Cara Menjaga Kesehatan Mental

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Image result for Mental"

Kesehatan mental bisa menjadi masalah yang berbahaya dan kritis jika diabaikan. Salah satu gangguan yang kerap dialami masyarakat kota besar di era modern adalah depresi yang dapat berpengaruh pada gaya hidup, pola tidur, pola makan, dan produktivitas seseorang.

Butuh dukungan dari orang yang dicintai untuk mengatasinya, bahkan beberapa orang menggunakan obat antidepresan. Daripada sering mengonsumsi obat , berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mental.

1. Menulis

Punya buku harian atau diari bukan hanya hal yang bisa dilakukan anak sekolah kok. Orang-orang dewasa pun seringkali sebenarnya perlu sebuah buku khusus wadah untuk menuliskan perasaan. Beberapa orang yang stres dan cemas dengan menuliskan perasaan atau emosi yang dirasakan justru menjadi cara mengatasi stres dengan ampuh.

Hal ini terbukti efektif oleh sebuah studi publikasi dari Harvard Health School Special Health Report mengenai manajemen stres. Ada 46 mahasiswa sehat yang berpartisipasi di dalamnya dan diminta menuliskan topik sepele hingga peristiwa traumatis dalam kehidupan mereka 4 hari berturut-turut setiap minggu masing-masing selama 15 menit. Dalam 6 bulan, yang menulis di buku harian terbukti memiliki potensi lebih kecil mengunjungi klinik.

2. Mendengarkan Musik/Lagu Menenangkan

Suasana hati kita paling dapat dipengaruhi oleh musik dan salah satu hasil studi dari MindLab di Inggris menunjukkan kalau kecemasan dapat berkurang banyak sampai 65 persen ketika mendengarkan lagu dari Marconi Union yang berjudul Weightless lho. Saat sedang banyak pikiran dan tekanan ada baiknya coba dengarkan musik satu ini agar rileks dan bisa tidur cukup di malam hari; hanya saja hindari mendengarkannya pada waktu mengemudi.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips diet sehat itu ada hubungannya dengan peningkatan kesehatan mental di mana hal ini sering kurang disadari. Setidaknya, sarapan dengan menu roti bakar gandum, telur, bersama dengan alpukat menawarkan vitamin D, omega-3, asam amino, serat dan juga asam lemak; seperti kita tahu alpukat adalah sumber triptofan yang mampu menimbulkan perasaan baik.

4. Tidur Malam yang Nyenyak

Tidur cukup dan nyenyak setiap malam juga dianggap sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mental. Matikan gadget ketika sudah mendekati jam istirahat, latih pernafasan, dan hindari kafein supaya tidur malam bisa lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan mendapatkan istirahat berkualitas, depresi dan kecemasan dapat dihindari.

5. Menonton Sesuatu yang Bikin Senang

Tontonlah acara atau film-film yang bikin suasana hati jadi lebih baik dan buatlah hati sendiri senang. Jika tak ada acara bagus di televisi, tontonlah dari sumber yang lain. Menonton suatu acara yang menyenangkan (contohnya saja komedi) adalah terapi menghilangkan stres karena mampu memberikan diri sendiri kenikmatan dan kegembiraan. Hanya saja, hindari menonton secara berlebihan sampai menunda waktu istirahat karena hal ini juga tidak baik.

6. Bergeraklah Barang Beberapa Menit

Aktiflah bergerak agar mampu mencegah gejala stres dan depresi karena menurut studi terbitan American Journal of Psychiatry, bergerak seperti jalan-jalan ataupun berolahraga mampu membuat kesehatan mental meningkat. Olahraga paling disarankan adalah Yoga karena latihan ini dapat menjadi solusi untuk penderita gangguan kecemasan.

7. Menghabiskan Waktu Bersama Orang Terdekat

Entah itu bersama orangtua, adik, kakak, sepupu, kerabat jauh, ataupun sahabat, penting lho untuk meluangkan waktu bersosialisasi. Sebagai cara menghilangkan stres pikiran, cobalah mengobrol dan miliki waktu menyenangkan bersama teman-teman, sebab bergaul itu penting untuk jaga mental tetap sehat.

Itu dia deretan cara menjaga agar mental bisa tetap terjaga dengan baik walaupun tekanan setiap saat bisa datang. Lakukan hal-hal menyenangkan yang dianggap baik dan sesuai dengan keinginan kita supaya mental sehat dan fisik pun ikut sehat.