Categories
Tentang Penyakit

Gejala Menderita Penyakit GERD

Gejala Menderita Penyakit GERD

Sering mengalami mulut terasa asam disertai rasa perih di dada hingga ke tenggorokan? Bisa jadi itu adalah gejala GERD. Kenali apa saja gejala GERD dan langkah-langkah untuk menanganinya.

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar Gejala Menderita Penyakit GERD  yang wajib anda ketahui.

1. Rasa asam di mulut

6 Gejala yang Menunjukkan Kamu Menderita GERD, Penyakit Paling Umum

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh otot atau sfingter di bagian atas lambung. Ketika menjadi lemah, asam naik ke dalam pipa makanan. Rasa asam ini bisa bertahan selama berminggu-minggu dan sangat mengganggu, mempengaruhi kualitas hidupmu. Masalah ini sangat umum di kalangan wanita hamil karena ada lebih banyak tekanan pada perut.

2. Regurgitasi

6 Gejala yang Menunjukkan Kamu Menderita GERD, Penyakit Paling Umum

Regurgitasi adalah naiknya asam ke tenggorokan atau mulutmu. Kamu mungkin mengalami rasa pahit, sendawa, dan kadang-kadang bahkan muntah.

Regurgitasi bisa terjadi kapan saja, tetapi menjadi sangat mengganggu di malam hari. Kamu bisa tiba-tiba bangun dengan cairan yang terasa pahit di tenggorokan dan perasaan panik.

3. Heartburn

Banyak orang mungkin pernah mendengar tentang heartburn dan bahkan mengalaminya, tetapi hampir tidak ada dari mereka yang berpikir bahwa hal itu disebabkan karena mereka memiliki GERD. Heartburn adalah gejala GERD yang paling umum.

Gejala heartburn biasanya ada perasaan terbakar atau tidak nyaman di dada tengah bagian bawah setelah makan. Ketidaknyamanan ini bisa meningkat ketika membungkuk atau berbaring telentang.

4. Dyspepsia

6 Gejala yang Menunjukkan Kamu Menderita GERD, Penyakit Paling Umum

Ketika menderita GERD, kamu mungkin merasakan ketidaknyamanan di perut, yang meliputi mual setelah makan, sakit perut bagian atas, bersendawa dan perut terasa sangat kenyang. Terkadang kamu bahkan tidak dapat merasakan lapar dan tidak memiliki nafsu makan karena perasaan kenyang di perutmu.

5. Dysphagia

6 Gejala yang Menunjukkan Kamu Menderita GERD, Penyakit Paling Umum

Dysphagia adalah dimana kamu bisa merasakan sensasi makanan menumpuk di tenggorokanmu. Ini bisa karena penyempitan esofagusmu.

Ketika disfagia terjadi, itu bisa menjadi tantangan karena kamu tidak bisa menelan, sehingga kamu mungkin makan tidak cukup kalori dan menyebabkan masalah medis tambahan lainnya.

6. Batuk parah

6 Gejala yang Menunjukkan Kamu Menderita GERD, Penyakit Paling Umum

Batuk memang bukan gejala khas dari GERD, tetapi setidaknya 25-40 persen kasus penderita GERD ada bersamaan dengan batuk kronis. Selain itu kamu juga bisa merasakan tanda-tanda yang kurang umum seperti nyeri saat menelan, peningkatan air liur, penurunan berat badan, iritasi tenggorokan, bau mulut, mulut kering dan nyeri dada.

Ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala dari GERD kalau kamu memang sudah tahu kamu mengalaminya. Seperti makan dalam porsi yang lebih sedikit, mengurangi alkohol, makanan asam dan pedas dan jangan makan sebelum tidur.