Gaya Hidup Pemicu Degeneratif

Gaya Hidup Pemicu Degeneratif

Image result for Gaya Hidup Pemicu Degeneratif

Gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit, termasuk penyakit degeneratif. Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin untuk menghindari penyakit tersebut.

Penyakit degeneratif umumnya diakibatkan oleh penurunan kinerja secara bertahap pada sel-sel tubuh yang kemudian berdampak kepada fungsi organ secara umum. Sebagian besar penyakit degeneratif muncul akibat pertambahan usia, bukan akibat virus atau bakteri. gaya hidup yang buruk juga turut meningkatkan risiko terjadinya penyakit ini. Nah berikut ini kami akan membahas mengenai Gaya Hidup Pemicu Degeneratif .

Sering Konsumsi Junkfood

Junkfood merupakan makanan yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada kandungan gizinya. Biasanya kandungan gula dan lemak jahatnya sangat tinggi, sehingga tidak baik dikonsumsi apalagi terlalu sering. Kebiasaan mengkonsumsi junkfood dapat menyebabkan penebalan pembuluh darah, kerusakan hati, terganggunya metabolisme hingga penyakit jantung.

2. Kurang Aktivitas Fisik

Aktivitas yang monoton dan banyak duduk tidak hanya membuat tubuh kaku, namun juga dapat menyebabkan obesitas, diabetes dan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan jantung tidak terlatih untuk melakukan aktivitas fisik dan fungsinya menjadi lemah. Selain itu, kurang gerak akan menyebabkan kalori hanya terbakar sedikit, hingga lemak pun menimbun dan menjadikan tubuh gemuk.

3. Hobi Makan Makanan Manis

Jika Anda pecinta makanan manis seperti kue, roti dan permen, sebaiknya mulailah menhindari makanan tersebut. Kandungan gula yang tinggi dapat membuat darah kelebihan kadar glukosa, sehingga memicu penyakit diabetes yang pada akhirnya akan mengganggu fungsi berbagai organ tubuh. Nornalnya, tubuh manusia dewasa hanya boleh mengkonsumsi paling banyak 4 sendok makan gula, jadi jika sering makan yang manis tentu asupan gula menjadi berlebih.

4. Sering Makan Makanan Asin

Jika makanan yang manis dan berlebihan kandungan gula berbahaya bagi tubuh, maka makanan yang tinggi kandungan garam juga sangat berbahaya jika banyak dikonsumsi. Tubuh kita maksimal hanya bisa mendapat asupan garam sebanyak 1 sendok teh, tentu kadar tersebut akan berlebih jika makanan asin sering dikonsumsi. Jadi pilihlah makanan yang kadar gula dan garamnya tidak berlebihan agar terhindar dari penyakit degeneratif.

5. Melewatkan Waktu Makan

Pernahkah Anda sengaja melewatkan waktu makan hanya demi agar porsi makan berkurang dan diet menjadi sukses? Jika iya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Karena menahan lapar akan membuat nafsu makan naik berkali lipat, sehingga saat jam makan berikutnya porsi makan akan jauh lebih besar. Ini menyebabkan proses metabolisme terganggu dan justru memicu kegemukan.

6. Hobi Begadang

Hobi begadang karena ada tugas atau pekerjaan yang menumpuk mungkin masih dimaklumi, namun jika hanya karena menonton tv atau bermain gadget Anda rela mengurangi waktu tidur, maka jelas kesehatan tubuh Anda tengah terancam. Sebaiknya tidurlah lebih cepat di malam hari dan bangunlah lebih dini di pagi hari agar tubuh terasa lebih sehat dan segar.

Gaya hidup tidak sehat ini sering kita lakukan namun jarang kita menyadari bahwa kebiasaan tersebut akan merugikan diri sendiri bahkan keluarga. Jadi mulailah untuk hidup sehat dan cegah penyakit degeneratif sedini mungkin.