potong kecil-kecil lalu direbus dengan 3 gelas air. Rebus campuran bahan tadi sampai air rebusannya hanya tersisa untuk ukuran 1 gelas, dinginkan sesaat. Minum dua kali dalam sehari secara teratur agar nafsu makan tidak lagi menurun.

Brotowali

Tanaman yang punya nama latin, Tinosporacrispa ini termasuk jenis tumbuhan yang menjalar, melilit serta memanjat yang hadir dengan kandungan alkaloid dan pikroretin. Sehingga tidak hanya berfungsi untuk meredakan penyakit semisal rematik, radang sendi, hingga menyembuhkan luka supaya cepat kering. Tumbuhan satu ini juga dapat menambah nafsu makan.

Cara mengonsumsinya mudah kok, cukup siapkan kurang lebih tiga helai daun brotowali, dan dua jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil serta dua gelas air. Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Masukkan dalam wadah, kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan tertutup sampai air tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin, saring air rebusan. Lalu minum cukup satu gelas dalam sehari, selama beberapa hari.

Daun pepaya

Daun pepaya selama ini dikenal dengan imej rasa yang pahit, sehingga membuat sebagian orang-orang enggan untuk memakannya. Padahal, selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengonsumsi daun pepaya juga diketahui dapat meningkatkan nafsu makan. Belum lagi dengan kandungan antioksidan yang juga disebutkan dapat memperlambat penuaan.

Untuk menambah nafsu makan, minumlah air rebusan daun pepaya yang dibuat dari satu helai daun pepaya, garam, dan air matang. Setelah daun pepaya dicuci bersih, lumatkan daun pepaya lalu tambahkan air dan garam. Setelah itu, peraslah sampai keluar airnya, nah air perasan inilah yang diminum setiap pagi hari selama beberapa hari.

Daun pegagan

Pegagan atau yang biasa disebut sebagai daun kaki kuda, merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh di padang rumput, pinggir selokan, pekarangan rumah, atau perkebunan maupun di sela-sela tanaman sayuran. Pegagan yang punya nama latin Centlla asiatica, L Urb ini hadir dengan kandungan senyawa asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, bramoside, brahronosida, brahmic acid, modasiatic acid, meso-inositol, centellose, carokenoids, garam-garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, dan zat samak.

Senyawa glikosida triaterpenoida (asiaticoside) mempunyai khasiat antilepra. Sehingga selain bisa membantu untuk mengobati aneka penyakit mulai dari campak, demam, amandel, sakit tenggorokan, bronkhitis, infeksi dan batu saluran kencing, mata merah, wasir, hingga keracunan. Daun pegagan yang diolah menjadi air rebusan juga sekaligus berfungsi sebagai penambah nafsu makan alami, cukup ambil 1 genggam daun pegagan segar, cuci hingga bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Air rebusannya diminum setiap hari sebanyak 1 gelas. Mudah kan?

Kayu manis

Tanaman satu ini biasanya dijadikan sebagai pemberi aroma harum pada berbagai sajian makanan. Sebab sajian makanan yang memiliki aroma harum, biasanya ampuh untuk bisa merangsang nafsu makan. Dengan menambahkan kayu manis ini, maka bisa tercipta aroma makanan yang menggoda sehingga bisa merangsang nafsu makan secara alami.

Daun pandan

Sama halnya dengan kayu manis yang kerap dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap berbagai masakan, begitu juga dengan daun pandan. Daun pandan dengan kandungan mineral dan vitamin, saponin, flavoid, tannin, polifenol, dan tonikum yang diolah menjadi air rebusan diketahui dapat meningkatkan selera makan, bahkan juga pada wanita yang baru saja melahirkan yang biasanya kekurangan tenaga dan selera makan, ataupun pada orang biasa yang baru saja sembuh dari sakit yang biasanya masih enggan untuk makan.

Cara mengonsumsinya, cukup dengan memotong-motong kecil 5 lembar daun pandan wangi, lalu rebus dalam wadah berisi 3 gelas air, rebus sampai air rebusan hanya tersisa untuk ukuran 2 gelas, dinginkan sebentar sebelum langsung diminum. Untuk hasil nyata, tengguk air rebusan daun pandan ini satu gelas, dengan intensitas dua kali dalam sehari.