Cara Menjaga Kolesterol Tetap Stabil

Cara Menjaga Kolesterol Tetap Stabil

12 Cara Menjaga Kolesterol Tetap Stabil Dengan Makanan | Bumil Balita

Bentuk badan yang langsing atau bahkan kurus tidak menjamin seseorang memiliki tingkat kolesterol yang aman. Untuk itu, pastikan setiap dari kita memiliki gaya hidup yang baik untuk menjaga kadar kolesterol tubuh tetap normal.

Kata kolesterol sering kali dilontarkan saat sedang makan bersama, di label-label makanan, atau iklan-iklan kesehatan. Tapi apa sih, sebetulnya, kolesterol itu? Kolesterol merupakan lipid atau lemak yang diproduksi sel-sel hati dan sel tubuh lainnya. Kolesterol memiliki tiga fungsi utama, yakni membuat lapisan luar sel, membantu mencerna makanan, dan membantu memproduksi Vitamin D yang menghasilkan hormon seksual pada pria dan wanita. Dengan fungsi tersebut, kolesterol menjadi sangat penting bagi tubuh kita. Namun, kolesterol akan menjadi bumerang jika kadarnya terlalu tinggi, karena dapat menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke, sirkulasi darah yang buruk, dan sebagainya. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Menjaga Kolesterol Tetap Stabil.

  1. Rajin berolahraga

Untuk menghindari kolesterol jahat atau LDL menumuk di dalam tubuh maka kami menyarankan agar Anda semua rajin berolahraga. Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat namun sayangnya banyak sekali orang yang mengabaikan kegiatan yang satu ini karena berbagai alasan. Padahal menurut para peneliti, orang yang rajin berolahraga sekitar 40 hingga 69 menit tiap harinya bisa mengurangi kolesterol jahat atau LDL sekitar 5 hingga 10% tiap harinya. Bayangkan jika Anda melakukan itu setiap hari? Berapa kolesterol yang akan terbuang?

  1. Jangan merokok

Yang namanya pria pasti identik dengan merokok dan bahkan tidak bisa berhenti merokok jika sudah menjadi perokok berat. Bagi Anda yang merupakan seorang perokok mungkin merokok itu nikmat. Namun dibalik kenikmatan itu menyimpan beberapa bahaya salah satunya adalah bisa menyebabkan kolesterol tinggi di dalam darah. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin memiliki kadar kolesterol tinggi atau LDL di dalam darah maka mulai sekarang hindari dan berhenti untuk merokok. Jangan sampai baru terkena stroke menyesal ya!

  1. Hindari minum-minumn beralkohol

Salah satu penyebab mengapa kolesterol meningkat di tubuh adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Jika ingin kolesterol di dalam tubuh tidak meningkat maka kami menyarankan agar Anda mulai menjauhi yang namanya minuman alkohol. Karena jika minum alkohol secara berlebihan maka bisa menyebabkan tubuh menyimpan lemak lebih dan bisa menyebabkan kolesterol. Selain itu pinggang Anda juga bisa melebar dengan cepat karena kandungan kolsterol yang ada. Anda harus mengetahui informasi mengenai minuman setelah makan gorengan sehingga kolesterol tidak menumpuk.

  1. Perhatikan makanan

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kolesterol yang ada di dalam tubuh adalah dengan memperhatikan apa yang Anda makan. Jika ingin menjauhi kolesterol maka kami sarankan supaya Anda menghindari makanan berlemak, menghindari makanan yang berkuah santan dan juga berminyak. Karena beberapa makanan itu bisa menyebabkan kadar kolesterol di tubuh Anda menjadi naik dan bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa resiko penyakit.

  1. Konsumsi buah dan sayuran

Tips untuk menjaga tubuh dari kolesterol yang lainnya adalah dengan rajin konsumsi buah dan juga sayuran. Sudah menjadi rahasia umum jika buah dan sayuran itu mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat tanpa ada kolesterol jahat atau LDL maka konsumsilah sayur dan buah-buahan secara rajin ya. Konsumsi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal! Anda harus paham tentang hubungan rokok dengan trigliserida.

  1. Menurunkan berat badan

Cara menjaga kolesterol tetap stabil yang keenam adalah dengan menurutkan berat badan. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau mungkin obesitas maka kolesterol di dalam tubuh artinya juga meningkat. Dan kami sarankan untuk Anda menurunkan berat badan sehingga kembali normal lagi. Kami sarankan agar Anda melakukan beberapa jenis olahraga misalnya saja latihan beban, aerobik, bersepeda, berjalan ringan, atau jogging. Konsultasikanlah kepada ahli sehingga Anda bisa mendapatkan berat badan yang sehat tanpa perlu menyiksa diri sendiri.

  1. Konsumsi multivitamin

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain rajin berolahraga dan juga mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda juga harus emngkonsumsi multivitamin. Mungkin Anda sudah mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat tiap harinya. Namun tetap saja di beberapa aspek Anda akan mengalami kekurangan nutrisi tertentu, untuk mengatasi itu maka kami menyarankan agar Anda mengkonsumsi mulitvitamin.

  1. Konsumsi makanan berserat

Tips kedelapan yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh adlaah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat. Mengapa harus konsumsi makanan berserat? Karena makanan ini terbukti bisa menyerap kolsterol dengan baik. Kami sarankan agar Anda mengkonsumsi makanan seperti jenis kacang-kacangan, sayuran, gandum, dan juga buah-buahan. Pahamilah juga tentang ciri ciri kolesterol tinggi dan asam urat karena harus Anda hindari.

  1. Mengkonsumsi tomat

Untuk mendapatkan kolsetrol yang normal maka Anda harus mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa mengontrol kolesterol di dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi tomat ya. Tomat ini bisa menyerap dan juga menghilangkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh jika Anda mengkonsumsinya secara rutin.

  1. Konsumsi kedelai

Tidak hanya buah tomat saja yang bisa Anda makan. Jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat tanpa kolesterol di dalam tubuh maka kami menyarankan agar Anda mengkonsumsi kedelai saja. Karena ternyata mengkonsumsi kedelai bisa membantu untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi olahan keddelai seperti tahu, tempe, atau mungkin susu kedelai karena terbukti bisa mengurangi kolesterol dan kaya akan kandungan protein.

  1. Mengurangi stress

Stress bisa dialami oleh siapa saja dan bisa datang dimana saja. Stress yang menganggu pikiran ini ternyata bisa menjadi salah satu cikal bakal dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin mengalami berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi maka kami sarankan agar Anda mengurangi stress. Karena jika Anda mengalami stress berlebihan bisa menyebabkan aterosklerosis ketika ada kolsterol menumpuk di arteri. Jadi jangan mudah stress ya! Sudahkah Anda tahu tentang dampak merokok terhadap kolesterol?

  1. Milikilah waktu tidur yang cukup

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan juga bisa mengontrol kolsterol Anda adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu setiap harinya kami sarankan supaya Anda punya waktu tidur minimal 8 jam setiap harinya sehingga tubuh bisa memiliki kadar kolesterol yang rendah. Jangan terlalu sering begadang ya! Pahamilah juga informasi mengenai resep masakan untuk penderita kolesterol tinggi.