Efek Samping Suntik Vitamin C

Efek Samping Suntik Vitamin C

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Memar Tradisional , Efek Samping Suntik Vitamin C , Dampak Buruk Daging Anjing , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Panu Tradisional , Tanda Penyakit Kista , Khasiat Jahe Putih Untuk Kesehatan , Bahaya Radiasi Smartphone Untuk Tubuh , Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan , Daftar Buah Pembunuh Sel Kanker , Kenali Gejala Penyakit Glaukoma

Efek Samping Suntik Vitamin C

Tertarik suntik vitamin C? Suntik vitamin memang memiliki beberapa manfaat. Manfaat suntik vitamin C cukup luas, tidak hanya untuk asupan gizi melainkan juga bisa untuk kecantikan. Akan tetapi, jangan tergesa-gesa untuk mendapatkan manfaat suntik vitamin C dulu karena ada beberapa efek samping yang juga perlu Anda ketahui.

Tetaplah membaca penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh tentang suntik vitamin C. Temukan pula informasi mengenai apa itu suntik vitamin C, apa saja manfaat suntik vitamin C, efek samping suntik vitamin C, dan informasi lainnya.

Apa itu suntik vitamin C?

Suntik vitamin C adalah tindakan memberikan vitamin C murni secara langsung ke dalam aliran darah. Aliran darah yang dimaksud bisa melalui intravena atau IV (pembuluh darah), intramuskular atau IM (otot), atau lewat subkutan (bawah kulit).

Ketersediaan suntik vitamin C cukup bervariasi. Ada suntikan vitamin C dengan konsentrasi 250 mg/mL, 500 mg/ mL, hingga 25 gram/ mL yang merupakan dosis tinggi. Satu kali suntikan vitamin C bisa setara dengan beberapa buah suplemen oral vitamin C. Selain banyak manfaatnya  , ternyata suntik vitamin c ini mempunyai efek sampingnya lho , berikut ini adalah Efek Samping Suntik Vitamin C :

1. Alergi, apabila kamu memiliki imunitas yang rendah

Sebelum benar-benar melakukan suntik vitamin C, sebaiknya kamu memeriksakan diri lebih dulu terkait tingkat imunitas yang kamu miliki. Dengan imunitas yang rendah, kamu akan berisiko lebih besar terkena alergi. Jangan gegabah mengambil keputusan, karena dosis penyuntikan vitamin C cukup besar.

2. Gatal dan iritasi sebagai efek alergi atau bahkan efek dari vitamin C itu sendiri

Gatal dan iritasi yang dirasakan bisa jadi karena efek dari alergi tadi atau efek langsung dari kadar tinggi vitamin C yang masuk ke dalam tubuhmu. Iritasi biasa terjadi pada titik bekas suntikan. Hati-hati, karena gatal dan iritasi yang kamu alami dapat menjadi gejala awal dari penyakit kulit.

3. Kerontokan rambut karena kadar injeksi vitamin C yang tinggi

Rambut rontok dapat terjadi akibat tubuhmu melakukan penolakan terhadap vitamin C tambahan yang disuntikkan dalam dosis tinggi. Bagi beberapa orang, hal ini akan terjadi.

4. Glukosa darah dalam tubuh meningkat

Perlu diperhatikan bahwa suntik vitamin C dapat meningkatkan glukosa darah dalam tubuh. Jadi berhati-hatilah bagi para wanita yang memang memiliki penyakit diabetes, sebaiknya jangan memilih perawatan kecantikan ini.

5. Kinerja hati terganggu

Risiko lain yang patut diwaspadai dalam penggunaan suntikan vitamin C adalah dosis yang dapat mencapai 4 gram untuk setiap suntikannya. Dosis yang tinggi ini dapat mempengaruhi sistem kinerja hingga merusak organ ini.

6. Selain hati, berisiko juga bagi ginjal

Salah satu sifat vitamin C adalah larut dalam air. Kemampuannya larut dalam air ini membuat vitamin C pada akhirnya akan mencapai ginjal dan dapat mengganggu kinerja ginjal jika suntik dilakukan lebih dari batas normal. Sebaiknya suntik tidak dilakukan lebih dari satu kali dalam satu minggu.

7. Mengalami monopause sebelum waktunya

Meskipun suntik vitamin C bermanfaat bagi kecerahan kulit, ternyata dapat berisiko bagi masa monopause nantinya. Cairan yang disuntikan dapat menyebabkan wanita mengalami masa monopause dini.

8. Produksi hemoglobin yang kurang atau “thalasemia”

Hemoglobin merupakan suatu protein yang mengandung zat besi dan memberi warna merah pada darah. Penggunaan suntik vitamin C berlebihan berisiko menurunkan produksi hemoglobin dalam tubuh. Ini berbahaya, apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit ini sebelumnya.

9. Dapat memperbanyak sel kanker

Selain karena gaya hidup yang tidak sehat, sel kanker dapat berkembangbiak akibat vitamin C dengan dosis besar. Maka perlu sangat diwaspadai untuk penggunaan suntik vitamin C.

Sekarang sudah tahu kan, berbagai efek samping dari suntik vitamin C? Jika ingin melakukan perawatan kulit dengan metode ini, konsultasikan dahulu ke dokter dan sebaiknya dilakukan oleh dokter, ya. Ingatlah bahwa 9 efek samping di atas dapat mengincarmu. Bijaklah dalam memutuskan ya.