Categories
Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Dampak Insomnia Bagi Tubuh

Dampak Insomnia Bagi Tubuh

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Obat Tradisional Kolestrol , Khasiat Sambiloto Yang Menyehatkan , Kenali Penyakit Pradiabetes , Kenali Tifus , Obat Sakit Pinggang Tradisional , Manfaat Biji Rami Untuk Ibu Hamil , Cara Mengatasi Beser Pada Wanita , Obat Varikokel Alami , Pengobatan Alternatif Daun Ungu , Kenali Aritmia , Cara Alami Mengobati Migrain , Obat Alami Menghilangkan Bau Badan , Obat Tradisional Penghilang Gatal , Dampak Insomnia Bagi Tubuh , Gejala Asam Lambung Kronis , Obat Tradisional Asam Lambung , Cara Mencegah Kanker Payudara , Deteksi Penyakit Dari Warna Lidah , Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan , Cara Mengatasi Nyeri Pinggang , Khasiat Daun Sembukan Bagi Kesehatan , Makanan Yang Berbahaya Untuk Bumil , Kenali Berbagai Jenis Sakit Perut , Cara Mengatasi Telat Haid , Jamu Setelah Melahirkan , Jenis Jamu Pelancar Asi
Dampak Insomnia Bagi Tubuh

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut. Nah bagi anda yang sering begadang , hati – hati lho karna anda tidak tahu apasaja Dampak Insomnia Bagi Tubuh  , untuk itu yuk man teman kita simak ulasannya berikut ini :

1. Pengertian Insomnia

Insomnia merupakan sebuah gangguan tidur yang biasanya diderita oleh banyak orang. Hanya saja kebanyakan orang salah kaprah menanggapi hal ini, mereka beranggapan jika insomnia adalah kondisi dimana diri tidak mempunyai waktu tidur yang benar atau tepat.

Padahal insomnia justru lebih parah dari pada tidak memiliki waktu tidur yang tepat. Jika insomnia semakin berlarut maka akan berpengaruh pada kualitas tidur dan dampak buruk lainnya.

2. Penyebab Insomnia Ringan

Anda bisa kenal lebih jauh mengenai insomnia melalui beberapa faktor penyebab ringan. Misalnya saja adalah Anda sulit tidur karena pasangan sering mendengkur, stress, dan lainnya. Kasus semacam ini hanya berlangsung sementara saja, dan kualitas tidur Anda akan berangsur membaik dengan sendirinya ketika telah berhasil adaptasi.

3. Penyebab Insomnia Berat

Insomnia yang berat biasanya disebabkan karena beberapa penyakit kronis yang menyerang pernafasan dan pencernaan. Sehingga, Anda tidak merasa nyaman untuk tidur. Lama kelamaan Anda akan merasa kelelahan karena kebiasaan tersebut tidak bisa diselesaikan oleh waktu, akibatnya Anda akan mengalami gangguan kecemasan.

4. Disebabkan Faktor genetis

Kenal lebih jauh mengenai insomnia dari penyebabnya belum berakhir. Insomnia ternyata juga bisa disebabkan karena faktor genetis atau keturunan. Gangguan semacam ini dikenal dengan istilah delayed sleep phase disorder (DSPD) atau sebuah gangguan penundaan waktu tidur.

Penderita insomnia yang mengalami DSPP bukan tak dapat tertidur dengan kualitas tidur yang baik, namun waktu tidurnya berbeda dengan orang pada umumnya.

5. Insomnia Berpengaruh Pada Sistem Tubuh Secara Menyeluruh

Tubuh yang dibiarkan tidak istirahat akan membuat otak tidak bisa berpikir dengan benar. Bahkan sensor pengirim sinyal tubuh mulai terganggu. Akhirnya organ dalam pun mulai tidak berfungsi dengan baik. Hormon kortisol dan hormon adrenocorticotropic mulai masuk pada aliran darahmu, akibatnya akan menambah tingkat detak jantung serta tekanan darah.

6. Mulai Dihantui Hyperarousal

Anda perlu kenal lebih jauh mengenai insomnia sebab detak jantung dan tekanan darah yang semakin naik akan mengakibatkan hyperarousal. Otak mulai terbebani pada berbagai macam pikiran yang mengancam, sehingga membuat para penderita insomnia selalu waspada. Bahkan sampai tidak menghiraukan hal sekecil apapun seperti suara di malam hari.

7. Overworking Saat Tidur

Meskipun bisa tidur, kualitas tidur para penderita insomnia masih diragukan. Hal ini dikarenakan adrenalin memompa otak dan metabolisme tubuh menjadi berkurang. Energi tubuh akan digunakan secara maksimal. Ketika Anda bangun tidur tidak bisa merasakan kondisi terbaik seperti yang diharapkan. Biasanya rasa lelah akan menghantui setiap bangun tidur.

Dengan kata lain, meskipun para penderita insomnia tidur, tubuhnya masih saja bergerak seperti keadaan ketika terbangun. Selai merasa lelah, hal ini juga akan membuat Anda merasa kebingungan bahkan juga stress. Sehingga pada akhirnya akan menjadi depresi atas pikiran tersebut.

Meskipun hanya sulit tidur, jika dibiarkan berlarut-larut maka akan mengganggu kinerja dari tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu kenal lebih jauh mengenai insomnia, sehingga bisa menemukan cara yang paling tepat untuk mengatasinya. Jika bukan diri Anda yang merawat siapa lagi. Lebih baik cegah sejak awal daripada mengobati di akhir.