Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Efek Negatif Gluten Bagi Kesehatan

Efek Negatif Gluten Bagi Kesehatan

Munculnya gangguan pencernaan pada sebagian orang setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten membuat zat ini dianggap berbahaya bagi kesehatan. Namun, benarkah demikian?

Gluten adalah salah satu jenis protein yang terdapat di dalam gandum dan jelai. Karena terdapat dalam gandum dan jelai, otomatis gluten juga terdapat pada makanan yang terbuat dari biji-bijian tersebut. Contoh makanan yang umumnya mengandung gluten adalah roti, pasta, kue, dan sereal. Berikut merupakan Efek Negatif Gluten Bagi Kesehatan.

1. Alergi kulit

5 Efek Negatif Gluten Bagi Kesehatan, Jangan Kebanyakan Ya!

Konsumsi gluten secara berlebihan akan mengakibatkan alergi pada kulit. Gejala yang timbul nantinya adalah ruam dan gatal. Bisa terpapar di wajah atau bagian kulit yang lainnya. Memang ini efek jangka panjang jika terus mengonsumsi gluten, tapi alangkah baiknya cegah dari sekarang. Hindari gluten ya!

2. Gangguan tulang (osteoporosis)

5 Efek Negatif Gluten Bagi Kesehatan, Jangan Kebanyakan Ya!

Efek negatif konsumsi gluten juga akan mempengaruhi kesehatan tulang. Zat-zat yang baik diserap dari berbagai makanan akan hilang jika kamu konsumsi gluten secara berlebih oleh peptida yang ada dalam gluten tersebut. Sayang bukan? Makanya, sebaiknya hindari ya makanan mengandung gluten ini demi terhindar dari osteoporosis.

3. Gangguan pencernaan

5 Efek Negatif Gluten Bagi Kesehatan, Jangan Kebanyakan Ya!

Ternyata kandungan peptida dalam gluten akan menyebabkan gangguan pencernaan. Sembelit tentunya akan terjadi dan otomatis sistem pencernaan yang tadinya baik akan berubah buruk akibat konsumsi gluten berkepanjangan. Stop konsumsi gluten ya!

4. Menyebabkan gizi buruk

5 Efek Negatif Gluten Bagi Kesehatan, Jangan Kebanyakan Ya!

Oleh karena dalam gluten ini mengandung zat yang dapat menurunkan kekebalan tubuh, pada akhirnya yang mengonsumsinya rentan akan gangguan penyakit. Selain itu, gizi buruk juga mungkin akan mengancam karena sistem imunitas yang rentan melawan bakteri serta virus yang masuk ke dalam tubuh.

5. Menyebabkan kebocoran usus5 Efek Negatif Gluten Bagi Kesehatan, Jangan Kebanyakan Ya!

Jika sering mengonsumsi gluten tanpa diimbangi serat, akhirnya akan menyebabkan kerja usus menjadi terganggu. Sistem pencernaan tubuh akan bekerja dengan sangat berat jika makanan yang kita santap kurang serat. Kembali lagi, perbanyak makan sayuran dibanding tepung-tepungan ya! Kasihani ususmu agar tidak bocor karena bekerja berat demi sistem pencernaanmu.

Tak ada kata terlambat untuk memperbaiki pola hidup sehat. Yuk lakukan dari sekarang! Kurangi asupan gluten dalam tepung gandum dan perbanyak makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan agar tubuh terasa segar dan bugar.