Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Efek Samping Implan Payudara

Efek Samping Implan Payudara

Image result for Implan Payudara

Operasi plastik bukanlah hal tabu untuk dilakukan pada saat ini. Banyak wanita yang secara terang-terangan menginginkan operasi plastik untuk memperbaiki bentuk tubuh dan wajahnya atau demi memiliki bentuk tubuh dan kecantikan wajah yang diinginkan.

Salah satu jenis payudara yang paling umum dilakukan oleh para wanita adalah pemasangan implan payudara. Pemasangan ini bermanfaat untuk membuat payudara terlihat lebih indah dan berisi. Implan yang dipasang di dalam payudara terbuat dari silikon gel yang terbuat dari saline water atau sejenis air garam.  Berikut adalah Efek Samping Implan Payudara .

  1. Puting Kehilangan Sensitivitas

Pada beberapa kasus wanita yang menempuh tindakan implan payudara, ada pula yang justru membuat sensitivitas pada puting menurun hingga hilang. Namun selain kasus kehilangan sensitivitas, ada pula yang justru usai operasi merasa bahwa putingnya jauh lebih sensitif sehingga akan memengaruhi aktivitas hubungan intim dengan pasangan nanti dan menimbulkan ketidaknyamanan.

  1. Kanker Payudara Sulit Terdeteksi

Kanker payudara seperti kita tahu adalah momok bagi para wanita dan sebagai wanita yang ingin selalu sehat, mendeteksi kanker sedari dini adalah penting. Namun ketika seorang wanita telah menempuh implan payudara, sebagai efeknya maka kanker payudara justru sulit terdeteksi.

  1. Penurunan Pasokan Susu

Pada wanita yang menempuh implan payudara juga harus tahu serta mempertimbangkan risiko di mana pasokan susu dapat berkurang. Usai tindakan implan, penurunan pasokan susu dapat terjadi secara drastis bagi yang baru punya anak dan tengah menyusui, jadi cobalah untuk mempertimbangkan lagi keputusan untuk implan ya, Ladies.

  1. Kebocoran Silikon

Sepertinya sudah bukan hal yang mengagetkan bahwa implan silikon dapat mengalami kebocoran kapan saja. Pada sejumlah kasus wanita yang menempuh implan payudara, jika sampai bocor maka hal ini bisa sampai ke kelenjar getah bening dan masuk ke dalamnya. Bahkan kebocoran ini akan meningkatkan risiko polymyalgia, polymyositis, tiroiditis hashimoto, dermatomiositis, hingga paru fibrosis.

  1. Pertumbuhan Jamur dan Bakteri

Pada implan saline, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada kerentanan cukup tinggi terhadap pertumbuhan bakteri dan jamur. Jadi bila risiko ini sampai terjadi, bahan asing atau zat kimia beracun dapat menyebar yang bahkan bisa sampai ke seluruh tubuh lho.

  1. Operasi Lain

Risiko lainnya yang perlu dipertimbangkan oleh para wanita dalam memutuskan melakukan implan payudara adalah adanya bahaya implan pecah atau rusak. Apapun alasannya yang terjadi pada implan ini di dalam payudara, maka otomatis harus ada tindakan operasi lain yang akan meningkatkan risiko bedah lainnya.

  1. Infeksi

Setiap tindakan bedah, bahkan implan payudara pun memiliki risiko infeksi. Terlebih jika seorang wanita melakukan implan payudara di tempat yang kurang profesional dengan tingkat kebersihan yang tak terjamin. Infeksi dapat terjadi sewaktu-waktu ketika tak ditangani oleh ahlinya apalagi dengan peralatan seadaanya tanpa sisi steril dan higienis yang tinggi.

  1. Perdarahan

Prosedur bedah dan anestesi selalu memiliki risiko perdarahan, tak terkecuali pada prosedur implan payudara wanita. Tak dapat dibayangkan bukan ketika darah justru mendekati area implan? Ketika perdarahan terjadi dan mencapai wilayah implan, hal ini dapat menjadi faktor yang memperburuk infeksi jika infeksi sudah dialami.

  1. Nyeri di Sekitar Dada

Para wanita juga perlu tahu efek samping umum tapi tak bikin nyaman usai implan payudara, yaitu area dada jadi terasa sakit. Sekitar 35 persen wanita yang pernah menempuh implan payudara terbukti akan memerlukan prosedur lainnya karena rasa sakit di area dada dalam 2 atau 3 tahun pertama.

Jadi, sebelum coba-coba implan payudara apalagi seperti Amber Alena, pertimbangkan dulu ya berbagai risikonya. Bahaya dan risiko implan payudara dapat mengancam jiwa lho walaupun nampaknya aman-aman saja.