Categories
Tentang Penyakit

Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal

Image result for Penyakit Ginjal Stadium Awal

Banyak orang yang mengabaikan gejala sakit ginjal karena menganggapnya bukan masalah serius. Padahal, ginjal adalah salah satu organ tubuh penting yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan racun dalam darah. Nah, kotoran dan racun tersebut akan dibuang bersamaan dengan urine. Lalu apa saja gejala penyakit ginjal yang tak boleh sampai Anda lewatkan?. Nah berikut ini kami akan memberikan anda Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal yang harus anda waspadai .

Cara mendiagnosis penyakit ginjal adalah dengan melakukan pemeriksaan fungsi ginjal yaitu tes urin, tes darah, kadar urea nitrogen dalam darah, kadar urea nitrogen dalam darah, dan glomerular filtration rate (GFR) di dokter spesialis.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pemeriksaan fungsi ginjal tersebut, ketahui terlebih dulu ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal, yaitu:

  1. Perubahan Urinasi

Urinasi adalah proses normal saat Anda membuang urine atau air seni. Umumnya, tanda penyakit ginjal paling mudah dikenali dengan perubahan dari kebiasaan buang air kecil. Anda dapat melihat ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal dari perubahan urinasi yang Anda alami, seperti apabila:

  • Urine yang keluar lebih sedikit
  • Anda lebih sering buang air kecil
  • Terdapat perubahan warna urine
  • Anda merasa sakit saat buang urine
  • Terdapat darah dari urine yang keluar
  • Urine berbau pekat dari biasanya
  • Urine seperti berbuih atau berbusa

Semua tanda-tanda perubahan urine tersebut dapat menunjukan adanya gangguan fungsi ginjal.

  1. Urine Berdarah

Salah satu ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal adalah terdapat darah pada urine Anda. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada ginjal hingga filter pada ginjal bocor saat menyaring limbah dari darah untuk memproduksi urine, dan sel-sel darah pun keluar bersama urine.

Kandungan darah dalam urine menyebabkan perubahan warna urine menjadi kemerahan, ungu, atau kecoklatan. Urine berdarah dapat juga menjadi tanda beberapa penyakit lain seperti, infeksi, penyakit batu ginjal, dan tumor.

  1. Tekstur Urine

Anda dapat mengenali tanda penyakit ginjal dari tekstur urine Anda. Tekstur urine normal adalah urine cair berwarna kuning pucat. Bila urine berbusa, itu berarti terdapat kandungan protein di urine Anda yang disebabkan dari kerusakan ginjal.

Kerusakan ginjal ini akan menyebabkan protein bocor bersama sel darah yang keluar ke urine Anda. Apabila tekstur urine berbusa terus-menerus, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Frekuensi Buang Air Kecil

Frekuensi buang air kecil yang normal adalah 4-10 kali per hari dengan jumlah urine keluar sekitar 400-2000 mililiter. Apabila frekuensi buang air kecil Anda kurang atau lebih dari 6-8 kali sehari, maka itu dapat menjadi indikasi tanda penyakit lain.

Sementara ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal adalah Anda memiliki frekuensi buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari hingga Anda mungkin memiliki gangguan tidur. Kerusakan ginjal yang terjadi menyebabkan Anda mengalami peningkatan rasa ingin buang air kecil, walaupun urine yang dikeluarkan sedikit.

  1. Merasa Kelelahan

Gejala penyakit ginjal bukan hanya ditandai pada perubahan urine, namun ini juga berefek buruk pada fisik Anda seperti merasa lemah, letih, lesu, serta kelelahan walaupun tidak melakukan kegiatan berat sepanjang hari.

Fungsi ginjal yang menurun menyebabkan ginjal tidak dapat membuang limbah atau racun di tubuh dengan sempurna, hingga terjadi penumpukan racun di tubuh yang menyebabkan Anda merasa lemas, lelah, sulit fokus, serta memengaruhi fungsi organ lainnya.  Gejala inipun dikaitkan dengan komplikasi anemia pada penderita ginjal.

  1. Gangguan Kesehatan Kulit

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal selanjutnya adalah beberapa gangguan kesehatan kulit seperti kulit menjadi kering dan gatal. Hal ini disebabkan karena kulit tidak mendapatkan asupan mineral dan nutrisi yang cukup, yang seharusnya didapatkan dari fungsi kerja ginjal.

Fungsi ginjal adalah untuk menyeimbangakan asupan mineral dan nutrisi, membuang limbah dan racun, serta membantu produksi sel darah merah yang kemudian berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan tulang.

  1. Bengkak di Area Mata

Kondisi ginjal yang sehat dan normal akan menyimpan protein di dalam tubuh. Apabila filter ginjal mengalami kerusakan, protein yang seharusnya disimpan malah keluar bersama urine dan dapat menyebabkan bengkak di area mata Anda.

  1. Pembengkakan di Kaki

Kerusakan ginjal menyebabkan penimbunan cairan-cairan yang seharusnya segera dikeluarkan, hal itu pun mengakibatkan pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki Anda.

Pembengkakan di sekitar kaki atau ekstremitas bawah mungkin juga menjadi indikasi berbagai penyakit lain seperti penyakit hati, penyakit jantung, dan gangguan vena kaki kronis.

  1. Kram Otot

Kram otot mungkin tidak menjadi tanda khusus penyakit ginjal, namun terdapat kaitan antara kram otot dan ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal.

Penurunan fungsi ginjal menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang membuat kadar kalsium dan fosfor tidak terkontrol, sehingga Anda merasakan kram otot yang berkepanjangan.

  1. Penurunan Nafsu Makan

Tidak nafsu makan merupakan gejala penyakit umum, namun kerusakan ginjal menyebabkan penumpukan racun dan limbah yang kemudian dikaitkan dengan kehilangan selera makan karena makanan dan minuman pun menjadi sulit dicerna.

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal Lainnya

Berikut ini adalah ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal paling umum lainnya, yaitu:

  • Kedinginan: Penyakit ginjal menyebabkan penyakit komplikasi yaitu anemia. Anemia menyebabkan Anda merasa kedinginan bahkan di ruangan hangat.
  • Pernapasan: Napas pendek dikaitkan dengan penumpukan limbah di paru-paru dan gejala anemia dimana tubuh kekurangan cukup oksigen.
  • Bengkak di Wajah: Penumpukan cairan dan racun juga menyebabkan pembengkakan di area wajah.
  • Indera Perasa: Perubahan indera perasa karena penumpukan limbah di tubuh, hingga menyebabkan semua makanan terasa seperti logam.
  • Napas Bau Amoniak: Penumpukan racun di darah menyebabkan bau mulut atau bau napas seperti bau amoniak.

Apabila Anda mengalami tanda dan ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter dan jangan membuat diagnosis sendiri karena penyakit ginjal adalah salah satu penyakit serius.

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal

Penderita penyakit ginjal membutuhkan perawatan serius dan jangka panjang. Berikut ini adalah cara mengatasi penyakit ginjal atau beberapa cara terbaik untuk memperlambat kerusakan ginjal menjadi lebih buruk, yaitu:

  • Makan makanan sehat termasuk buah, sayur, dan whole grain atau biji-bijian utuh.
  • Terapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak jenuh, rendah kolesterol, dan rendah lemak.
  • Kurangi junk food.
  • Olahraga teratur.
  • Jaga tekanan darah sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.
  • Jaga gula darah Anda.
  • Berhenti merokok.
  • Lakukan pemeriksaan rutin termasuk dengan tes kreatinin serum untuk mengukur GFR.

Anda harus mengikuti anjuran pola makan sehat, latihan olahraga, obat-obatan, pemeriksaan rutin, dan semua kebiasaan sehat dari ahli ginjal Anda demi mempertahankan kesehatan dan tidak memperburuk kondisi ginjal Anda.

Itulah pembahasan tentang ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal. Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu Anda mengenali tanda penyakit ginjal dan memperlambat kerusakan ginjal yang mungkin terjadi.