Dampak Buruk Daging Anjing

Dampak Buruk Daging Anjing

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi , Obat Tradisional Epilepsi , Obat Memar Tradisional , Efek Samping Suntik Vitamin C , Dampak Buruk Daging Anjing , Obat Keseleo Lutut Tradisional , Obat Panu Tradisional , Tanda Penyakit Kista , Khasiat Jahe Putih Untuk Kesehatan , Bahaya Radiasi Smartphone Untuk Tubuh , Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan , Daftar Buah Pembunuh Sel Kanker , Kenali Gejala Penyakit Glaukoma

Dampak Buruk Daging Anjing

nda tentu pernah mendengar istilah ‘B1’ atau ‘RW’? Kedua istilah merujuk pada makna daging anjing. B1 atau ‘biang‘ berasal dari bahasa Batak, sedangkan ‘RW’ merupakan singkatan dari ‘rintek wuuk‘, yang dalam bahasa Manado berarti ‘bulu halus’ alias eufemisme untuk menyebut anjing. Istilah ini kerap terpampang di rumah makan tertentu sebagai pilihan menu. Beberapa orang menganggap daging anjing punya kenikmatan sendiri. Berdasarkan data yang dihimpun beberapa tahun terakhir, sebanyak 7 persen masyarakat Indonesia masih menjadikan daging anjing sebagai bahan panganmereka. Padahal, sesungguhnya anjing tak layak dikonsumsi. Kasubdit Peningkatan Mutu dan Kecukupan Gizi Kementerian Kesehatan, Galopong Sianturi, mengatakan bahwa daging anjing memiliki kandungan natrium yang tinggi. “Dia (daging anjing) bisa menjadi pembawa cacing pita,”. Nah berikut ini kami akan memberikan anda apasaja Dampak Buruk Daging Anjing  :

1. Anjing banyak diburu karena lebih praktis daripada sapi

Untuk alasan praktis, anjing banyak diburu karena gak memerlukan ruang dan pakan seperti sapi. Itu sebabnya, anjing banyak diburu untuk dijual dan dikonsumsi.

2. Daging anjing yang dikonsumsi menyebabkan rabies

Dilansir dari One Green Planet, di Filipina sekitar 10 ribu orang dan 300 orang meninggal dunia karena rabies setiap tahunnya. Meski telah ada upaya WHO untuk memvaksinasi anjing agar gak rabies, namun perdagangan anjing membuat pencegahan anjing sulit dilakukan.

3. WHO sendiri telah menyoroti perdagangan anjing sebagai akibat dari rabies

Berdasarkan laporan dari Dog Meat Free Indonesia, WHO telah menyoroti perdagangan anjing sebagai akibat dari rabies. Mirisnya, banyak anjing rabies yang dikirim ke kota-kota besar sebagai pasokan makanan, salah satunya Jakarta yang notabene bekerja keras untuk melakukan gerakan bebas rabies.

4. Satu juta anjing dibunuh setiap tahunnya di Indonesia

Lebih lanjut, Dog Meat Free Indonesia menjelaskan bahwa setiap tahunnya anjing dibunuh untuk dikonsumsi di Indonesia. Anjing-anjing tersebut ditangkap dan sebagian ada yang diculik guna memasok permintaan daging anjing di seluruh Indonesia.

5. Konsumsi anjing juga bisa mengakibatkan infeksi karena mengandung E.Coli 107, salmonela, antraks, hepatitis dan leptospirosis

Makan daging anjing juga bisa menyebabkan beragam infeksi bakteri antraks, hepatitis dan leptospirosis. Penularannya pun sederhana dari daging anjing menuju tubuh manusia.

6. Makan daging anjing mentah atau kurang makan juga bisa mengakibatkan radang pada pembuluh darah

Dampak buruk memakan daging anjing mentah atau kurang matang adalah kontaminasi parasit trichinella. Parasit ini menyebabkan manusia mengidap trichinosis sehingga menyebabkan radang pada pembuluh darah. Akibatnya, manusia akan kesulitan mengoordinasikan gerakan tubuh, masalah jantung, pernapasan, hingga meninggal dunia.

7. Anjing liar juga gak higienis dan menyimpan banyak bakteri, kuman, dan virus

Satu hal lagi, kamu perlu mengingat bahwa anjing liar gak selamanya higienis karena mengandung bakteri, kuman, dan virus. Sekalipun anjing telah diberi antibiotik, jika tetap dikonsumsi tubuh akan menjadi resistan terdapat efek antibiotik.

Gak bisa disangkal kalau tradisi makan daging anjing masih sering terjadi. Untuk itu, kamu bisa membantu mendukung kampanye menolak memakan daging anjing. Salah satu caranya dengan menandatangani petisi yang dilayangkan oleh dogfreemeatindonesia.org.