Categories
Makanan Tak Sehat

Efek Samping Bawang Putih

Efek Samping Bawang Putih

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Cengkeh , Manfaat Daun Bidara , Manfaat Makan Bubur Kacang Hijau , Manfaat Kelapa Merah Untuk Kesehatan , Manfaat Sendok untuk Kecantikan , Penyebab Beruntusan di Dahi , Mengatasi Jerawat Dengan Cuka Apel , Alasan Terjadinya Rahim Turun , Manfaat Jengger Ayam Jago , Cara Mengatasi Sakit Tulang Belakang , Manfaat Pucuk Pepaya , Penyakit Yang Disebabkan Kuman Gigi , Manfaat Kulit Apel Hijau , Manfaat Daun Durian Belanda , Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan , Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal , Pengertian Dehidrasi , Makanan Sehat Untuk Kulit , Efek Samping Bawang Putih , Bahaya Obat Nyamuk Bakar Dan Semprot , Faktor Penyebab Asma , Makanan Penurun Darah Tinggi , Makanan Peninggi Badan Alami
Efek Samping Bawang Putih

Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Selain digunakan sebagai penyedap rasa yang enak , ternyata bawang putih mempunyai efek samping , seperti berikut ini kami akan memberikan anda apasaja Efek Samping Bawang Putih :

1. Alergi terhadap bawang putih

Efek samping bawang putih yang pertama terjadi ketika seseorang mengalami alergi terhadap bawang putih. Sama seperti bentuk alergi lainnya, alergi terhadap bawang putih disebabkan oleh kesalahan identifikasi dari sistem kekebalan tubuh terhadap bawang putih. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya reaksi alergi dari seseorang. Reaksi alergi yang dimunculkan oleh bawang putih dapat menyebabkan munculnya gejala berikut ini :

  • Ruam
  • Mual dan muntah
  • Kulit mengelupas
  • Demam
  • Sakit Kepala
  • Penyebab dada sesak nafas

2. Menyebabkan gangguan pencernaan

Bawang putih juga dapat menyebabkan munculnya gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini dapat terjadi apabila seseorang terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih, terutama yang masih mentah. Hal ini dapat menyebabkan perut menjadi terasa mual dan akan menyebabkan diare pada mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah. Selain itu, konsumsi bawang putih yang mentah dalam jumlah yang banyak juga dapt beresiko meningkatkan kadar asam lambung, yang juga dapat menyebabkan perut menjadi penyebab mual.

3. Penyebab pendarahan berlebihan

Salah satu pantangan sebelum melakukan operasai adalah jangan mengkonsumsi bawang putih. Hal ini disebabkan karena bawang putih memiliki kandungan antikoagulan. Antikoagulan yang ada pada bawang putih ini merupakan salah satu zat yang digunakan untuk membantu mengencerkan darah. Apabila hal ini terjadi, maka ketika operasi akan terjadi pendarahan yang berlebihan, yang tentu saja dapat menyebabkan banyak masalah bagi kelancaran operasi.

Pendarahan berlebihan ini juga bisa terjadi karena :

  • gejala hemofilia
  • stroke
  • mimisan

4. Menyebabkan bau mulut

Efek samping lainnya dari bawang putih yang pastinya sudah anda ketahui adalah dapat menyebabkan bau mulut. Ya, penyebab bau mulut yang ditimbulkan oleh aroma dari bawang putih tersebut terkadang dapat mengganggu orang lain. Mulut mereka yang mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak, apalagi dalam keadaan mentah akan sangat mengganggu siapapun yang berada di dekatnya. Untuk itu, jagalah konsumsi bawang putih dan langsung menyikat gigi anda apabila anda sudah mengkonsumsi bawang putih.

5. Menyebabkan bau badan

Selain dapat menyebabkan bau mulut, bawang putih juga ternya dapat menimbulkan efek samping berupa bau badan. Mereka yang mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan bau badan yang tidak sedap, yang keluar dari keringat. Penyebab bau badan ini juga terjadi karena :

  • akibat jarang mandi
  • akibat begadang malam
  • bahaya deodorant

6. Menimbulkan rasa perih

Efek samping lainnya yang dapat ditimbulkan oleh bawang putih adalah perih ketika terkena luka. Ya, meskipun bawang putih memiliki kandungan antioksidan, vitamin dan anti bakteri yang baik untuk membantu penyembuhan luka. Namun ternyata anda juga harus berjuang menahan perih dari luka yang ditempelkan oleh bawang putih tersebut.

7. Menimbulkan iritasi pada mata

Efek samping bawang putih lainnya adalah dapat menimbulkan iritasi pada mata anda. Yap, sudah bukan rahasia umum bahwa bawang putih akan menyebabkan mata anda menjadi pedih, dan membuat mata menjadi berair. Hati-hati apabila hal ini terjadi jangan pernah mengucek mata, karena bahaya mengucek mata malahan akan menyebabkan mata menjadi semakin perih dan bahkan bisa saja mengalami iritasi.

Iritasi pada mata juga bisa terjadi karena :

  • bahaya obat nyamuk bakar
  • efek samping sulam alis
  • bahaya perokok pasif

Itulah beberapa efek samping dari bawang putih. Jangan mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan, karena dapat menimbulkan efek samping yang mengganggu kesehatan kita.