Categories
Tentang Penyakit

Gejala Asam Lambung Kronis

Gejala Asam Lambung Kronis

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia , Cara Alami Mengobati Migrain , Obat Alami Menghilangkan Bau Badan , Obat Tradisional Penghilang Gatal , Dampak Insomnia Bagi Tubuh , Gejala Asam Lambung Kronis , Obat Tradisional Asam Lambung , Cara Mencegah Kanker Payudara , Deteksi Penyakit Dari Warna Lidah , Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan , Cara Mengatasi Nyeri Pinggang , Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan , Makanan Yang Berbahaya Untuk Bumil , Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut , Cara Mengatasi Telat Haid , Jamu Setelah Melahirkan , Jenis Jamu Pelancar Asi
Gejala Asam Lambung Kronis

Asam lambung adalah sejenis cairan dalam sistem pencernaan yang terdapat dalam lambung dan terdiri dari asam klorida (HCl), kalium klorida (KCl), dan natrium klorida (NaCl). Cairan tersebut berperan penting untuk pencernaan protein, dengan menghidupkan enzim pencernaan yang mengurai protein menjadi rantai panjang asam amino. Asam lambung dihasilkan dari sel-sel yang terdapat pada lambung, yang dapat mengatur sendiri jumlah produksi asam lambung jika diperlukan. Sel lain dalam lambung memproduksi bikarbonat yang mengontrol kadar keasaman pada asam lambung. Sel-sel tersebut juga memproduksi lapisan mukus yang mencegah asam lambung agar tidak membahayakan lambung. Pankreas memproduksi bikarbonat lebih banyak lagi melalui saluran pankreas ke duodenum untuk menetralkan asam lambung yang masuk lebih jauh ke dalam saluran pencernaan. Untuk mengetahuilanjujt berikut ini kami akan mengenalkan pada anda Gejala Asam Lambung Kronis yang harus anda ketahui , berikut merupakan ulasan yang harus disimak :

1. Rasa Terbakar Di Area Dada

Gejala asam lambung kronis yang sering tidak disadari adalah rasa terbakar di area dada. Asam lambung yang naik dari daerah lambung menuju kerongkongan akan memicu efek terbakar dan panas pada daerah yang dilewati.

2. Perut Terasa Perih Dan Nyeri

Anda merasa nyeri dan perih setelah habis makan besar?. Jangan takut berlebihan namun jangan pula disepelekan. Ini bisa jadi salah satu gejala asam lambung kronis. Rasa perih dan nyeri di perut biasanya muncul setelah Anda mengkonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Yaitu makanan yang bersifat asam dan pedas seperti cuka,buah yang asam, sambal dan sebagainya.

3. Rasa Pahit Di Mulut

Selain menimbulkan terbakar dan panas, asam lambung jika melewati mulut juga akan menimbulkan rasa pahit dan tidak enak di mulut. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi yaitu menimbulkan efek tersedak.

4. Perut Mual Dan Kembung

Banyak orang meyakini bahwa  perut mual dan kembung identik dengan gejala masuk angin. Padahal asam lambung yang naik dapat menyebabkan nyeri dan perih dibagian lambung yang dapat memicu kembung dan mual. Biasanya rasa mual ini akan muncul setelah Anda mengkonsumsi makanan yang pedas atau asam.

5. Sendawa Berulang-ulang

Sendawa merupakan hal biasa. Namun menjadi tidak biasa jika mengalami sendawa yang berulang-ulang.  Sama halnya dengan beberapa gejala sebelumnya, naiknya asam lambung ke arah kerongkongan hingga mulut atau reflux menjadi pemicu utamanya. Biasanya gejala ini juga disertai dengan rasa mual dan ingin muntah.

6. Munculnya Air Liur yang Berlebihan

Saat asam lambung naik jumlah air liur yang diproduksi akan bertambah dan berlebihan. Jumlah yang berlebih disebabkan karena adanya pembersihan iritan-iritan yang ada di dalam lambung.

7. Laringitis

Naiknya asam lambung ke daerah kerongkongan dan tenggorokan yang menginfeksi  pita suara dapat menyebabkan laringitis atau peradangan pada bagian laring. Efek yang ditimbulkan antara lain rasa sakit ketika menelan makanan dan nyeri pada bagian kerongkongan ataupun tenggorokan.

8. Nafas Menjadi Bau

Bau mulut sering diidentikkan dengan malas menggosok gigi. Nyatanya, bau mulut bisa menjadi salah satu indikasi gejala asam lambung kronis. Selain menimbulkan rasa pahit di rongga mulut, asam lambung juga akan menimbulkan efek bau mulut tidak sedap.

9. Sulit Menelan Makanan

Asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan menyebabkan saluran tersebut agak tersumbat. Selain itu, asam lambung yang naik juga akan menyebabkan penyempitan esofagus. Penderita  seolah-olah merasakan adanya benjolan di bagian tenggorokan yang menghalangi proses tertelannya makanan menuju lambung. Hal ini yang menyebabkan penderita kesulitan dalam menelan makanan.

10. Keringat Dingin

Banyak yang mengira jika penyakit asam lambung merupakan penyakit biasa yang bisa hilang dalam waktu yang singkat. Namun jika tidak diobati dengan segera, asam lambung bisa menjadi penyakit kronis yang berbahaya. Salah satu gejala yang tidak biasa adalah biasanya penderita akan mengalami keringat dingin. Hal itu disebabkan karena adanya rasa sakit pada ulu hati atau pada bagian perut lainnya.

11. Berat Badan Berkurang

Nafsu makan yang menurun drastis bisa menjadi indikasi gejala asam lambung kronis. Hal itu disebabkan karena penderita merasa mual dan tidak nyaman di perut. Akibatnya, berat badan akan berkurang disebabkan karena berkurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Itulah beberapa gejala asam lambung kronis yang perlu Anda perhatikan dan waspadai. Jika ada mengalami gejala-gejala tersebut segera perbaiki pola makan Anda. Atur pola makan yang teratur dan rajin berolahraga. Dan jangan lupa untuk selalu periksa ke dokter agar Anda mendapatkan pengobatan sejak dini.