Categories
Tentang Penyakit

Faktor Penyebab Asma

Faktor Penyebab Asma

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Cengkeh , Manfaat Daun Bidara , Manfaat Makan Bubur Kacang Hijau , Manfaat Kelapa Merah Untuk Kesehatan , Manfaat Sendok untuk Kecantikan , Penyebab Beruntusan di Dahi , Mengatasi Jerawat Dengan Cuka Apel , Alasan Terjadinya Rahim Turun , Manfaat Jengger Ayam Jago , Cara Mengatasi Sakit Tulang Belakang , Manfaat Pucuk Pepaya , Penyakit Yang Disebabkan Kuman Gigi , Manfaat Kulit Apel Hijau , Manfaat Daun Durian Belanda , Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan , Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal , Pengertian Dehidrasi , Makanan Sehat Untuk Kulit , Efek Samping Bawang Putih , Bahaya Obat Nyamuk Bakar Dan Semprot , Faktor Penyebab Asma , Makanan Penurun Darah Tinggi , Makanan Peninggi Badan Alami
Faktor Penyebab Asma

Penyebab Asma secara pasti masih belum diketahui. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang dapat memicu kemunculan gejala penyakit ini, di antaranya:

  • Infeksi paru-paru dan saluran napas yang umumnya menyerang saluran napas bagian atas seperti flu.
  • Alergen (bulu hewan, tungau debu, dan serbuk bunga).
  • Paparan zat di udara, misalnya asap kimia, asap rokok, dan polusi udara.
  • Faktor kondisi cuaca, seperti cuaca dingin, cuaca berangin, cuaca panas yang didukung kualitas udara yang buruk, cuaca lembap, dan perubahan suhu yang drastis.
  • Kondisi interior ruangan yang lembap, berjamur, dan berdebu.
  • Stres.
  • Emosi yang berlebihan (kesedihan yang berlarut-larut, marah berlebihan, dan tertawa terbahak-bahak).
  • Aktivitas fisik (misalnya olahraga).
  • Obat-obatan, misalnya obat pereda nyeri anti-inflamasi nonsteroid (aspirin, naproxen, dan ibuprofen) dan obat penghambat beta (biasanya diberikan pada penderita gangguan jantung atau hipertensi).
  • Makanan atau minuman yang mengandung sulfit (zat alami yang kadang-kadang digunakan sebagai pengawet), misalnya selai, udang, makanan olahan, makanan siap saji, minuman kemasan sari buah, bir, dan wine.
  • Alergi makanan (misalnya kacang-kacangan).
  • Penyakit refluks gastroesofageal (GERD) atau penyakit di mana asam lambung kembali naik ke kerongkongan sehngga mengiritasi saluran cerna bagian atas.

Sangat penting untuk mengetahui apa yang kerap memicu munculnya gejala apabila Anda adalah seorang penderita asma. Setelah mengetahuinya, hindari hal-hal tersebut karena itu merupakan cara terbaik bagi Anda untuk mencegah terjadinya serangan asma.

Berikut ini faktor penyebab asma paling utama, yang paling banyak terjadi di lingkungan kita :

1. Faktor Genetik

Salah satu faktor yang paling sering menjadi penyebab dari kambuhnya asma, atau terjangkitnya seseorang dengan penyakit asma adalah faktor genetik atau faktor bawaan. Faktor genetic atau bawaan ini diturunkan oleh generasi sebelumnya, seperti orang tua, nenek kakek, ataupun buyut. Seseorang yang mendapatkan bakat asma karena keturunan atau faktor genetic ini biasanya mengalami gejala – gejala asma yang mirip dengan orang tua atau kakek neneknya dahulu.

Asma yang diperoleh karena faktor genetic atau bawaan ini lebih sulit untuk dihilangkan, hanya dapat dikurangi saja gejala – gejalanya secara bertahap.

Faktor genetic ini, selain berasal dari faktor keturunan, memeiliki beberapa faktor lain, yaitu :

  • Jenis Kelamin
  • Ras

2. Faktor Kondisi Saluran Nafas

Seperti sudah diketahui sebelumnya, asma terjadi ketika saluran pernapasan seseorang mengalami iritasi, sehingga menyempit dan menyebabkan kesulitan untuk bernapas, atau biasa disebut sesak napas. Ada beberapa orang yang memiliki kondisi saluran pernapasan yang sangat sensitif, sehingga mudah terjadi iritasi pada saluran pernapasannya. Hal ini menyebabkan mereka akan lebih mudah terserang asma, karena kondisi saluran nafasnya yang mudah teriritasi.

3. Faktor Lingkungan

Faktor lain yang sangat mempengaruhi kambuhnya penyakit asma ini adalah faktor yang berasal dari lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar memiliki banyak jenis polutan dan hal hal lain yang sanggup membuat saluran pernapasan anda teriritasi dan mengalami penyempitan, hingga akhirnya mengalami sesak nafas. Berikut ini adalah faktor – faktor lingkungan yang mampu membuat asma anda menjadi kambuh :

Debu di dalam rumah

Debu yang berada di dalam rumah memiliki peran yang penting dalam meningkatkan resiko asma pada diri anda. debu bisa terdapat di mana saja di bagian rumah anda, termasuk kasur anda sendiri. Salah satu penyebab gejala asma yang paling banyak ditemui adalah banyaknya debu yang terhirup, yang membuat anda menjadi sesak nafas

Tungau
Kondisi Udara
Kondisi di dalam rumah
Jamur
Alergi Makanan
Zat Allergen
Irritant yang menyebar di udara

4. Faktor Kondisi Medis

Faktor lain yang dapat menimbulkan gejala asma bagi anda adalah faktor yang berasal dari kondisi medis. Kondisi medis dapat berupa efek dari penggunaan obat – obatan tertentu, ataupun kondisi pasien yang mengalami suatu penyakit yang dapat mempengaruhi kondisi saluran pernapasan mereka. Berikut ini beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kambuhnya asma anda :

Penyakit Bronkhitis

Bronkhitis merupakan suatu penyakit yang menyerang paru – paru dan secara otomatis bagian dari saluran pernapasan anda akan ikut terganggu karena kehadiran penyakit ini.

Kelahiran Prematur
Ibu hamil perokok
Penggunaan obat – obatan

Selain beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa faktor lain yang dapat menimbulkan kambuhnya atau terjangkitnya seseorang oleh asma. Faktor-faktor tersebut antara lain :

5. Stress

Stress sudah terbukti dapat berpengaruh secara negatif dengan kondisi kesehatan seseorang. Orang- orang dengan tingkat stress yang tinggi, bahkan merasa depresi akan mengalami beberapa ganggua – gangguan kesehatan yang, salah satunya adalah mengalami penyebab asma dan sesak nafas ini.

6. Olahraga yang berlebihan

Olahraga memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun olahraga yang berlebihan sangat tidak disarankan. Terutama bagi orang yang memiliki bakat sebagai penderita asma. Olahraga berlebihan akan sangat mengganggu kemampuan pernapasan, sehingga gejala asma dan sesak napas akan timbul dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Itulah beberapa faktor penyebab penyakit asma. Cobalah hindari faktor-faktor yang menurut anda bisa dihindari, maka anda akan terhindar dari resiko penyakit tersebut.