Categories
Tentang Penyakit

Gejala Penyakit Gondongan

Gejala Penyakit Gondongan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Meredakan Flu  , Manfaat Goji Berry , Makanan Yang Membuat Awet Muda , Tips Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh , Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat , Makanan Dan Minuman Pencegah Kanker , Tips Menyembuh Benjolan Pada Mata , Makanan Yang Mengandung Banyak Kalium , Khasiat Teh Rosella Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Migrain Termujarab , Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan , Macam Obat Tradisional & Khasiatnya , Obat Tradisional Atasi Kemaluan Sakit , Obat Tradisional Awet Muda , 3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan , Cara Mengatasi Mual Saat Hamil , Penyebab Kanker Payudara , Makanan Penurun Kolestrol , Buah Yang Bagus Untuk Bumil , Tips Mengatasi Gigi Ngilu , Gejala Penyakit Gondongan , Gejala Demam Berdarah , Obat Tradisional Untuk Kudis
Gejala Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan adalah infeksi yang disebabkan oleh virus menular. Virus ini menyebabkan pembengkakan yang disertai rasa sakit pada kelenjar ludah. Lamanya waktu dari terkena virus hingga sakit (masa inkubasi) sekitar 12-24 hari. Hal ini biasa terjadi pada anak-anak, dan dapat menyebabkan komplikasi lainnya bila tidak ditangani dengan tepat. Berikut ini kami akan memberitahukan anda apasaja Gejala Penyakit Gondongan :

  1. Demam

Mungkin sekilas demam merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada si Kecil, tetapi Ibu tetap harus memperhatikan disertai apakah demam yang terjadi pada si Kecil, misalnya kondisi wajahnya mengalami bengkak atau tidak.

  1. Nafsu makan berkurang

Jika si Kecil mengalami penurunan nafsu makan maka Ibu tidak dapat menyepelekannya, terlebih jika terjadi secara tiba-tiba sebab bisa jadi pengurangan nafsu makan tersebut merupakan efek dari sulit menelan akibat gondongan. Hal itu disebabkan oleh adanya pembengkakan pada kelenjar ludah pada rahang dan leher,

  1. Nyeri sendi

Ini merupakan ciri khusus jika si Kecil mengalami gondongan. Ketika mengunyah makanan si Kecil akan merasa tidak nyaman serta lebih berat, bahkan akan sulit dalam menelan makanan. Hal tersebut karena adanya rasa sakit di bagian sendi. Selain itu, Ibu juga wajib memperhatikan bagian leher si Kecil, sebab akan terasa sakit ketika disentuh. Jadi Ibu harus segera tanggap jika si Kecil mengeluh sakit pada bagian tersebut.

  1. Sakit kepala

Jenis penyakit seperti demam dan sakit kepala memang merupakan penyakit yang umum terjadi dan tidak selalu tanda dari gondongan. Namun, tidak ada salahnya jika Ibu berhati-hati terhadap gejala tersebut.

Bila Ibu khawatir atau curiga si Kecil mengalami gondongan, maka konsultasikan ke tenaga kesehatan untuk memeriksakan kondisi si Kecil lebih lanjut.

Apa penyebab penyakit gondongan?

Penyebabnya adalah virus penyakit gondongan. Virus tersebut mudah menyebar dari seseorang ke orang lainnya hanya dengan melalui embusan udara. Selain itu, Anda juga dapat terkena penyakit ini jika bersentuhan langsung atau menggunakan barang seseorang yang terjangkit penyakit gondongan.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk penyakit gondongan?

Penyembuhan biasanya menghabiskan 10 hari dan membuat penderitanya menjadi kebal terhadap penyakit gondongan seumur hidupnya.

Acetaminophen  (paracetamol) atau ibuprofen dapat membantu mengurangi demam dan nyeri. Kompresan dingin pada rahang juga dapat meringankan nyeri dan menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Minumlah lebih banyak cairan, tapi bukan cairan asam atau kecut. Hindarilah makanan pedas dan makanan yang membuat Anda memproduksi banyak air liur atau makanan yang memerlukan banyak kunyahan. Istirahatlah hingga demam Anda hilang dan kekuatan Anda pulih. Selain itu, anak-anak tidak disarankan untuk keluar hingga mereka tidak terjangkit lagi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk penyakit gondongan?

Doktor akan mendiagnosis melalui gejala dan pemeriksaan fisik. Tidak ada tes yang perlu dilakukan pada sebagian besar kasus. Akan tetapi, di beberapa kasus, Anda juga dapat diminta untuk melakukan sebuah tes darah untuk menentukan apakah Anda terjangkit penyakit gondongan atau tidak.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit gondongan?

Perubahan gaya hidup dan pengobatan rumah berikut dapat membantu Anda dalam mengatasi penyakit gondongan:

  • Perbanyaklah minum cairan (jangan yang asam atau kecut).
  • Berdiamlah di rumah untuk menghindari bertemu orang lain. Istirahatlah ketika Anda terkena demam hingga Anda pulih.
  • Gunakanlah pengompres dekat testis untuk membantu mengurangi rasa sakit, jika testis terasa sakit. Selain itu, gunakanlah celana dalam pelindung (athletic supporter).
  • Gunakanlah pengompres pada rahang yang sakit.
  • Makanlah makanan lembut dan tidak pedas, dan hindari makanan yang merangsang banyak air liur dan susah dikunyah.