Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Cara Mudah Menjaga Ginjal

Cara Mudah Menjaga Ginjal

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Obat Pilek Alami , Bahan Alami Menghilangkan Bekas Cacar , Tanda Dan Gejala Kanker Hati , Tips Mencegah Keracunan Klorin , Cara Mudah Menjaga Ginjal , Cara Mengatasi Sunburn , Kandungan Rokok Yang Membahayakan , Efek Buruk Konsumsi Pemanis Buatan
Cara Mudah Menjaga Ginjal

Ginjal adalah satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal dengan tepat.

Di dalam tubuh terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada di daerah dekat pinggang. Ukuran panjang satu organ ginjal manusia sekitar 10 cm dan kisaran berat lebih dari 200 gram. Ginjal berperan penting bagi keberlangsungan hidup manusia, oleh karena itu jangan sampai mengabaikan cara merawat ginjal yang benar. Berikut adalah tips atau Cara Mudah Menjaga Ginjal  :

1. Penuhi kebutuhan cairan

Sering disepelekan, minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan ginjal, lho. Ini karena air putih dapat membantu membilas zat-zat racun yang tertampung di dalam ginjal.

Meski begitu, James Simon, MD, selaku ahli saraf dari Cleveland Clinic, mewanti-wanti supaya jangan sampai Anda minum air putih kebanyakan. Cukup minum 8 gelas air putih setiap hari supaya fungsi ginjal tetap optimal.

2. Jaga pola makan

Sebagian besar masalah ginjal ternyata berawal dari tekanan darah tinggi dan diabetes. Maka itu, pastikan tekanan darah dan kadar gula Anda tetap normal setiap hari.

Caranya, jaga pola makan Anda dengan memperbanyak makan sayur, buah, dan biji-bijian. Selain itu, batasi juga asupan garam dan gula supaya terhindar dari diabetes dan hipertensi.

3. Olahraga rutin

Selain bikin tubuh tetap bugar, rutin berolahraga juga dapat menjaga kesehatan ginjal, lho! Tenang, Anda tak perlu repot-repot melakukan olahraga intensitas tinggi supaya badan tetap sehat.

Pilihlah jenis olahraga ringan yang Anda sukai. Entah itu jogging, bersepeda, berenang, atau yoga setidaknya selama 20 menit setiap hari. Hal ini bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal sekaligus mengendalikan tekanan darah.

4. Jangan sembarang minum vitamin atau obat herbal

Anda harus benar-benar memperhatikan setiap dosis vitamin, obat medis, maupun obat herbal yang dikonsumsi. Hati-hati, minum obat melebihi dosis bisa membahayakan ginjal Anda.

Beberapa obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan naproxen, ternyata dapat memicu kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Maka itu, konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda minum obat jenis apa pun.

5. Berhenti merokok

Zat-zat racun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh dapat menghambat aliran darah. Akibatnya, jantung harus kerja ekstra untuk memompa darah dan menyebabkan hipertensi.

Lagi-lagi, hipertensi adalah penyebab sakit ginjal yang paling umum. Maka itu, sebaiknya berhentilah merokok sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

6. Lakukan pemeriksaan ginjal

Tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan ginjal sedini mungkin. Terlebih, Anda punya diabetes atau hipertensi yang berisiko terkena sakit ginjal.

Dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes untuk mengukur kerusakan fungsi ginjal. Mulai dari tes GFR, tes darah, hingga tes urin.