Categories
Tentang Penyakit

Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis

Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat , Cara Mengobati Eksim Basah , Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis , Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh , Khasiat Alpukat
Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis

Bronkitis akut, juga dikenal sebagai flu pada dada adalah peradangan dan pembengkakan pada saluran pernapasan yang terletak di paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sama pada penyakit flu dan sering kali flu tersebut menyebabkan bronkitis akut. Ada 2 macam   :

Bronkitis akut

Penderita biasanya akan pulih dalam waktu beberapa hari, namun batuknya dapat berlangsung hingga lebih dari beberapa minggu.

Bronkitis kronis

keadaan batuk yang terjadi setiap hari dan menghasilkan dahak yang berlangsung selama minimal 3 bulan, 2 tahun berturut-turut. Penyakit ini juga menjadi risiko penyebab penyakit gangguan paru-paru obstruktif kronis (PPOK).

Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis

Seseorang yang memiliki penyakit bronkitis umumnya dapat dikenali dengan beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda, yaitu sebagai berikut:

1. Mengalami Sesak Napas

Ciri-ciri penyakit bronkitis yang paling umum dialami adalah sesak napas. Selain napas terasa sesak, penderita bronkitis juga umumnya memiliki napas yang pendek-pendek. Sesak napas dan napas pendek-pendek ini disebabkan oleh saluran bronkus yang dipenuhi dengan lendir dan mengalami peradangan. Sesak napas akan terus dialami seiring dengan batuk yang berkepanjangan. Sesak napas ini bisa diatasi dengan mengonsumsi obat pereda sesak napas. Meskipun demikian, pada kasus penderita bronkitis, obat pereda sesak napas hanya bersifat sementara tidak benar-benar menghilangkannya.

2. Rasa Nyeri di Dada Setiap Menarik Napas

Ciri-ciri penyakit bronkitis selanjutnya yaitu rasa nyeri di rongga dada setiap kali menarik napas. Ciri-ciri ini adalah salah satu gejala awal bronkitis yang patut diwaspadai. Sama halnya dengan poin yang pertama, rasa nyeri di rongga dada disebabkan oleh saluran bronkis yang dipenuhi dengan lendir dan mengalami peradangan. Rasa nyeri yang dialami ini cenderung konstan dan mengganggu.

3. Mengalami Batuk Berkepanjangan

Ciri-ciri penyakit bronkitis yang paling umum dialami oleh penderitanya yaitu mengalami batuk yang berkepanjangan. Batuk yang berkepanjangan ini adalah batuk berdahak yang menyebabkan rongga dada terasa sesak dan sakit atau nyeri ketika menarik napas. Meskipun sudah diobati dengan mengonsumsi obat pereda batuk, seseorang yang mengalami penyakit bronkitis tidak akan benar-benar sembuh dari batuk. Hal ini karena obat batuk yang didapat di apotek atau warung hanya mampu meredakan batuk secara temporal atau sementara, tidak benar-benar bisa menyembuhkannya.

4. Cepat Merasa Lelah dan Lesu

Ciri-ciri penyakit bronkitis selanjutnya yaitu cepat merasa lelah dan lesu. Hal ini disebabkan karena paru-paru terganggu sehingga kadar oksigen yang diserap pun juga terbatas. Kadar oksigen yang terbatas atau sedikit tersebut menyebabkan tubuh seseorang yang mengalami penyakit bronkitis akan merasa cepat sekali lelah dan juga lesu. Pada kasus yang sudah parah, seorang penderita bronkitis akan mengalami kondisi di mana bibir dan jemari berwarna kebiruan akibat minimnya suplai oksigen yang masuk ke paru-paru.

5. Radang Tenggorokkan

Seiring dengan batuk yang berkepanjangan, sesak napas, dan nyeri di rongga dada, ciri-ciri penyakit bronkitis lainnya juga diikuti dengan radang tenggorokkan. Radang tenggorokkan disebabkan karena batuk yang dialami oleh penderita bronkitis. Batuk yang dialami berkepanjangan ini secara langsung akan menyebabkan radang tenggorokkan.

6. Mengalami Batuk Berdarah

Pada kasus bronkitis yang sudah kronis atau parah, penderita akan mengalami ciri-ciri penyakit bronkitis seperti batuk berdarah. Batuk berdarah ini dialami ketika kondisi bronkitis yang dialami selama berbulan-bulan tanpa dilakukan pengobatan. Jika sudah mengalami hal ini, maka hal terbaik yang perlu dilakukan adalah memeriksakan diri ke rumah sakit agar mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat agar tidak menjadi semakin parah dan berbahaya.

7. Mengalami Demam

Tidak hanya mengalami batuk, sesak napas, dan nyeri pada rongga dada, seseorang yang mengalami penyakit bronkitis juga akan menunjukkan ciri-ciri lainnya, seperti demam. Seseorang yang mengalami bronkitis yang sudah parah atau kronis umumnya akan mengalami demam serius. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh yang menurun seiring dengan munculnya gelaja-gejala bronkitis lainnya. Kondisi demam biasanya tergantung dari sebara parah penyakit bronkitis yang dialami. Bronkitis yang sudah sangat parah akan menyebabkan demam berkepanjangan yang tidak bisa sembuh jika tidak melalui penanganan medis yang tepat.

8. Nafsu Makan Menurun

Ciri-ciri penyakit bronkitis yang terakhir yaitu menurunnya nafsu makan. Penurunan nafsu makan ini disebabkan oleh batuk yang berkepanjangan dan diikuti radang tenggorokkan. Radang tenggorokkan ini menyebabkan penderita bronkitis akan kesulitan dalam menelan makanan. Jika tidak segera diobati, lama kelamaaan penderita bronkitis akan mengalami penurunan berat badan yang drastis dan kondisi tubuh yang lemah, serta kelelahan.