Gejala Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks

Image result for Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyerang kaum wanita. Agar terhindar dari bahaya kanker serviks, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri kanker serviks sejak dini.

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit kanker yang menyerang leher rahim pada organ reproduksi wanita, dan disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV. Kondisi ini umumnya disadari ketika telah memasuki stadium lanjut. Karena itu, selain melakukan pemeriksaan rutin, Anda perlu mengamati berbagai ciri-ciri kanker serviks, agar bisa dikenali sejak dini dan dilakukan pengobatan secepatnya. Berikut ini kami akan membahas mengenai Gejala Kanker Serviks yang wajib anda ketahui .

Mengenali Gejala Kanker Serviks

Data dari WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita di dunia.

Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Karena gejala awal kanker serviks stadium tidak mudah terlihat, gejalanya akan terlihat ketika kanker serviks sudah menyebar di jaringan sekitarnya. Gejala yang dapat muncul antara lain:

  • Nyeri perut bawah bagian bawah atau leher rahim

Gejala kanker serviks lainnnya yang bisa Anda kenali adalah munculnya rasa nyeri pada area panggul dan perut bagian bawah. Selain itu, rasa nyeri yang muncul saat Anda berhubungan seksual, juga dapat dicurigai sebagai gejala awal kanker serviks.

  • Pendarahan abnormal

Gejala kanker serviks atau gejala kanker rahim selanjutnya adalah pendarahan vagina yang tidak beraturan. Gejala yang paling umum dari kanker serviks ini dapat terjadi antara periode menstruasi atau setelah berhubungan intim.

Sementara apabila pendarahan terjadi pada wanita yang sudah menopause, kondisi bisa jadi menandakan adanya kanker serviks atau kondisi serius lainnya.

  • Jadwal BAB yang tidak teratur

Perubahan jadwal BAB bisa juga menandakan gejala kanker serviks atau penyakit lainnya. Perhatikan, apakah Anda belakangan ini menjadi sulit BAB. Pasalnya, kondisi ini mungkin saja menandakan kalau Anda mengalami kanker serviks.

Perlu diketahui, bila massa pada kanker serviks gejala awal sudah tumbuh cukup besar, benjolan kanker dapat menekan usus Anda dan membuat Anda sulit BAB. Tapi, Anda terlalu cemas dulu, sebab kesehatan ini bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya, tak hanya sebagai tanda kanker serviks gejala awal

  • Keputihan yang tidak biasa

Keputihan yang berwarna pucat, cokelat, encer atau berbau busuk yang terjadi terus menerus, merupakan salah satu gejala kanker serviks yang harus diwaspadai.

Penyebab Kanker Serviks

Setelah Anda mengetahui beberapa gejala kanker serviks, Anda juga perlu mengetahui apa penyebab kanker serviks. Penyebab kanker serviks yang umum ditemui adalah saat seseorang sudah positif terhadap virus Human Papilloma Virus (HPV.)

Virus ini umumnya ditularkan melalui hubungan seksual. Sebagian HPV dapat memicu terjadinya kutil kelamin, sebagian lagi menyebabkan kanker serviks.

Setelah gejala awal ini muncul, biasanya akan diikuti oleh gejala lain yang lebih berat seperti: sulit buang air kecil maupun besar, tubuh terasa lemah, penurunan berat badan hingga pembengkakan salah satu atau kedua kaki.

Penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan WC umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.

Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin C dan vitamin E serta kurangnya asupan asam folat.

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini.

Faktor lain penyebab kanker serviks adalah adanya keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama, atau terlalu sering melahirkan.

Ciri-Ciri Kanker Serviks

Nah, setelah Anda mengetahui gejala kanker serviks dan penyebab kanker serviks, kini saat Anda mengetahui ciri-ciri kanker serviks, di antaranya:

  • Sering timbul flek-flek pada bagian kewanitaan, walaupun Anda sedang tidak mengalami haid.
  • Sering mengalami sakit yang berlebih atau nyeri-nyeri ketika Anda sedang melakukan hubungan suami istri.
  • Mengalami keputihan yang tidak wajar dan kadang disertai dengan pendarahan yang banyak.
  • Ketika buang air kecil sering merasakan sakit pada bagian kewanitaan Anda.
  • Mengalami pendarahan yang banyak ketika Anda menstruasi.
  • Sering merasakan sakit di daerah pinggul.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Menstruasi tidak teratur.
  • Terkadang Anda akan mengalami pembengkakkan di bagian paha.

Guna melihat ciri-ciri kanker serviks lebih detilnya mungkin Anda dapat konsultasikan ke dokter, karena ciri kanker serviks di atas merupakan ciri-ciri kanker rahim secara umum. Terkadang ada penderita kanker serviks yang tidak mengalami ciri-ciri tersebut, namun setelah dicek ternyata positif kanker serviks.

Pencegahan Kanker Serviks

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker serviks adalah melakukan vaksinasi HPV. HPV adalah salah satu penyebab kanker serviks gejala awal.

Virus ini menyebar melalui hubungan seksual. Bila Anda mengalami penyakit seksual menular, maka risiko untuk terserang virus ini juga cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda juga sebaiknya selalu menjaga kebersihan vagina agar terhindar dari berbagai infeksi.

Meskipun vaksin HPV dapat mengurangi risiko kanker serviks, tetapi tidak menjamin Anda tidak akan mengalami kanker serviks. Anda tetap disarankan menjalani pap smear untuk mendeteksi kanker serviks. Vaksin ini disarankan diberikan pada perempuan usia 12-13 tahun dan diulangi setiap 6 bulan sebanyak 3 kali pemberian.

Berikut tips untuk mencegah kanker serviks:

  • Hindari membersihkan bagian kewanitaan Anda terlalu sering karena dapat membunuh bakteri baik yang ada di dalamnya dan PH menjadi tidak stabil.
  • Hindari hubungan intim secara bebas (tanpa menggunakan pengamanan) karena jika Anda melakukannya maka risiko terkena kanker serviks akan semakin tinggi.
  • Mulailah pola hidup sehat yang baik dan benar karena dengan pola hidup yang sehat risiko mengalami berbagai macam penyakit menjadi kecil.
  • Hindari kebiasaan merokok karena merokok dapat meningkatkan risiko mengalami kanker serviks.