Gejala Demam Berdarah

Gejala Demam Berdarah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Meredakan Flu  , Manfaat Goji Berry , Makanan Yang Membuat Awet Muda , Tips Menjaga Kesehatan Jantung , Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh , Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat , Makanan Dan Minuman Pencegah Kanker , Tips Menyembuh Benjolan Pada Mata , Makanan Yang Mengandung Banyak Kalium , Khasiat Teh Rosella Untuk Kesehatan , Obat Tradisional Migrain Termujarab , Obat Alami Untuk Mengatasi Sariawan , Macam Obat Tradisional & Khasiatnya , Obat Tradisional Atasi Kemaluan Sakit , Obat Tradisional Awet Muda , 3 Jamu Tradisional Setelah Melahirkan , Cara Mengatasi Mual Saat Hamil , Penyebab Kanker Payudara , Makanan Penurun Kolestrol , Buah Yang Bagus Untuk Bumil , Tips Mengatasi Gigi Ngilu , Gejala Penyakit Gondongan , Gejala Demam Berdarah , Obat Tradisional Untuk Kudis

Gejala Demam Berdarah

Gejala demam berdarah sering disalahartikan dengan gejala penyakit lainnya yang juga mengalami demam. Sebab, ada beberapa gejalanya yang serupa dengan beberapa penyakit lain, sepertiflu atau infeksi virus atau bakteri. Bila tidak mendapat pengobatan segera, demam berdarah dapat berakibat fatal. Berikut ini ada  gejala demam berdarah yang tidak boleh diabaikan oleh pasien.

Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah DBD dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

Penyakit demam berdarah yang ringan dapat menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Sedangkan penyakit demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba drastis dan bahkan bisa berujung kematian.

Ada empat serotipe virus dengue (DENV) yaitu DENV-1, -2, -3, dan -4, dan infeksi dari virus tersebut menyebabkan berbagai gejala seperti demam, pusing, nyeri pada bola mata, otot, sendi, dan ruam. Orang yang terinfeksi virus dengue sering kali juga mengalami kelelahan jangka panjang. Virus dengue dapat berkembang menjadi hal yang dapat mengancam jiwa (severe dengue), mengakibatkan nyeri perut dan muntah, sulit bernapas, dan penurunan trombosit darah yang bisa mengakibatkan pendarahan internal.

Penyakit demam berdarah biasa ditemukan pada daerah tropis dan sub-tropis, terutama di area urban dan semi-urban. Hingga saat ini belum ada penanganan yang spesifik untuk demam berdarah. Namun, vaksin demam berdarah telah dikembangkan oleh WHO pada bulan April 2016. Vaksin tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya fase ke-2 demam berdarah. Berikut ini merupakan Gejala Demam Berdarah  :

  1. Nyeri otot dan persedian

Apabila Ibu mengalami pegal pada otot dan persendian setelah beraktivitas padat, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Namun, apabila nyeri otot dan persedian yang dialami juga disertai demam, Ibu berkonsultasi ke dokter lebih lanjut karena nyeri otot dan persendian juga dapat menjadi salah satu gejala demam berdarah.

  1. Mual dan muntah

Mual serta muntah termasuk gejala demam berdarah yang tidak dapat dianggap remeh. Selain mual dan muntah, penyakit ini juga dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan. Padahal, penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang tidak memiliki obat khusus, selain istirahat, asupan gizi yang baik, serta konsumsi cairan yang cukup. Agar kesehatan penderita membaik, usahakan untuk tetap memberikannya makanan bergizi agar kondisi badannya tidak menurun.

  1. Ruam merah pada kulit

Salah satu gejala demam berdarah yang tampak pada penderita adalah ruam merah pada kulit. Ruam merah tersebut muncul akibat pendarahan pada kulit. Namun, gejala ini kini tidak selalu muncul sebagai gejala utama demam berdarah. Menurut dr Hittoh Fattory SpA, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Umum Daerah Balikpapan, tidak semua kasus demam berdarah dengue kini memiliki gejala khas ruam merah pada kulit.

  1. Mimisan dan gusi berdarah

Gejala demam berdarah ini merupakan bentuk lain dari pendarahan, selain ruam merah pada kulit. Gejala ini juga muncul apabila penyakit demam berdarah sudah tergolong parah. Jika gejala ini muncul pada penderita, konsultasi ke dokter perlu dilakukan segera agar penanganan lebih lanjut tidak terlambat dilakukan.