Gejala Gangguan Pendengaran

Gejala Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran adalah gangguan kesehatan di mana Anda kehilangan kemampuan untuk mendengar suara secara bertahap. Ada 3 jenis gangguan pendengaran, tergantung pada bagian yang terpengaruh:

  • Gangguan pendengaran sensorineural terjadi apabila sel-sel pada bagian dalam telinga atau saraf auditori rusak. Kondisi ini terjadi secara alami akibat proses penuaan atau setelah cedera.
  • Gangguan pendengaran konduktif disebabkan oleh penyumbatan yang menyebabkan suara tidak dapat melewati telinga luar ke dalam telinga dalam.
  • Gangguan pendengaran campuran terjadi apabila gangguan pendengaran konduktif dan gangguan pendengaran sensorineural terjadi dalam waktu yang bersamaan. Nah berikut ini adalah Gejala Gangguan Pendengaran .

1. Menjawab Tidak Sesuai Pertanyaan

Pendengaran yang terganggu akan menyebabkan penderitanya kesulitan mendengar suara secara sempurna, dan ini sangat berpengaruh saat sedang berbicara dengan seseorang. Gangguan pendengaran dapat membuat penderitanya keluar dari jalur pembicaraan, dan tak jarang menjawab pertanyaan lawan bicaranya dengan jawaban yang tidak sesuai.

2. Berbicara dengan Keras

Orang yang terganggu pendengarannya tentu tidak dapat mendengar suara dengan volume kecil. Karena itu, mereka yang mengalaminya sering berbicara dengan keras atau lantang agar bisa mendengar suaranya sendiri. Selain itu, saat mendengar musik atau menonton tv, penderitanya juga selalu menyetel volume yang tinggi agar suaranya bisa terdengar.

3. Meminta Mengulang Perkataan

Saat sedang berbicara dengan orang lain, seseorang yang mengalami gangguan pendengaran akan sering meminta lawan bicaranya untuk mengulang perkataannya kembali. Hal ini dikarenakan ia tidak dapat mendengar dengan jelas sehingga butuh pengulangan dengan suara yang lebih keras untuk dapat menangkap maksud dari orang yang diajaknya berbicara.

4. Sulit Menentukan Arah Sumber Suara

Karena fungsi indera pendengaran yang terganggu, tentu saja kemampuan mendengar menurun dan menyebabkan penderitanya kesulitan dalam menentukan arah sumber suara yang didengarnya. Kondisi ini dapat menyebabkan orang yang mengalaminya kesulitan untuk menemukan seseorang yang memanggilnya saat di tengah keramaian.

5. menarik Diri dari Situasi Sosial

Saat menyadari kalau dirinya mengalami gangguan pendengaran, penderitanya akan mulai menarik diri dari lingkungan sosial dan kondisi di lingkungan sekitar yang ramai. Mereka yang mengalami gangguan pendengaran juga menjadi sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain sehingga tak jarang membuat mereka enggan untuk berkomunikasi terutama di tempat umum.

6. Respon yang Lambat pada Anak

Jika gangguan pendengaran terjadi pada anak dan balita, biasanya dapat terlihat gejalanya dengan tidak kagetnya anak saat mendengar bunyi nyaring atau keras. Selain itu, jika anak sulit untuk berbicara, tidak menoleh ketika dipanggil namanya dan sulit mengucapkan kembali kata yang diucapkan orang lain, bisa dipastikan fungsi pendengarannya sedang terganggu.

Image result for Gangguan Pendengaran