Gejala Gangguan Bipolar

Gejala Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar merupakan kondisi kejiwaan yang membuat penderitanya mengalami perubahan emosi yang drastis, dari mania (sangat senang) menjadi depresif (sangat terpuruk), atau pun sebaliknya. Sebelum terjadi perubahan dari satu emosi ke emosi lain, biasanya terdapat fase dimana suasana hati atau emosi pasien normal. Namun pada kasus tertentu, perubahan emosi juga dapat terjadi tanpa adanya fase normal. Tiap emosi atau gejala, baik mania mau pun depresi, dapat berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Berikut adalah Gejala Gangguan Bipolar .

1. Perubahan Emosi yang Sangat Drastis

Seseorang yang mengalami gangguan bipolar sangat mudah mengalami perubahan emosi, dan perubahan tersebut terjadi begitu cepat. Kondisi ini membuat penderitanya kesulitan untuk membangun hubungan sosial dan berinteraksi dengan orang lain, termasuk dalam hal pekerjaan. Jika ini terjadi, jangan ragu untuk memeriksakannya ke ahli kejiwaan untuk mendapatkan terapi yang tepat agar segera sembuh.

2. Merasa Sangat Senang

Perasaan bahagia atau senang memang bisa dialami siapa saja, dan hal tersebut masih terbilang wajar jika tidak berlebihan. Hal tersebut justru tidak bisa dilakukan penderita bipolar, karena saat mereka merasakan kegembiraan, perasaan tersebut diekspresikan secara berlebihan dan terkadang hingga membuat orang-orang di sekelilingnya ketakutan.

3. Tidak Nafsu Makan dan Sulit Tidur

Penderita bipolar juga kerap merasakan kesulitan untuk tidur, bahkan keinginan untuk pergi tidur sangat menurun. Di samping itu, nafsu makannya juga jauh berkurang sehingga seringkali pemenuhan asupan gizi menjadi terhambat. Jika gejala ini terus terjadi makan kesehatan tubuh di penderita pun akan terancam.

4. Sangat Mudah Terganggu

Sangat sulit mendapatkan ketenangan saat mental seseorang terganggu, begitu pula pada penderita gangguan bipolar. Kondisi lingkungan dan aktivitas orang-orang di sekitar membuatnya kerap dilanda kecemasan dan mudah terganggu dengan kehadiran orang lain. Mereka yang mengalami penyakit bipolar perlu mendapatkan ruangan khusus saat beraktivitas agar terhindar dari berbagai gangguan.

5. Sangat Bersemangat dan Percaya Diri

Meski secara mental para penderita bipolar tidaklah sehat, mereka tetap mampu melakukan segala sesuatu dengan begitu bersemangat dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dorongan semangat yang besar akan membuat aktivitas lebih baik dan produktif, serta membuat penderitanya lebih percaya diri.

6. Mudah Mengalami Depresi

Tekanan hdup yang berat dapat membuat seseorang mengalami depresi, baik dalam bentuk yang kecil maupun yang besar. Saat penderita bipolar sedang berada di perasaan bersedihnya, maka ia akan sangat mudah mengalami depresi hingga dapat mengganggu berbagai aktivitas.

Nah, gejala di atas merupakan tanda yang umum terjadi pada orang-orang dengan kemungkinan besar mengalami gangguan bipolar. Kita semestinya mempedulikan mereka lebih banyak atau setidaknya membantunya menjalani proses pengobatan hingga gejala dapat dikurangi. Dengan begitu angka penderita bipolar dapat menurun dan tentu saja ini sangat bagus untuk kesehatan jiwa kita.

Image result for Bipolar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *